Selasa, 19 Maret 2013

Struktur Dan Fungsi Gigi Pada Manusia

Kita, manusia ini dilengkapi dengan gigi taring yang fungsinya untuk merobek makanan, yaitu makanan daging. Semua ciptaan ALLAH itu berfungsi, bukan sekedar iseng-iseng atau hiasan saja. 

http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/12/struktur-dan-fungsi-gigi-pada-manusia.html


Struktur Dan Fungsi Gigi Pada Manusia

Struktur dan Fungsi Gigi pada Manusia - Gigi (dentis) merupakan bagian yang mengolah makanan saat kita makan. Melalui gigi, makanan dapat kita gigit, potong, sobek, kunyah dan dihaluskan. Sehingga, gigi mencerna makanan secara mekanik. Berdasarkan bentuknya, gigi manusia meliputi gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan (premolar) dan gigi geraham belakang (molar). Lihat Gambar1. Gigi seri (dentis insisivus) merupakan gigi yang berada pada bagian depan. Bentuknya tegak dengan tepi yang tajam, seperti sekop atau tatah. Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan. (Baca juga : Rongga Mulut)
Berbagai bentuk gigi
Gambar 1. Berbagai bentuk gigi
Berikutnya adalah gigi taring (dentis kaninus). Bentuknya lebih tinggi dan runcing. Fungsi gigi taring adalah menyobek dan menarik makanan. Di belakang gigi taring terdapat gigi geraham depan dan gigi geraham belakang. Bentuk kedua gigi ini lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil. Fungsinya adalah untuk menghancurkan dan menghaluskan. Secara struktural, gigi memiliki beberapa bagian. Bagian yang tampak dari luar dinamakan puncak gigi atau mahkota gigi. Bagian yang tertanam di dalam rahang dinamakan akar gigi. Batas antara puncak dan akar gigi serta tertanam di dalam gusi dinamakan leher gigi.

Selain bagian tersebut, bagian mahkota gigi dilapisi oleh lapisan keras yang mengandung kalsium dan berfungsi sebagai pelindung. Lapisan demikian dinamakan email. Di bawah email terdapat dentin yang sedikit lebih halus dan berwarna kekuningan. Di bagian tengah gigi terdapat pulpa atau rongga gigi. Pada bagian ini terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, dan saraf yang mendeteksi tekanan, panas, dingin, dan sakit. Pembuluh darah dan saraf tersebut menjulur hingga akar gigi. Akar gigi memiliki konstruksi yang kuat karena ditutupi oleh jaringan semacam tulang yang disebut semen. Akar gigi yang menancap pada tulang rahang tersebut ada yang berjumlah satu dan dua.
Bagian-bagian gigi
Gambar 2. Bagian-bagian gigi
Gigi juga dapat mengalami gangguan bila tidak dirawat dan dibersihkan secara tepat dan teratur. Kuman atau bakteri yang hidup pada sisa-sisa makanan dapat menghasilkan zat-zat buangan yang bersifat asam sehingga menggerogoti email dan dentin. Akibatnya, gigi dapat berlubang dan biasa disebut rongga. Perawatan terhadap gigi seperti mengurangi makanan yang bergula, terlalu panas atau dingin dapat mencegah gigi dari kerusakan. Selain itu, membersihkan gigi dengan menggosoknya sebelum tidur dan setelah makan juga dapat mencegah dari kerusakan. Perawatan lainnya yakni memeriksakan gigi kepada dokter gigi secara teratur.

Berdasarkan tahapan perkembangannya, gigi manusia terdiri atas dua kelompok yakni gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) merupakan gigi yang tumbuh pada anak usia 6 bulan hingga 8 tahun. Jumlah gigi ini pada anak yakni 20 buah dengan rincian 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham. Sejak usia 6 tahun hingga usia 14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dan digantikan dengan gigi dewasa.

Gigi susu anak-anak gigi dewasa atau gigi tetap pada orang dewasa
Gambar 3. (a) Gigi susu pada anak-anak (b) gigi dewasa atau gigi tetap pada orang dewasa
Gigi dewasa atau gigi tetap (dentis permanen) merupakan gigi orang dewasa yang berjumlah 32 buah. Rinciannya 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan, dan 12 buah gigi geraham belakang. Apabila gigi dewasa tanggal, tidak terjadi pergantian gigi lagi alias tidak tumbuh. Untuk memudahkan pemahaman kalian, berikut disajikan rumus gigi. Dengan penyimbolan seperti:

Gigi seri (inisior) = I
Gigi taring (caninus) = C
Geraham depan (premolar) = P
Geraham belakang (molar) = M
Maka rumus gigi dapat dituliskan:
Gigi anak-anak (gigi susu)
M
P
C
I
I
C
P
M
Atas
0
2
1
2
2
1
2
0
Bawah
0
2
1
2
2
1
2
0
Gigi orang dewasa (gigi dewasa)
M
P
C
I
I
C
P
M
Atas
3
2
1
2
2
1
2
3
Bawah
3
2
1
2
2
1
2
3

Anda sekarang sudah mengetahui Struktur Gigi dan Fungsi Gigi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Makanan Sehat Untuk Pria

http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/11/makanan-sehat-untuk-pria.html

Makanan Sehat untuk Pria - Pria juga perlu mengkonsumsi makanan sehat. Karena makanan yang dipilih dengan cermat bukan hanya menjaga kebugaran tubuh kamum pria tetapi juga membuatnya lebih sehat. Apa saja makanan yang cocok buat pria? 

Siapa bilang kalau menjaga tubuh itu hanya urusan wanita? Padahal pria pun memerlukan makanan yang baik demi menjaga tubuhnya. Bukan hanya untuk  bentuk penampilan fisik saja tetapi juga sistem metabolisme tubuh. Perbedaan bentuk fisik juga mempengaruhi kebutuhan nutrisi pada pria. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi pria:

1. Daging Tanpa Lemak

"Daging merah tanpa lemak sangat baik untuk pria, karena kandungan proteinnya lebih banyak dibandingkan dengan dada ayam," ujar Leslie Bonci, MPH, RD seorang ahli gizi di Pittsburgh Steelers. Daging merah merupakan sumber leucine, asam amino yang
membantu membangun otot.

2. Cherry dan Jahe

Buah cherry memiliki pigmen yang berfungsi sebagai anti-inflamatory seperti halnya jahe. Anti-inflamatory ini menjaga kondisi persendian agar selalu dalam kondisi prima. Juga mencegah terjadinya cedera saat Anda melakukan kegiatan yang berat.

3. Cokelat

Cokelat, khususnya dark chocolate dapat melancarkan aliran darah karena kandungan flavanoid nya dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan  berfungsi menjaga gairah sex pria.

Cokelat hitam
Cokelat hitam (Foto: chiropam.com)
4. Alpukat

Meskipun alpukat mengandung banyak lemak, namun lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh tunggal yang bisa menggempur kolesterol. Makan alpukat tanpa tambahan gula, susu, ataupun pemanis tambahan lainnya.

5. Lemak Ikan

Lemak ikan pada ikan salmon, adalah jenis lemak sehat. Asam lemak omega-3 pada salmon ini berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung, kanker, dan arthritis. Mengkonsumsi ikan salmon dua kali dalam seminggu akan menurunkan resiko
penyakit jantung.

6. Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt adalah salah satu sumber leucine selain daging.  Susu bisa diganti dengan yoghurt dengan rasa buah yang lebih segar.

7. Pisang

"Pisang merupakan sumber kalium yang sangat tinggi. Kalium berperan penting dalam kontraksi otot dan kesehatan tulang," ujar Bonci. Pisang juga membantu menjaga tekanan darah. Pisang juga cocok untuk pria yang tengah menjalankan program diet.

8. Sayuran

Hampir semua jenis sayuran mengandung phytochemicals, nutrisi nabati guna meningkatkan fungsi sel dalam tubuh dan melindungi diri dari kanker. "Pastikan piring Anda selalu 'berwarna' saat makan, karena setiap sayuran memiliki fitokimia
yang berbeda," ujar Bonci.

9. Telur

Telur tidak hanya mengandung protein hewani, tapi juga lutein dan juga zat besi. "Meskipun kuning telur merupakan sumber kolesterol, namun jika dimakan dalam porsi yang benar tidak akan membuat kolesterol Anda bertambah," terang Bonci. Apabila sudah memiliki masalah dengan kolesterol, ada baiknya konsultasikan dengan dokter berapa jumlah telur yang sebaiknya dikonsumsi dalam seminggu.

Anda sekarang sudah mengetahui makanan sehat untuk pria.

Penulis : Eka Septia Wulan 

Daftar Makanan Untuk Membuat Sistem Pencernaan Sehat

http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/11/daftar-makanan-untuk-membuat-sistem-pencernaan-sehat.html

Daftar Makanan untuk Membuat Sistem Pencernaan Sehat - Sistem pencernaan bekerja untuk mencerna hampir semua jenis makanan. Jenis dan pengolahan makanan sangat mempengaruhi kerja sistem pencernaan. Sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan membuat pencernaan lebih sehat. 

Perut kembung atau sering mual setelah makan. Bisa jadi makanan yang Anda makan membuat pencernaan bekerja tidak semestinya. Misalnya, daging berlemak yang membuat pencernaan berkerja ekstra. Berikut adalah makanan yang sebaiknya dimakan agar sistem pencernaan tetap sehat.

1. Yogurt

Minuman ini memiliki triliunan bakteri yang dapat membantu usus mencerna makanan. Tapi tidak semua yoghurt memiliki bakteri sehat, sebaiknya periksa label makanan sebelum membeli. Dr Mc Cashland mengatakan 'yoghurt memiliki bakteri yang dapat membantu sistem pencernaan sehingga menjadi sehat'.

Yoghurt
Yoghurt (Foto: bloggie-healthy.blogspot.com)
2. Kimchi

Kimchi merupakan makanan favorit orang Korea, biasanya terbuat dari kubis, lobak atau bawang yang dicampur dengan rempah-rempah. Jika makan kimchi kubis dan bawang maka bahan tersebut akan mmebuat bakteri sehat tumbuh di dalam usus besar. Kubis merupakan jenis serat yang tidak mudah dicerna, sehingga dapat membantu memperlancar buang air besar.

3. Daging dan Ikan

Jika ingin makan daging sebaiknya pilih bagian yang tidak ada lemaknya. Untuk daging ayam, pilih daging ayam yang tanpa kulit. Daging dan ikan tanpa lemak akan menurunkan resiko kanker usus besar.

4. Biji-bijian Utuh

Bijian-bijian seperti roti gandum, sereal, dan beras merah merupakan sumber serat yang baik yang dapat membantu bekerjanya sistem pencernaan. Serat juga dapat membantu merasa kenyang dan kandungan kolesterolnya sangat rendah, tetapi dapat menyebabkan kembung. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan biji-bijian dan juga tidak baik bagi mereka yang alergi gluten dan menderita penyakit geliac.

5. Pisang

Pisang membantu memulihkan kerja usus menjadi normal, terutama jika mengalami diare. Buah ini akan mengembalikan elektrolit dan kalium yang mungkin hilang akibat tinja yang berlendir. Pisang memiliki banyak serat untuk membantu pencernaan.

6. Jahe

Rempah-rempah ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk meredakan mual, muntah, mual, mabuk dalam perjalanan, kembung, dan kehilangan nafsu makan. Makan jahe 2 hingga 4 gram per hari bisa menyebabkan mulas.

Anda sekarang mengetahui Daftar Makanan untuk Membuat Sistem Pencernaan Sehat.

Penulis : Dyah Oktabriawatie

Tidak ada komentar: