Kamis, 15 Agustus 2013

BUKTI-BUKTI ARKEOLOGIS ALKITAB-13


Kapal Galilea temuan kibutz Ginosar

Download:


Cerita ini telah lama sekali,…… Namun baru saya tahu.
galileeboatDua saudara, Moshe dan Yuval Lufan, the Galilea perahu, yang disebut sebagai “The Boat Yesus”, di pantai yang berlumpur Laut Galilea antara Ginosar dan Migdal pada musim dingin 1986. Perahu muncul akibat musim kering dan penyusutan permukaan air danau dan ditemukan oleh saudara Moshe dan Yuval Lufan saudaranya, mereka adalah generasi kedua dari nelayan kibutz Ginosar.
Dalam waktu kurang dari dua bulan, surat kabar lokal telah mengumumkan penemuan “the Yesus boat.” Apakah Yesus benar-benar melakukan keajaiban dari perahu ?
Markus 4:39 : Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.)
Penggalian benda archaeologi ini dilakukan oleh anggota Kibbutz Ginosar, dibawah pengawasan Antiquities Authority,  dan banyak relawan. Pengangkatan perahu dari lumpur dilakukan tanpa merusaknya – kerja marathon dilakukan untuk pembersihan lumpur yang meliputi kapal dan pembungkusannya dengan polyurethane sebelum situs ini kembali tergenang.
1214742062_boat1 -originals1203345782_right-pic
image source: jesusboat.
Rangkaian proses konservasi yang rumit memerlukan masa tujuh tahun untuk penyelesaiannya, dan memungkinakan untuk dipamerkan di Museum. Perahu direndamkan dengan polythene glycol (PEG), sebuah wax sintetis larut air. Lilin ini akan menggantikan mengeluarkan air dari dalam sel kayu dan akhirnya membolehkan kayu menjadi kering dan stabil tanpa mengalami perubahan bentuk apapun. Setelah dites konfirmasi bahwa wax telah terserpa sepenuhnya dan tidak ada tanda penyusutan, barulah proses ini selesai. Pada saat ini semua yang terlibat dalam proyek menunggu dalam ketegangan.
Penetapan tarikh pembuatannya  ditetapkan pada abad-1 AD berdasarkan pengukuran radiocarbon tembikar dan paku yang ditemukan didalam perahu dan teknik konstruksi perahu ini. Perahu yang terbuat dari  dua belas jenis kayu yang berbeda.
Fakta singkat :
Dinamakan Galilee Boat, Jesus Boat, perahu kuno
Jenis situs sebagai artifak kepentingan agama
Ditemukan tahun 1986, pembuatan abad-1 AD.
Lokasi: Yigal Alon Museum di Kibbutz Ginosar, 6km sebelah utara  Tiberias on Highway 90.
boat2-c-zyzy-full-scale-model-c-hlp
image source: sacred-destinations.
Penemuan Galilee-boat ini,  menyebabkan suatu perdebatan diseluruh dunia,  terutama setelah ditetapkan tarikh pembuatannya di abad pertama.
Kapal Galilea yang ditemukan adalah jenis kapal yang digunakan di Laut Galilea untuk memancing dan transportasi di danau. Kemungkinan bahwa ini adalah jenis kapal yang digunakan oleh Yesus dan murid-murid-Nya, – seperti yang dijelaskan dalam Matius 13:47-48.  Perahu memainkan peran besar dalam kehidupan dan pelayanan Yesus -  disebutkan 50 kali dalam Injil.
13:47 “Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.
13:48 Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.
Arkeolog, sebagai ilmuwan, seharusnya tidak membuat pernyataan spektakuler tentang temuan mereka. Karena tidak ada bukti bahwa kapal itu sebenarnya pernah digunakan oleh Yesus atau salah satu murid. Namun, hal ini membantu kita memvisualisasikan kehidupan sehari-hari Jesus  di Galilea. Ini adalah temuan arkeologi yang berkontribusi untuk memperjelas Alkitab, demikian dikatakan oleh christiananswers.

Tidak ada komentar: