Sabtu, 28 September 2013

BUKTI-BUKTI ARKEOLOGIS ALKITAB-58


Susan (kota)

Download:


Susan (bahasa Persiaشوش Shushbahasa YunaniΣοῦσα; bahasa Siria: ܫܘܫ Shush; bahasa Persia kuno: Çūšā-; bahasa Ibraniשׁוּשָׁן Shushānbahasa InggrisSusa) adalah kota benteng kuno di wilayah bangsa ElamKekaisaran Persia dan Parthia, yang sekarang menjadi negara Iran. Terletak di kaki pengunungan Zagros kira-kira 250 km (160 mil) sebelah timur sungai Tigris, di antara sungai Karkheh dan Dez.
Kota modern Shush di Iran terletak di bekas wilayah kota Susan, dan merupakan ibukota kabupaten Shush di provinsi Khuzestan, Iran. Penduduknya tahun 2005: 64,960 jiwa.[1]

Berkas:Royal City and Acropolis Tepes.jpg
Gundukan bekas ibukota Susan (kiri) dan istana (kanan), dilihat dari bukit Apadana. Shush, Iran.

Sejarah

Peta kerajaan Elam (merah) dan daerah sekitarnya, serta perluasan Teluk Persia di zaman perunggu.

Nama kota ini sudah ada di catatan Sumeria tertua, misalnya Enmerkar dan penguasa Arattadigambarkan sebagai salah satu tempat yang patuh pada Inanna, dewa pelindung Uruk. Kota Susan dicatat dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama diAlkitab Kristen, terutama dalam Kitab Ester, sebagai tempat bertahtanya raja Ahasyweros atau Xerxes I (486-465 SM) dan tempat tinggal ratu Esterdan sepupunya Mordekhai. Disebut "puri Susan" dan pernah menjadi tempat tinggal Daniel (Kitab Daniel pasal 8Daniel 8:2) sekitar tahun 546 SM dan Nehemia (Kitab NehemiaNehemia 1:1) sekitar tahun 444 SM. Menurut Ezra 4:9, orang-orang Susan juga disebut orang-orang Elam.
Ada sebuah makam yang dianggap milik Daniel, disebut Shush-Daniel, ditandai dengan kerucut batu yang aneh, karena tidak simetri. Dalam Kitab Yobel (Book of Jubilees) 8:21 & 9:2 disebut sebagai salah satu kota warisan Sem dan putra sulungnya, Elam; dan pada ayat 8:1, "Susan" juga menjadi nama anak (putra atau putri) Elam. Dalam mitologi Yunani, kota Susan dianggap didirikan oleh rajaMemnon dari Aethiopia, salah satu tokoh dalam kitab Iliad karya Homer yang berisi kisah "Perang Troya".

Arkeologi

Daerah ini dipelajari pada tahun 1836 oleh Henry Rawlinson dan kemudian oleh A. H. Layard.[2] Pada tahun 1851, dilakukan penggalian oleh William Loftus, yang mengidentifikasikannya dengan kota Susan.[3] Pada tahun 1885 dan 1886 Marcel-Auguste Dieulafoy dan Jane Dieulafoy memulai penggalian tim Perancis.[4]

Berkas:Susa map.jpg
Lokasi kota Susa

Gambar

Tidak ada komentar: