Kamis, 21 November 2013

DENGAN BUNG TAPSON – BABI-3



Download:


JAWABAN SAYA:

1. Soal Alpha dan Omega;

     Ceritanya begini;

     Suatu kali ada tetangga yang mengirimkan makanan ke rumah kami. Kebetulan saya yang
     menerimanya, saya ucapkan terimakasih plus bonus senyum manis saya tentunya. Namanya
     dikasih orang ya begitulah aturannya; terimakasih dan mesam-mesem, ‘kan?! Tapi setelah
     makanan itu kami makan, mendadak perut kami mulas dan muntah-muntah. Terpaksa kami
     digotong ke rumahsakit, sebab ternyata makanan tersebut mengandung racun.

     Tentu saja dengan terpaksa ucapan terimakasih dan senyum manis saya tersebut harus saya cabut
     kembali. Dan nggak cukup begitu saja, saya laporkan mereka ke polisi. Terimakasih diganti bui.
     Mengapa, tidak?!

      Jadi, jangan mimpi saya akan konsisten jika tulisan amburadul yang anda sodorkan ke saya. Betul,
      nggak?!

2. Apakah ada bukti orang Farisi menghalalkan Babi?

     Lho, pertanyaan saya itu ‘kan timbul oleh sebab pernyataan Ny. White kalau orang Farisi itu telah
     memutarbalikkan Firman TUHAN.

     “Hukum yang lain telah diputarbalikkan oleh rabi‑rabi dalam keadaan seperti itu.”

      Diputarbalikkan artinya dilawankatakan. Ketika ALLAH mengatakan haram, orang Farisi itu
      mengatakan halal. Dan ini tidak ada di Alkitab, bahwa orang Farisi itu menghalalkan Babi. Karena
      itu tulisan Ny. White itu tendensius sekali – tidak ada kebenarannya.

3. Tidak ada seorangpun yang berwenang;

     Di sini anda kelihatan tidak pintar. Orang Farisi memang tidak memiliki otoritas untuk mengubah
     hukum TUHAN. Maksudnya, otoritas kebenaran. Tapi kalau sifatnya menyesatkan, mengapa tidak
     bisa?

     Sama saja seperti anda. Ketika Alkitab menyatakan halal, anda menyatakan haram. Itu ‘kan bukan
     kebenaran? Tapi anda ‘kan bisa menyatakan begitu?! Bisa tapi tidak benar.

     Belajar memahami perkataan orang, ya nak, biar nggak dibilang keterlaluan.

4. Hanya ALLAH yang berhak menyatakan halal dan haram.

     Kali ini anda terlihat pintar. Kalau begitu mari kita baca kalimat ini:

       >> Kisah  10:15           Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa
                                            yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."

      Dan anda sudah menyatakan kalau Petrus tidak berhak menyatakan halal/haram;

      “Jangankan orang Farisi, sedangkan Musa, Yesaya, Petrus, dan Paulus pun
   tidak punya wewenang itu. Apalagi si Hakekat. Hanya Allah yang berhak.

       Tepat seperti kata ALLAH: “tidak boleh engkau nyatakan haram.” Karena itu perkataan Petrus ini
       tidak berlaku;

       >> Kisah  10:14           Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah
                                            makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir."

5. Satu pasal celaan terhadap Farisi;

     Betul. Saya tahu itu. Tapi tidak tentang menghalalkan Babi. TUHAN YESUS tidak pernah mencela
     Farisi soal Babi.

     >> Yohanes  5:39         Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya
                                           kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu
                                           memberi kesaksian tentang Aku,

      Orang Farisi itu penyelidik kitab-kitab suci. Jadi, tidak mungkin mereka akan menghalalkan Babi.

      >> Kisah   5:34             Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel,
                                           seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan
                                           meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar.

      Mereka itu ahli Taurat. Karena itu tidak mungkin mereka menghalalkan Babi. Bahkan tidak
      pernah ada suatu zamanpun orang Yahudi sampai menghalalkan Babi, sekalipun mereka bisa jadi
      memakannya. Jadi, bisa jadi orang Yahudi itu memakan Babi, tapi bukan berarti mereka
      menyatakan halal. Sama seperti gereja si Sabtu tak mungkin akan menghalalkan perzinahan
      sekalipun banyak orang di gereja itu yang berzinah. Sama seperti semua orang Sabtu menyatakan
      vegetarian itu baik, daging itu tahi, sekalipun 95%-nya masih memakan tahi.

6. Tidak heran Ny. White menyinggung Babi;

     Apa maksud anda tidak heran Ny. White menyinggung Babi? Apakah tidak heran tentang
     kengawurannya?

     Misalnya anda mencuri dompet, lalu saya bilang mencuri televisi, apakah anda mau dituduh yang
     tidak anda lakukan?

7. Mentaati hukum Taurat tanpa cacat;

     Lagi-lagi anda kedapatan kurang pinter. Sebab rasul Paulus nyatakan bahwa mentaati hukum
     Taurat tanpa cacatpun tidak akan menyelamatkan. Hukum Taurat tidak bisa menyelamatkan.
        Karena itu dia anggap masa lalunya sebagai sampah, sekalipun dia mentaati hukum Taurat
        dengan sempurna. Jadi, di mana ada kalimat saya yang menyatakan orang Farisi masuk sorga?

        >> Roma   3:28          Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan
                                           karena ia melakukan hukum Taurat.

        Kemarin anda menunjukkan kitab Imamat dan kitab Ulangan. Apakah itu termasuk kitab-kitab
        Taurat? Sebab saya mendengar ada 5 kitab Taurat: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan
        Ulangan.

        Kitab Taurat berbeda dari Hukum Taurat sekalipun Hukum Taurat ada di antara kitab-kitab itu.
        Dan jika anda menunjuk pada hukum makanan halal dan haram dalam kitab Imamat maupun
        Ulangan, apakah itu menyelamatkan jika dilakukan?

        Apakah anda bisa diselamatkan oleh mentaati larangan memakan Babi? Kalau menurut rasul
        Paulus, itu tidak bisa menyelamatkan. Menurut anda? Mengapa anda ngotot mengajarkan tidak
        makan Babi? Pasti anda yakin itu bisa menyelamatkan. Berbeda donk antara anda dengan rasul
        Paulus.

        >> Galatia  1:6          Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih
                                           karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
                             1:7             yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan
                                            yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
                            1:8              Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan
                                            kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan
                                            kepadamu, terkutuklah dia.

          Anda mengajarkan Injil yang lain. Anda menyampaikan ajaran yang kacau dan
          memutarbalikkan Injil menjadi Taurat kembali.

8. Hak prerogatif ALLAH;

     Hak prerogatif ALLAH adalah menanam maupun mencabut. Bukan hanya menanam saja, bung.

     >> Kisah  10:15             Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa
                                            yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."

     >> Pengkhotbah   3:2                Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk
                                                          menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam;

     >> Yehezkiel  18:2       "Ada apa dengan kamu, sehingga kamu mengucapkan kata sindiran ini di
                                             tanah Israel: Ayah-ayah makan buah mentah dan gigi anak-anaknya menjadi
                                             ngilu?
                              18:3          Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, kamu tidak akan
                                            mengucapkan kata sindiran ini lagi di Israel.
                              18:4          Sungguh, semua jiwa Aku punya! Baik jiwa ayah maupun jiwa anak Aku
                                            punya! Dan orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati.

    Suatu kali YAHWEH membuat hukum; jika ayah bersalah, anak-anaknya akan ikut memikul
    hukumannya. Tapi YAHWEH menjanjikan akan meniadakan konsep hukum demikian itu.

     >> Kolose  2:14             dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum
                                            mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan
                                            memakukannya pada kayu salib:
                        2:15                Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan
                                            menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.
                        2:16                Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai
                                            makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari
                                            Sabat;
                        2:17                semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang
                                            wujudnya ialah Kristus.
                        2:18                Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-
                                           pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang
                                           pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh
                                           pikirannya yang duniawi,
                        2:19                sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh,
                                            yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi,
                                            menerima pertumbuhan ilahinya.
                        2:20                Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-
                                            roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa
                                            peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia:
                         2:21               jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini;
                         2:22               semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan
                                            hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia.
                         2:23               Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah
                                            buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya
                                            selain untuk memuaskan hidup duniawi.


9. Arti kemarinnya Paulus;

     Yang dimaksud kemarinnya Paulus adalah hukum Taurat, tempat Imamat dan Ulangan yang anda
     sebutkan itu. Itu sudah ditiadakan oleh darah JESHUA ha MASHIA.

Dengan demikian kuda yang satunya telah saya majukan untuk menjaga pion yang di depan. Supaya anda ingat bahwa saya adalah Kornelius, seorang perwira Romawi yang tidak mengenal Hukum Taurat. Sebab rasul Petrus membaptis saya dengan dasar Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, bukan dengan Hukum Taurat.

Arti baptisan yang saya terima adalah:

>> 1Petrus   3:21               Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan—
                                           maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk
                                           memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah--oleh kebangkitan Yesus
                                           Kristus,

Setelah membaptis saya, Petrus berkata kepada saya: “Kornelius, kamu telah menerima keselamatan.” Jadi, saya tidak perlu kecap, saos maupun sambal Taurat yang hendak anda ajukan itu. Itu harus saya tolak seperti nasehat rasul Paulus;

>> Kolose    2:16                Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai
                                            makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari
                                            Sabat;

Saya hanya mau menerima ajaran dari Matius, Markus, Lukas dan Yohanes saja. Sebab ajaran itulah yang membuat saya percaya dan menjadi Kristen.

>> 2Korintus  11:2            Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah
                                           mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai
                                           perawan suci kepada Kristus.
                          11:3              Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu
                                            yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu
                                            dengan kelicikannya.
                          11:4              Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang
                                            lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh
                                            yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada
                                            yang telah kamu terima.

Saya tidak boleh sabar, tidak boleh manggut-manggut saja dengan ajaran setan-setan yang menyesatkan.

>> Galatia     5:4               Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum
                                           Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Berikut ini sekedar puisi saja;

Memangnya ada apa dengan Babi? Ada apa dengan Sapi?
Memangnya apa hebatnya Sapi dari Babi?
Memangnya apa kurangnya Babi dari Sapi?
Memangnya apa untungnya dengan Sapi dan apa pula ruginya dengan Babi?
Memangnya orang bisa tahu apa yang saya makan? Apakah bisa ditandai orang yang makan Babi atau makan Sapi?
Memangnya kalau makan Sapi keluar tanduknya, dan pemakan Babi keluar ekornya?
Memangnya makan Sapi bisa masuk sorga dan makan Babi bisa masuk neraka?

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Bung Hakekat,

Wahhh, wahhhh, wahhhh....... Kacau benar, kacau benar permainan caturnya si Hakekat.
Ngakunya jalanin kuda, padahal sebelum jalanin kuda, sudah jalanin peluncur duluan. Mata saya masih cukup jeli melihat setiap gelagatmu bung. Tapi Seperti saya bilang sebelumnya, bung Hakekat bisa jalanin beberapa langkah koq, tapi jangan curang gitu dong. Yang pake aturanlah. Masa kamu jalankan peluncur yang di kotak hitam untuk mengancam Rajaku. Yang kamu bisa jalankan mestinya peluncur yg di kotak putih lah.  Soalnya di depan Raja hitmamu, kan masih ada pion, koq peluncur melompatin pion kayak kuda. Lihat gambar yang saya attach.
Artinya: 
1.    Bung Hakekat tidak konsisten. Melanggar aturan sendiri. Katanya mengakui tulisan Ellen G. Whte khusus Alfa dan Omega (yang lain tidak), tetapi begitu ada di dalam Alfa dan Omega mengatakan  babi tidak boleh dimakan, langsung tidak mengakui lagi. Istilah Pak Edi Limbong, Jilat ...... sendiri. Tapi kalau istilah saya sendiri "tidak punya integritas". Tapi saya juga berharap kamu tidak menyerah disini karena tidak seru. Kalau langsung nyerah kesempatan-kesempatan saya untuk menunjukkan kebodohanmu jadi hilang.
2.    Peluncur kotak hitam itu tidak valid langkahnya, karena pertanyaan bung hakekat juga tidak valid.  Yang mana? Yang ini "Apakah ada bukti bahwa orang Farisi itu menghalalkan Babi?". Pertanyaan ini jelas tidak valid, karena tidak ada siapapun yang berwenang dan berhak untuk menghalalkan babi dan binatang yang haram lainnya, selain daripada Allah. Jangankan orang Farisi, sedangkan Musa, Yesaya, Petrus, dan Paulus pun tidak punya wewenang itu. Apalagi si Hakekat. Hanya Allah yang berhak.
3.    Pernyataan bung Hakekat "Orang Farisi itu mentaati hukum Taurat tanpa cacat". Weleh..weleh.... kalau saja bung Hakekat bukan guru TK, udah saya maki-maki dengan ... Guoblokk, guoblokk.... Udah jelas-jelas satu Fasal dalam Alkitab berisi khusus celaan terhadap Orang-orang Farisi dan Ahli Taurat. Itu celaan langsung dari Yesus lho. Di ayat 23 (cari sendiri fasalnya), Yesus katakan: Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan. Apa ini yang namanya mentaati Hukum Taurat tanpa cacat? Tapi kalau disebut mentaati adat istiadat, walau harus melanggar firman Allah, ya gitu deh ciri-ciri Orang Farisi. Di ayat  Ayat 13 (cari  sendiri fasalnya), Yesus katakan  "Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu
yang kamu lakukan."  Tidak heranlah kalau Ellen G. White menyinggung soal Babi dan Orang Farisi.  Bung Hakekat, kalau kamu mau menyanjung Orang Farisi dan menjadi salah satu membernya, nah ini dia "Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. (itu di ayat 13 juga, buku yg lain). Tidak tanggung tanggung, Yesus pastikan tidak Masuk Sorga. Lalu sekarang, bagaimana pendapatmu tentang orang Farisi yang mentaati Hukum taurat tanpa cacat itu? Ini nyindir lho.

Lalu, sebelum saya sempat menutup ancaman peluncur, si bung Hakekat langsung jalankan kuda. Entah Kudanya terlalu nafsu atau terlalu grogi, atau mungkin kombinasi kedua-duanya, kuda bung Hakekat smpai kepeleset, sampai keluar dari kotaknya. Lihat lagi tuch gambar kudamu yang kepeleset itu. Saya jadi ingat beberapa tahun lalu waktu Pak P. dengan Pak N, bermain catur di Gandaria Kebayoran Baru, Pak P komentar begini "Wahhh, bukan catur lagi itu punya Pak N, sudah saturnus itu". Dalam hati saya bilang, "Sekalian aja bilang uranus, neptunus".Begitulah catur nya si Hakekat ini. Penonton aja ikut cengar cengir, menyaksikan  kalau bung Hakekat tidak mengerti Kitab Imamat dan Ulangan. Ehhhh,gak ngerti atau pura-pura? Pake ngutip sampai ayat 6. Kenapa gak terusin sampai ayat 7? Ada sesamanya bung Hakekat ya di ayat 7?
4. Kalau Allah bilang haram, apapun alasannya, itu hak prerogatifnya Allah. Mau sampah, mau memendekkan umur, entah itu pake mungkin, yang haram ya tetap haram.

OK lah, bung hakekat katakan bahwa tidak boleh ditambahkan apa-apa, terhadap Imamat 11, begitu juga dengan matius 15 tidak boleh ditambahkan apa-apa.  Saya setuju, dengan demikian saya sudah majukan pion yg didepan ster satu langkah untuk menutup ancaman peluncurmu yang ngaco itu, sekaligus ancam balik.

Monggo dilanjutkan, tapi saya peringatkan kamu bung, hati-hati untuk setiap kata atau kalimat yg kamu sebutkan. Itu akan menjadi kick balik untuk anda.

Oh ya, anda katakan sebelumnya demikian "Karena itu jika sekarang Paulus menghalalkan Babi, itu artinya kemarin dia mengharamkannya". Tolong diperjelas, apakah itu berarti kemarinnya atau dulunya,(mungkin zaman perjanjian lama), babi itu haram ya? Tapi hati-hati anda menjawabnya, barusan sudah saya peringatkan lho, apapun jawaban anda untuk pertanyaanku yg satu ini, itu bisa menjadi kick balik untuk anda. Sebaiknya jawab yg jujur sesuai yang tertulis, itu akan sedikit lebih ringan.

Regards,
Tapson Manik

Tidak ada komentar: