Sabtu, 09 November 2013

Inilah Rahasia Makanan pemain SepakBola



Download:


Thread pertama ane dimulai dari Rahasia Makanan pemain SepakBola, koq bisa ya Messi, C. Ronaldo dan kawan-kawan bermain Optimal selama 90 Menit. bahkan lebih, Ternyata inilah Rahasia nya:

Untuk meraih gelar juara, para atlet harus mempersiapkan fisik mereka agar selalu prima. Mereka banyak mengonsumsi makanan berprotein dan karbohidrat tinggi untuk meningkatkan tenaga dan massa otot. Seperti apa menu makan mereka sehari-hari?

Berbeda dengan kita yang tak banyak beraktivitas fisik, para atlet justru harus meningkatkan asupan kalori mereka. Huffington Post mewawancarai para atlet Olimpiade dari Turki tentang menu makan mereka yang berjumlah 3000-3500 kalori per hari. Jika ingin membentuk tubuh seperti mereka, jangan lupa berolahraga dan ikuti pola makan berikut:

Makanan yang wajib di makan para atlet : Pola makan yang baik penting bagi tenaga. Diet yang benar dan konsisten akan terlihat hasilnya saat berlatih," tersedia daging, keju, kacang-kacangan, serta bergelas-gelas susu.

STEAK DAGING : "Meningkatkan Pemulihan dan Tenaga" Daging rusa, daging sapi adalah syarat lima zat pendongkrak kinerja: kreatin, arginin, glutamin, zat besi, dan vitamin B12. Lima elemen penting ini berpadu untuk meningkatkan daya ledak dan membuat anda mampu melalui kerja berat. Santaplah seusai latihan untuk memaksimalkan pemulihan di antara sesi-sesi latihan. Inilah rahasia pemain sepakbola yang berpostur tubuh kuat, dan berotot besar.

IKAN MACKEREL : "Membakar Lemak dan Menstabilkan Suasan Hati". Asam lemak dalam ikan berminyak ini membantu pembentukan hormon yang mendukung metabolisme otot (tingkat pembakaran lemak oleh otot-otot anda saat beristirahat), sistem kekebalan serta menstabilkan suasana hati anda. Paling bagus dimakan setelah latihan: menyantapnya sebelum berlatih justru akan mengacaukan perut anda.

BROKOLI: "Bersama Vitamin Meningkatkan Pengliatan". Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan karena mendongkrak kemampuan kerja retina, sementara vitamin C dan glutation mempercepat pemulihan. Tambahan brokoli dalam makanan pasca latihan anda untuk memaksimalkan penyerapan vitamin A. Ibarat pemain sepakbola yang membagi bola tepat ke sasaran yang jaraknya jauh.

BAYAM : "Meningkatkan Ketahanan" Makanan tambahan favorit popaye ini syarat kalsium, zat besi, dan klorofil, sehingga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, ketahanan kardiovaskuler pun jauh lebih baik, rahasia atlet sepak bola yang bisa berlari selama 90 menit. Tambahkan bayam pada makan siang berkarbohidrat tinggi agar tubuh bisa melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam darah.

JUS BUAH : "Mendongkrak Energi" Nitrat dalam jus akan membuat otot-otot anda bekerja melampaui tuntutan dengan meningkatkan aliran darah dan penyebaran bahan bakar tubuh. Zat ini juga akan membantu otot-otot anda membuang KALORI Berlebih. perhatikan buah yang akan di buat Jus, memperhatikan vitamin dari setiap buah! yang diperlukan adalah Pepaya, starawberry untuk vitamin A, buah lainnya pisang, jeruk. tambahkan susu untuk melengkapi vitamin D. Ibaratkan pemain sepakbola yang kuat berlari karena dukungan otot kaki, kesegaran tubuh dan tulang yang kuat

TEH HIJAU: "Meningkatkan Fokus" Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan fokus di lapangan dan mendukung pembakaran lemak dalam latihan. Ini akan membuat anda berkonsentrasi di lapangan. Zat ini juga bisa melebarkan arteri anda, sehingga akan lebih banyak darah beroksigen yang bisa diedarkan ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan stamina, setelah pemain berlatih biasanya meminum teh hijau untuk jam santai. Ibaratkan pemain sepakbola yang membagi bola kepada temannya dengan tepat dan cepat.

Meminum Suplemen : meminum suplemen khusus dan multivitamin. pengakuan para atlet "Jika saya tidak meminum suplemen tersebut, saya harus makan beberapa kilo daging dan lusinan potongan buah untuk memenuhi kebutuhan protein dan vitamin harian saya.

MAKANAN untuk Otak :

Susu dan Yogurt : Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Ibaratkan pemain sepakbola yang jika kehabisan tenaga, tetapi otak tetap memberikan perintah kepada tubuh dengan maksimal.

Telur : Telur dikenal sebagai sumber penting protein, Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. ibaratkan pemain sepakbola yang selalu ingat posisi temannya pada saat ingin menyerang atau bertahan.

PERMEN KARET : Menstabilkan hati, dan melancarkan peredaran darah di otak, dengan adanya aktifitas mengunyah kemungkinan strategi dan ke tenangan hati akan di dapatnya.

Semoga Bermanfaat ya gan..

Protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk membentuk jaringan otot. Jika Anda seorang atlet, binaragawan maka Anda memerlukan asupan protein yang tinggi untuk membentuk dan menambah massa otot tubuh Anda.

Fungsi protein yang selanjutnya adalah sebagai zat pengatur. Protein membantu mengatur hormon-hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan. Protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh.

Manfaat lainnya dari protein adalah sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Karena pentingnya fungsi protein untuk tubuh kita, maka kita perlu mencukupi kebutuhan protein setiap harinya.

Berdasarkan sumbernya, protein dibagi menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan sedangkan protein hewani berasal dari hewan. Protein hewani mengandung profil asam amino yang lengkap termasuk asam amino esensial yang mutlak dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Daging dan telur merupakan makanan sumber protein yang paling populer. Namun, selain telur dan daging masih banyak makanan yang mengandung protein tinggi. Dan berikut ini kami pilihkan 20 makanan yang mengandung 
sumber protein tinggi yang bisa Anda konsumsi setiap hari:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung tujuh gram protein dengan hanya dua gram lemak jenuh. Untuk menghindari lemak jenuh, gunakan putih telur dan buang kuningnya. Studi-studi menemukan, orang-orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan bisa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Telur memang mengandung sejumlah kolesterol. Tapi, lusinan studi telah menunjukkan bahwa lemak jenuh (bukan kolesterol dari makanan) yang meningkatkan kadar kolesterol darah.

2. Tenderloin ayam (White Meat)

Masing-masing tenderloin mempunyai berat sekitar satu setengah hingga dua ons, sehingga memudahkan Anda mengontrol porsi. Dua tenderloin hampir setara dengan satu takar ukuran tiga ons. Tenderloin mudah dibumbui dan bisa digunakan dalam kebab atau ditumis dengan makanan lainnya.

3. Dada ayam (White Meat)

Potongan daging rendah lemak merupakan pilihan makan siang rendah kolesterol yang sehat. Makanan ini bisa menjadi pilihan jika Anda hendak makan daging yang rendah lemak jenuh.

4. Sirloin (Daging Sapi)

Daging sirloin adalah daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada pada bagian lain, umumnya dipakai untuk membuat steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain. Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Selain itu Sirloin ini hampir tidak mengandung lemak. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.

5. Ikan Segar

Tentunya kita semua sudah tahu kalau ikan merupakan makanan tinggi protein. Namun, berbeda dengan daging, kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada ikan. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

6. Udang

udang kaya akan kalsium dan protein, dan termasuk dalam kategori sumber protein hewani. Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

7. Susu Murni

Susu berfungsi sebagai salah satu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas.Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

8. Keong Mas

Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas terbukti tinggi, yaitu berkisar antara 16 hingga 50 persen. Di beberapa daerah, keong mas diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, pepes, sambal keong, hingga kecap keong.

9. Kacang Kedelai

Selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.

10. Tahu

Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga Anda tidak akan bosan memakannya.

11. Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Biasakan untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari. Bisa dikonsumsi langsung, dicampur buah, smoothies, atau bisa jadi tambahan untuk sup dan kari.

12. Kacang Almond

Kacang gurih ini rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan protein. Selain itu, almond juga mengandung serat alami, dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain.

13. Kacang Polong

Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi. Satu cangkir kacang-kacangan mengandung 12-15 gram protein.

14. Brokoli

Brokoli mengandung 5 gram protein dalam satu cangkir, juga serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan bahan masakan sehari-hari.

15. Tempe

Bahan makanan dari fermentasi kedelai ini cukup enak dan lezat. Kaya akan protein nabati, dan bisa diolah menjadi makanan apa saja.

16. Keju

Semua jenis keju adalah sumber protein yang baik. Cobalah keju cheddar atau mozzarella yang dicampur ke dalam salad, pasta, sandwich atau sup. Satu hal yang harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sedang diet, keju mengandung lemak. Sehingga batasi konsumsi Anda tak lebih dari 1 ons per hari.

17. Bayam

Dalam satu cangkir bayam terkandung 3 gram protein. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus, rebus atau cah. Pastikan Anda tidak terlalu lama memasaknya, agar rasa tidak berubah dan nutrisinya tetap terjamin. Sedikit ide untuk mengolah bayam; kukus sebentar lalu bumbui dengan merica hitam dan sedikit minyak zaitun.

81. Gandum

Biji-bijian atau grains, seperti misalnya gandum, memang lebih banyak dikenal sebagai sumber karbohidrat. Namun, tahukah Anda kalau biji-bijian juga mengandung protein? Pada gandum, kandungan protein bisa mencapai sekitar 9%. Surprising fact, yes? Namun demikian, konsumsi grains sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah karbo.

19. Ikan Teri

Mungkin Anda akan terkejut dengan fakta ini. Yes, makanan yang sering kali disepelekan ini (sering mendapatkan predikat “makanan rakyat”) ternyata tinggi kandungan proteinnya. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungan proteinnya mencapai 10%. Selain protein, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari konsumsi ikan teri. Kecil-kecil cabe rawit!

20. Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sushi mengandung protein dan serat yang pada umumnya rendah kalori dan lemak.

Banyak perdebatan mana yang lebih baik antara protein nabati dan protein hewani. Menurutnya saya tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. Yang terbaik adalah menyeimbangkan konsumsi keduanya, karena akan salig melengkapi.

“GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK ANAK SEKOLAH (PMTAS)

Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali kembali melaksanakan “GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK ANAK SEKOLAH (PMTAS)” TAHUN 2013.
 di Kalangan Angsoka Art Center Taman Budaya Denpasar - Bali pada Hari Rabu Tanggal 20 Agustus 2013 Pukul 09.00 WITA dilaksanakan acara “GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK ANAK SEKOLAH (PMTAS)” dengan melibatkan anak-anak sekolah dasar sebanyak 200 orang pelajar SD yang berasal dari Sekolah Dasar No.1 Saraswati Kreneng Denpasar dihadiri Ny. Pastika Ibu Gubernur Bali selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Provinsi Bali (FORIKAN. didampingi Ir. I Made Gunaja, M.SiKepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali beserta Ir. A.A. G. Agung Sanjaya Kepala Bidang P2HP dan Para Pejabat Eselon III di lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali beserta Staf. Juga disi acara Pemberian paket PMTAS serba ikan, Ceramah Manfaat makan Ikan, Demo masik serba ikan, Lomba Masak Ikan, Huburan.
Ir. I Made Gunaja, M.Si dalam sambutanya mengatakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan adalah merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat dan derajat kesehatan masyarakat, karena melalui makan ikan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu 33,14 kg/kapita/tahun maka masyarakat akan menjadi semakin sehat, anak-anak akan semakin cerdas dan kuat, serta para petani dan nelayan pun diharapkan dapat lebih bergairah dalam melakukan usahanya.  Bila kita bandingkan dengan tingkat konsumsi ikan di Provinsi Bali yang baru mencapai 29.71 kg/kapita/th tentunya masih harus terus ditingkatkan melalui promosi dan ajakan yang salah satu  kegiatannya adalah GEMARIKAN yang kita laksanakan pada hari ini. 
          Program GEMARIKAN telah dilaksanakan sejak tahun 2003 dan hingga kini masih rutin dilaksanakan.  Berbagai kegiatan dilakukan seperti safari gemarikan, lomba masak serba ikan, lomba menggambar untuk anak-anak sekolah dasar dan taman kanak-kanak, Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS) dan kegiatan lainnya. 
          Untuk meningkatkan konsumsi ikan memerlukan berbagai upaya,   disamping harus ada upaya merubah pola konsumsi masyarakat yang sebagian besar masih menyukai daging, juga terkait dengan peningkatan daya beli masyarakat dan memperbanyak bentuk produk olahan ikan yang dihasilkan sehingga dapat menarik minat masyarakat. Maka dari itu peranan pelaku usaha dibidang perikanan sangat penting didalam mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan. Disamping itu pula tumbuhnya rumah makan, restauran dan hotel akan dapat membantu upaya mengkampanyekan gerakan makan ikan, lebih-lebih Bali merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Nusantara maupun Manca Negara.
          Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil peningkatan produksi perikanan.  Akibat peningkatan produksi tersebut maka konsumsi ikan oleh masyarakat di dalam negeri sangat penting dipacu pertumbuhannya antara lain melalui upaya-upaya  penyediaan pasar ikan dan sarana pemasaran bergerak, dan menumbuhkan rumah makan yang menggunakan ikan. Salah satu upaya yang paling efektif adalah dengan memberikan pemahaman secara dini kepada anak-anak melalui kegiatan yang sedang kita laksanakan ini.
          Di hari yang berbahagia ini bersamaan dengan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah juga dilaksanakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Bali.   Lomba masak ini merupakan salah satu pengembangan GEMARIKAN yang bekerjasama dengan  TPK PKK Provinsi Bali,  dengan peserta  dari TP PKK kabupaten/kota seluruh Bali. Melalui penyelenggaraan lomba masak ini, diharapkan mampu mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat  mengkonsumsi ikan meningkat demikan sambutanya, sedangkan
Ny. Mangku Pastika dalam sambutanya, pertama-tama marilah kita bersama-sama menghaturkan puja pengastuti angayu bagya kehadapan Ida Sang Hyang Widhi WaƧa, karena atas perkenan beliau kita masih diberi kesempatan berkumpul  pada hari ini untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau GEMARIKAN yaitu Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah atau sering kita sebut PMTAS, yang dipadu dengan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan GEMARIKAN serta demo masak berbahan baku ikan.
Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat dan derajat kesehatan masyarakat, karena melalui makan ikan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah maka masyarakat akan menjadi semakin sehat, anak-anak akan semakin cerdas dan kuat. Hal ini disebabkan karena ikan banyak mengandung zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh seperti  protein, mineral, asam amino dan terutama Omega-3.  Untuk itu upaya menggalakan dan memasyarakatkan makan ikan seperti acara hari ini perlu dilakukan.
          Untuk meningkatkan konsumsi ikan salah satunya melalui penyelenggaraan Lomba Masak Serba Ikan yang diharapkan dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan berbahan baku ikan yang berdampak pada kekuatan dan kecerdasan anak bangsa.  Dengan semakin maraknya lomba masak serba ikan yang dilaksanakan mulai tingkat kabupaten diharapkan semakin banyak variasi menu serba ikan yang dapat disajikan menjadi makanan sehari-hari dalam keluarga.
Mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh maka melalui kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat Bali, mulai dari anak-anak hingga yang dewasa untuk membiasakan makan ikan. Sumber makanan ini sangat mudah didapat, selain tersedia di pasar, dilingkungan tempat tinggal kitapun banyak tersedia sumber makanan ini, karena pemerintah secara rutin telah melakukan penebaran   benih di perairan umum.

          Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil peningkatan produksi perikanan yang dihasilkan oleh masyarakat. Seiring dengan peningkatan produksi hasil perikanan maka konsumsi ikan oleh masyarakat di dalam negeri sangat penting dipacu pertumbuhannya antara lain melalui upaya-upaya  penyediaan pasar ikan dan sarananya serta mendorong tumbuhnya rumah makan yang menyediakan masakan berbahan baku ikan. Disamping itu upaya yang paling efektif adalah dengan memberikan pemahaman secara dini kepada anak-anak melalui kegiatan yang sedang kita laksanakan ini.
Mengingat pentingnya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat dalam rangka peningkatan status gizi masyarakat untuk membentuk bangsa yang sehat, kuat dan cerdas saya menyambut gembira dilaksanakannya kegiatan GEMARIKAN dan Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah atau PMTAS dengan harapan tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan meningkat. Khusus kepada anak-anak murid saya anjurkan agar lebih banyak makan ikan agar kalian menjadi semakin pintar, kuat dan sehat demikian sambutanya.

Denpasar, 22 Agustus 2013.
Pranata Humas Penyelia


Posting Komentar