Minggu, 28 Juni 2015

SEMUA CIPTAAN TUHAN ITU BAIK

1Timotius 4:4        Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada
                            yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,

Ayat tersebut menyatakan bahwa semua ciptaan TUHAN itu baik, tidak ada suatupun yang tidak baik[haram]. Tapi apakah baiknya TUHAN menciptakan nyamuk, lalat, kecoa dan tikus? Bukankah binatang-binatang itu hanya merupakan gangguan bagi kita? Nyamuk mengganggu tidur kita, lalat menyebarkan penyakit, kecoa menjijikkan, sedangkan tikus merusakkan barang-barang kita. Dimana baiknya?

Bukankah jika saya mencubit anda akan membalas mencubit saya? Bukankah jika saya memukul anda akan membalas memukul saya? Bukankah seperti itu juga anda telah memperlakukan binatang-binatang itu? Nyamuk anda bunuh dengan Baygon, sedangkan tikus anda bunuh dengan racun tikus?! Bukankah binatang-binatang itu sudah anda bunuhi? Tapi apakah selesai masalahnya? Ternyata masalahnya tak kunjung selesai. Seekor nyamuk anda bunuh, datanglah seribu ekor nyamuk, seekor tikus anda bunuh, datanglah seribu ekor tikus. Dibunuh bukannya habis malah semakin banyak.

Kita tak tahu di mana mereka beranak pinaknya, namun setelah dewasa barulah mereka menyerbu kita. Kita tak tahu bagaimana mereka mengumpulkan kawanannya, namun tahu-tahu dalam jumlah besar mereka menyerang kita. Kita tak tahu dari mana mereka datangnya juga ke mana mereka pulangnya. Mereka seperti prajurit yang berangkat untuk menyerang kita, kemudian pulang tanpa meninggalkan jejak. Kita tak tahu di mana markas mereka. Kita juga heran, kita tak pernah memberinya makanan, namun mereka bisa tetap hidup. Kita tak pernah memasakkan makanan untuk mereka, namun mereka sanggup hidup dari sisa-sisa makanan kita.

Yah, jika ayam, kambing dan sapi baiknya adalah memberi kita makanan bergizi dari daging mereka, nyamuk, lalat, kecoa dan tikus baiknya adalah memberi kita ingatan akan kebesaran TUHAN Semesta Alam.

Tidak ada komentar: