Rabu, 17 Juni 2015

TUKANG OJEKPUN DIBUNUH OLEH GOJEK - KEJAM NIAN

Gojek: Kami Tak Bersaing dengan Ojek Pangkalan

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150612182517-20-59732/gojek-kami-tak-bersaing-dengan-ojek-pangkalan/

Gojek: Kami Tak Bersaing dengan Ojek Pangkalan

Jakarta, CNN Indonesia -- General Manager of Corporate Relations Gojek Sam Diah menyatakan pihaknya hadir untuk membantu pengemudi ojek pangkalan, dan bukan sebaliknya bersaing dengan mereka.

"Yang paling utama kami sampaikan adalah kami bukan hadir untuk berkompetisi dengan pengemudi ojek pangkalan," kata Sam Diah dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia, Jumat (12/6).

Bentuk bantuan yang diberikan Gojek kepada para pengojek menurutnya adalah dengan meningkatkan penghasilan mereka dengan bantuan teknologi. Tak hanya itu, para pengojek ini juga mendapat santunan kecelakaan dan jaminan asuransi kesehatan.

"Pengemudi Gojek adalah orang-orang yang sangat produktif. Bukan hanya melayani kebutuhan transportasi, tetapi juga melayani kebutuhan belanja dan kiriman kurir," katanya.

Sampai saat ini, kata Sam Diah, Gojek masih membuka kesempatan bagi pengemudi ojek pangkalan untuk bergabung.

Persaingan antara pengemudi Gojek dengan pengemudi ojek pangkalan memang tidak dapat dihindari. Diakui oleh Rahmat Arifianto, salah satu pengemudi Gojek, terkadang timbul perselisihan antara ojek pengkalan dan pengemudi Gojek.

Untuk menghindari hal itu, Rahmat mengatakan dirinya lebih memilih untuk tidak menunggu orderan di pangkalan ojek. "Saya lebih memilih beristirahat di pinggir jalan yang sepi atau di musala," kata Rahmat kepada CNN Indonesia. (Baca juga: Ahok: Ojek Jadi Solusi Bagus Hadapi Kemacetan Jakarta)

Oleh karena itu ia berharap ke depan pengelola Gojek memperbanyak shelter khusus pengemudi Gojek untuk menghindari "gesekan" antara pengemudi Gojek dan pengemudi ojek pangkalan. "Supaya kami bisa lebih leluasa beristirahat," kata Rahmat.

Rahmat sendiri mengaku penghasilannya meningkat setelah bergabung dengan Gojek. "Rata-rata dapat penambahan penumpang sebanyak lima orang setiap harinya," katanya.

Di sisi lain, Jono, pengemudi ojek pangkalan di sekitar Jakarta Selatan, mengaku enggan bergabung dengan Gojek. Pasalnya, ia tidak mau bila penghasilannya dipotong sebagian untuk Gojek.

"Kalau saya lihat, tarifnya juga lebih murah daripada ojek pangkalan. Keuntungannya sedikit," katanya. (Baca juga: Ahok Tak Akan Peduli Keluhan Macet Warga Ibu Kota)

Beberapa kali, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memuji konsep Gojek. Menurutnya, Gojek membantu pemerintah melatih pengemudi ojek menjadi lebih tertib. Ahok juga menyarankan agar pengemudi ojek lainnya ikut bergabung dengan Gojek.

Namun Ketua Dewan Pimpinan Daerah Organisasi Angkutan Darat DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menilai saran Ahok agar tukang ojek bergabung dengan Gojek keterlaluan dan memalukan.

"Beliau sebagai Gubernur seyogyanya menjalankan dan mengimplementasikan ketentuan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkatan Jalan," kata Shafruhan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6). Dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tersebut diatur soal angkutan umum orang dan barang.

Menurut Shafruhan, sepeda motor bukan diperuntukkan untuk angkutan umum orang dan barang. Karena itu, pernyataan Ahok itu dinilai menabrak aturan yang ada.

GoJek, Jasa Angkutan Cepat Murah Tak Pakai Ribet

 http://obendon.com/2015/03/12/gojek-indonesia/

Pengalaman pertama selalu hadirkan riak karena adrenalin yang dipompa dengan semangat. Besar kecilnya riak gelombang yang kemudian muncul ke permukaan tergantung seberapa kuat tuas semangatnya dipacu. Riak semangat itu terpancar dari wajah sumringah Firsta dan Titi; dua orang kawan pejalan yang dijemput oleh mas-mas mengendarai sepeda motor di depan Anomali Cafe beberapa waktu lalu.
Mungkin kamu akan bertanya, dijemput sepeda motor aja semangat? Apa istimewanya mas-mas itu? Kalau sama mas ini gimana? ;)
Nadiem Makarim, Gojek Indonesia, gojek, ojek jakarta
Nadiem Makarim, tukang ojek lulusan Harvard; founder dan CEO GoJek Indonesia
Mas yang datang mungkin biasa saja, tapi pelayanannya luar biasa. Hal inilah yang membuat kedua kawan tadi senyum-senyum sepanjang menunggu jemputan serta yang menemani diliputi semangat penasaran. Anomali rasa itu timbul gegara hasutan Nadiem Makarim, founder dan CEO GoJek Indonesia yang beberapa jam sebelumnya berbagi keistimewaan GoJek Mobile App yang diluncurkan Selasa (10/02/2015) dalam acara Go-Jek Bloggers Gathering di Twenty8, Jakarta.
GoJek menawarkan 4 (empat) jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggannya: Instant Courier (Pengantaran Barang), Transport (Jasa Angkutan), Shopping (Belanja) dan Corporate (Kerjasama dengan perusahaan untuk jasa kurir) yang menekankan keunggulan dalam Kecepatan, Inovasi dan Interaksi Sosial.
Untuk membuktikan keunggulan layanan yang ditawarkan oleh GoJek, saya pun mencoba layanan ojek melalui aplikasi mobile GoJek. Tak hanya sekali, saya menggunakan jasa GoJek dengan membandingkan dua jarak tempuh, jauh dan dekat. Keduanya tentu memuaskan. Yang menarik, ketika memesan lewat aplikasi mobile kita bisa mengetahui perkembangan pesanan melalui gawai yang ada di dalam genggaman.
Gojek, Mobile Apps Gojek, Ojek
Pemesanan ojek dengan GoJek Mobile Apps
Process Orders Faster – tak perlu berlama-lama untuk memesan ojek melalui aplikasi GoJek. Namun, pastikan terlebih dahulu telah mengunduh aplikasi GoJek lewat gawaimu baru tentukan jasa mana yang akan dipilih. Langkah selanjutnya, ikuti petunjuk yang ada dan masukkan data yang diperlukan.
Transparency – sebagai pelanggan ojek, saya akan memilih berjalan kaki ke satu tempat atau mencari jasa angkutan lain dibandingkan mesti mesti ngotot-ngototan menawar tarif dengan pengemudi ojek yang suka seenaknya memberikan harga. Lewat GoJek, jarak tempuh dan harga yang akan dibayarkan calon penumpang, terlihat jelas di layar setelah memilih tempat penjemputan dan tujuan pengantaran.
No Cash Needed – tak perlu buka dompet mencari dana tunai untuk pembayaran jasa setelah sampai tujuan. Karena sudah memiliki kredit awal Rp 250,000 yang dibagikan sewaktu menghadiri kegiatan di Twenty8 bulan lalu, saya cukup memanfaatkan dana itu untuk pemakaian jasa GoJek. Jika dana di dompet GoJek mulai menipis jangan lupa lakukan top up.
GoJek, Mobile Apps Gojek, Ojek
Memonitor keberadaan GoJek
Track Your Driver – ini salah satu tampilan aplikasi mobile GoJek yang membuat kedua kawan di atas girang layaknya anak kecil medapatkan mainan baru. Saat memesan ojek, calon penumpang dapat memantau keberadaan pengemudi ojek di sekitar tempat penjemputan. Siapa yang akan menjemput, darimana dan dimana posisinya pun akan terpantau sehingga calon penumpang bisa bersiap ketika pengemudi ojeknya mendekati lokasi penjemputan. Masker dan penutup kepala akan diberikan secara cuma-cuma untuk melindungi penumpang dari polusi.
GoJek Indonesia didirikan pada 2011 sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk GoJek.
Gojek, Mobile Apps Gojek, Gojek Indonesia, Ojek
Kecanduan pesan GoJek
Irwansyah, salah seorang pengendara ojek yang bergabung dengan GoJek mengakui pendapatannya dari menarik ojek menjadi lebih baik. Dirinya pun bisa mengatur waktu kapan hendak menarik ojek dan beristirahat. Tak perlu berkeliling atau duduk lama-lama di satu pangkalan menunggu calon penumpang, dirinya bahkan lebih banyak di rumah mengerjakan pekerjaan yang lain dan baru keluar ketika ada orderan yang berada dalam jangkauannya. Di samping itu, mereka pun tetap bisa mengambil penumpang yang memerlukan jasa ojek yang tak memesan lewat GoJek.
Bagi warga Jakarta yang tak mau repot dengan ruwetnya lalu lintas dapat beraktifitas di luar rumah menggunakan jasa angkutan GoJek. Pula bagi yang tak ingin meninggalkan rumah atau kantor dan mendadak memerlukan beberapa barang kebutuhan rumah tangga/kantor, atau ingin memesan makanan dari tempat makan favorit atau mau beli tiket nonton tapi nggak ada waktu; bisa memanfaatkan jasa belanja dan menitipkan daftar belanja kepada pengemudi ojek. Untuk berbelanja maksimun nilai belanja yang bisa ditalangi oleh pengemudi ojek sebesar 1 juta rupiah.
GoJek, Ojek Jakarta
GoJek, cara menghindari macet dan menghemat waktu
An ojek revolution is here! Melalui GoJek Mobile App, satu terobosan layanan jasa angkutan serbaguna diperkenalkan kepada publik. Mau ‘ngojek tanpa perlu tarik urat tawar menawar tarif dengan tukang ojek yang suka main getok ongkos ojek hingga bikin hati jadi mangkel? Unduh dan aktifkan GoJek Mobile App di gawaimu sekarang! saleum [oli3ve].
*****
Mau mencoba keunggulan jasa GoJek? Silakan unduh dulu aplikasi mobile GoJek Indonesia dari App Store untuk iOS atau Google Play untuk Android. Setelah registrasi, masukkan referral code saya 527876649 untuk mendapatkan credit voucher Rp 50,000 yang akan ditambahkan ke dompet GoJekmu setelah melakukan pemesanan GoJek pertama kali. GoJek yuk ;)

Bayar Go-Jek ke Mana Saja Cuma Rp 10 Ribu

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150610044020-185-58930/bayar-go-jek-ke-mana-saja-cuma-rp-10-ribu/

Bayar Go-Jek ke Mana Saja Cuma Rp 10 Ribu

Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan ojek motor berbasis aplikasi, Go-Jek, memberikan sesuatu yang istimewa menjelang Bulan Ramadan. Sebab dalam rangka promo di bulan suci bagi umat Islam tersebut, semua tujuan dan layanan hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Program yang diberi nama 'Ceban Jelang Ramadan' bertujuan memastikan 10.000 pengemudi Go-Jek di seluruh Indonesia dapat mengumpulkan uang untuk merasakan dan merayakan indahnya bulan Ramadan.

Program tarif datar Rp 10.000 ini berlaku untuk seluruh layanan Go-Jek yaitu Instant Courier, Shopping, Transport dan Go-Food.

Setiap kali pelanggan Go-Jek menggunakan layanan ini dan membayar Rp. 10.000, baik di Jakarta, Bandung, atau Bali, pengelola Go-Jek akan mensubsidi sisa tarif yang seharusnya dibayarkan.

Setiap kali pelanggan Go-Jek melakukan ini, setiap saat itu pula pelanggan membantu ribuan pengemudi Go-Jek mengumpulkan uang untuk merayakan Idul Fitri.

"Ini adalah upaya kami mengapresiasi keluarga besar Go-Jek Indonesia yang telah bekerja keras tanpa lelah melayani konsumen dan menjadikan Go-Jek aplikasi nomor satu di Indonesia," kata CEO Go-Jek Nadiem Makarim, melalui keterangan resminya.

Namun yang menjadi perhatian, program ini tidak berlaku ketika lalu lintas kota Jakarta sangat sibuk, yaitu pukul 16.00-19.00 WIB hari Senin sampai Jumat, dan jarak maksimal pemesanan untuk semua layanan adalah 25 kilo meter. 

Betulkah GoJek Lebih Unggul dari Tukang Ojek Lokal?

http://www.duniaku.net/2015/06/14/konflik-gojek/


gojek-2
GoJek menjadi salah satu kata atau topik yang bermunculan di berbagai media akhir-akhir ini. Bukannya pembahasan mengenai keunggulan dari layanan ojek unik ini. Tetapi, yang lebih mengemuka saat ini adalah adanya konflik antara pengemudi yang bergabung dengan GoJek dengan tukang ojek lokal.

Kisruh Antar GoJek vs Tukang Ojek

Salah satu hal yang menjadi masalah dan faktor terjadinya friksi antara pengemudi GoJek dengan tukang ojek lokal adalah wilayah operasi mereka. Tukang ojek merasa dengan adanya GoJek, lahan untuk beroperasi mereka menjadi berkurang. Yang mengenaskan, konflik ini sudah mengarah pada ancaman maupun serangan secara fisik.
Menurut CEO Gojek, Nadiem Makarim, pegawainya sudah banyak mendapatkan ancaman dari tukang ojek. Hal ini disikapi dengan memberikan pesan untuk para pegawainya agar waspada di daerah-daerah tertentu. Bahkan ada kisah dari seorang konsumen yang sudah memesan layanan GoJek, yang mengalami konflik ini. Saat pengemudi GoJek tiba di tempatnya menunggu, tukang ojek lokal mengusirnya bahkan mengancam mereka untuk pergi dari tempat tersebut.
Sebenarnya, masalah antara tukang ojek dan GoJek tidak perlu terjadi, bila dilakukan sosialisasi dan edukasi yang lebih gencar lagi pada tukang ojek lokal. Bahkan, ada beberapa kasus dimana tukang ojek yang diberikan penjelasan mengenai keuntungan dari GoJek memilih untuk bergabung dengan layanan ini.
gojek-1

Apa Keunggulan GoJek?

GoJek dipandang para tukang ojek lokal sebagai ancaman karena memang layanan ini menawarkan layanan yang lebih baik dari tukang ojek biasa.
Terdapat tiga layanan yang disediakan oleh GoJek: Yang pertama adalah jasa Instant Courier yaitu jasa pengantaran barang. Lalu ada pula jasa Shopping, jadi pelanggan dapat meminta tukang ojek berbelanja. Dan, yang terakhir adalah jasa standar dari GoJek, yaitu transport atau jasa mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan mereka. Semua layanan ini dapat diakses dan dipesan melalui aplikasi dari smartphone pelanggan. Di sinilah kemudahan yang diberikan GoJek kepada pelanggannya.
Melalui aplikasi pemesanan ini, pelanggan dapat menentukan tempat penjemputan dan tempat pengantaran, dan akan tampil tarif yang perlu dibayar pelanggan untuk layanan ini. Tarif yang ditetapkan juga tidak terlalu berbeda dengan tarif ojek pada umumnya. Dengan ditampilkannya tarif langsung saat memesan, maka pelanggan akan lebih mudah dan tahu berapa biaya yang harus disiapkan. Berbeda dengan tukang ojek, dimana mereka sering memasang tarif yang terlalu tinggi dan harus ditawar beberapa lama baru dapat turun. Hal ini jelas memakan waktu dan biaya.
gojek-3
Ada pula fitur paling menarik yang dapat digunakan pada layanan ini. Anda dapat mengisi saldo pada akun aplikasi GoJek. Saldo ini akan digunakan untuk membayar layanan GoJek yang Anda pesan. Jumlah uang yang dapat Anda isi maksimal adalah Rp. 1 juta. Fitur ini mempermudah pembayaran. Misalnya, Anda ingin memesan layanan Shopping (berbelanja) maka barang belanjaan Anda akan diantar sampai rumah dan Anda tidak perlu membayarnya, karena sudah dipotong dari saldo yang Anda isi pada layanan ini. Bila Anda ingin mengisi kembali saldo yang sudah berkurang, maka Anda dapat melakukannya via ATM.
Pelanggan juga dapat memberikan review atau rating mengenai layanan yang diberikan pengemudi GoJek melalui aplikasi ini, yang nantinya informasi ini akan dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Aplikasi ini juga dapat di-download secara gratis. Artinya, pelanggan mendapatkan lebih banyak kemudahan saat menggunakan layanan GoJek.

Tidak ada komentar: