Sabtu, 04 Juli 2015

Cara Pandai Berbicara

http://id.wikihow.com/Pandai-Berbicara

Pandai berbicara memberikan kesan pendidikan baik serta pikiran terpelajar pada seseorang; itu akan membuat orang lebih mendengarkan Anda dan menghargai kecerdasan Anda. Tak peduli Anda memberikan presentasi atau berusaha mengatakan cerita lucu pada teman Anda, jika Anda berusaha berpikir sebelum berbicara dan lebih jelas serta ringkas setiap waktu, Anda akan menjadi orang yang paling pandai berbicara di dalam ruangan dalam sekejap saja.

Metode 1 dari 3: Terdengar Lebih Cerdas

  1. Be Articulate Step 1 Version 3.jpg
    1
    Ketahui subjek Anda. Bicarakan hal yang bisa Anda berikan kejelasan pada orang lain atau membantu menambah dalam diskusi. Berbicara dari keinginan hanya ingin menambah atau hanya ingin didengat, tidak akan menambah tingkat kepandaian berbicara Anda yang terlihat. Biarkan orang lain membicarakan hal keahlian mereka dan tambahkan dalam diskusi itu melalui pertanyaan jelas. Lakukan penelitian Anda dan ketahui perspektif alternatif namun mau berhenti berbagi saat diluar pengetahuan Anda.
    • Jika Anda tidak begitu mengetahui subjek Anda namun harus membicarakannya, penelitian tambahan akan membantu Anda terdengar seperti mengetahuinya.


  1. Be Articulate Step 2 Version 3.jpg
    2
    Berpikir sebelum berbicara. Ini membantu mengeliminasi jeda waktu verbal dan bisa mencegah Anda mengatakan sesuatu yang tidak masuk akal. Tidak apa-apa jika ini memperlambat Anda sedikit. Bahkan, berhenti sebentar sebelum memberikan jawaban nyata akan membuat Anda terlihat lebih bijaksana dan cerdas dibandingkan seseorang yang hanya mengatakan serangkaian frasa tidak masuk akal saat ada pertanyaan yang keluar.
    • Jika seseorang memberikan pertanyaan dan Anda ingin memikirkannya, jangan takut mengatakan, "Kembalilah setelah satu menit. Saya perlu berpikir." Anda akan terdengar lebih siap setelah memiliki waktu untuk berpikir.
  2. Be Articulate Step 3 Version 3.jpg
    3
    Perluas kosakata Anda. Menggunakan variasi kata yang berarti hal sama membuat pembicaraan Anda lebih menarik dan berwarna. Jika Anda tidak mengerti kata yang Anda baca, lihat kamus atau thesaurus. Cara termudah untuk memperluas kosakata Anda adalah membaca, membaca, membaca. Mengetahui sinonim untuk perkataan bisa membantu, namun pastikan Anda menggunakannya dengan benar bukan hanya menggunakan kata yang pernah Anda lihat di kamus pertama kalinya.
    • Anda bisa membuat flashcard kosakata dan menguji diri sendiri. Buat tujuan mempelajari 10 kata baru tiap minggu.
  3. Be Articulate Step 4 Version 3.jpg
    4
    Gunakan kata asli. Hindari kata bahasa gaul dan singkatan. Dari pada hi, gunakan hello, dari pada yeah, gunakan yes. Jangan pernah menggunakan huh, uh-huh kecuali dalam konteks cerita atau kejadian...jika Anda memberikan presentasi formal maupun semi formal, sangat penting menggunakan kata intellijen dan penuh. Hindari terlalu banyak singkatan dan berbicara dengan kalimat lengkap sebanyak mungkin, kecuali Anda tidak melakukannya untuk efek.
  4. Be Articulate Step 5 Version 3.jpg
    5
    Gunakan tata bahasa yang benar. Pelajari penggunaan benar dari kata berikut: I, me, him, his, he, no, not. Kata ini biasanya digunakan dengan tidak tepat dalam kasus seperti negatif ganda dan saat mendaftarkan orang. Saat mengulangi fakta yang sudah Anda nyatakan, selalu katakan "as I said", jangan pernah, "like I said". Berikut beberapa trik untuk diketahui:
    • Anda seharusnya mengatakan, "He and I were discussing…" bukannya "Him and I were discussing…"
    • Anda seharsunya mengatakan, "You can give your report to her or me," bukannya "You can give your report to her or I."
    • Anda seharusnya mengatakan, "Such as…" bukannya "like…"
  5. Be Articulate Step 6 Version 3.jpg
    6
    Pancarkan kepercayaan diri. Jika Anda ingin terdengar pandai berbicara dan cerdas, Anda harus terlihat percaya diri saat menyampaikan pesan Anda. Buat kontak mata dengan penonton, buat diri Anda terdengar seperti Anda benar-benar bermaksud apa yang Anda katakan, dan bicara cukup keras agar orang dapat mendengar Anda. Jika Anda terlihat nyaman dengan pesan Anda dan seperti Anda percaya dengan kata-kata Anda, bukannya meragukan diri Anda, orang lebih berkemungkinan mempercayainya juga.
    • Buat kalimat Anda terdengar tegas dan mutlak. Jangan mengakhiri kalimat Anda dengan pertanyaan atau menaikkan nada suara sedikit, atau Anda akan terdengar seperti selalu meminta afirmasi.
  6. Be Articulate Step 7 Version 3.jpg
    7
    Perbaiki postur Anda. Postur Anda sangat membantu dalam membuat Anda terdengar lebih cerdas. Berdiri tegak dan hindari membungkuk dalam keadaan apapun, tak peduli Anda berdiri, berjalan, atau duduk. Jangan menyilangkan tangan di dada; biarkan di sisi Anda dan gunakan untuk memberi isyarat. Panjangkan leher Anda sedikit. Berdiri tegak akan membuat perkataan Anda terdengar lebih kuat dan membuat orang lebih percaya bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.
  7. Be Articulate Step 8 Version 3.jpg
    8
    Lakukan persiapan -- sebanyak mungkin. Jika Anda ingin terdengar pintar, Anda tidak bisa hanya mengeluarkan ide terbaru pada sekumpulan teman dekat tanpa memikirkan cara merangkainya terlebih dahulu. Apa yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan apa yang akan Anda katakan, tak peduli Anda memberikan presentasi kelas atau berbicara dengan teman wanikita Anda mengenai masalah hubungan. Latih apa yang akan Anda katakan sebanyak mungkin agar Anda nyaman dalam mengatakan apa yang harus Anda katakan.
    • Sangat penting untuk berlatih, namun penting juga apa yang Anda katakan terdengar alamiah. Oleh karena itu, Anda seharusnya mengetahui materi dengan cukup baik sehingga bisa mengubahnya jika perlu.


Metode 2 dari 3: Bertutur Kata Lebih Baik

  1. Be Articulate Step 9 Version 2.jpg
    1
    Berbicaralah dengan lebih ringkas. Mengatakan lebih banyak dengan mengatakan lebih sedikit bisa membuat beberapa orang menutup mulut atau berhenti mendengarkan. Tambahkan konten pada diskusi yang sesingkat mungkin tanpa menjadi tidak jelas. Katakan maksud Anda di awal dan orang akan tahu apa yang berusaha Anda jelaskan.
    • Jika Anda harus memberi pidato dan ada batas waktu, jangan mengatakan tiga puluh pikiran dalam pikiran Anda. Pilih tiga ide terpenting, dan jelaskan yang itu.
  2. Be Articulate Step 10 Version 2.jpg
    2
    Eliminasi jeda verbal. Kata seperti um, a, like, dll... merendahkan dan memperkecil apa yang Anda katakan. Kata tersebut mengganggu aliran kalimat dan membuatnya terputus. Jeda nonverbal lebih baik. Saat mencari kata-kata, jeda nonverbal, diletakkan dengan baik, memberikan pendengar efek pikiran dramatis atau dipelajari. Ini mengkonfirmasi kontrol Anda pada apa yang dikatakan.
    • Berbicara lebih lambat, mengeliminasi gangguan, dan membuat kontak mata juga akan membantu Anda bertahan pada pesan Anda.
  3. Be Articulate Step 11 Version 2.jpg
    3
    Berbicara lebih lambat. Cara lain untuk berbicara lebih jelas adalah berbicara lebih lambat. Anda mungkin merasa bahwa jika Anda terburu-buru dan mengatakan semua yang ingin Anda katakan, Anda bisa menyelesaikannya dan membuat orang melihat maksud Anda lebih jelas. Namun, jika Anda mengambil waktu untuk memperlambat, berpikir mengenai apa yang ingin Anda katakan, dan mengucapkan kata Anda dengan cara yang tidak akan membuat Anda bergumam atau membingungkan penonton Anda, tutur kata Anda sebenarnya akan lebih baik.
    • Anda tidak harus berbicara...sangat...perlahan...sehingga Anda merasa memberikan jeda di antara tiap kata, namun mengambil jeda di antara kalimaat untuk memberi diri Anda waktu mempersiapkan kalimat berikutnya bisa dilakukan.
    • Jika Anda berbicara terlalu cepat, ada kecempatan bahwa Anda akan mengatakan sesuatu yang akan Anda sesali atau sama sekali tidak masuk akal, dan Anda harus kembali membuat penonton mengerti apa sebenarnya maksud Anda; Anda bisa menghindari itu dengan berbicara lebih lambat.
  4. Be Articulate Step 12 Version 2.jpg
    4
    Gunakan tangan Anda. Jika Anda meletakkan tangan di kantung, Anda lebih berkemungkinan tergagap, melupakan apa yang ingin Anda katakan, atau membingungkan penonton Anda. Ini karena menggunakan tangan untuk berisyarat bisa membantu Anda menjelaskan maksud Anda dan memasukkan seluruh tubuh dalam proses berbicara. Komunikasi tidak hanya datang dari mulut, namun dari postur Anda, kontak mata Anda, isyarat, Anda, dan bahasa tubuh Anda -- ini bagian dari satu paket. Jadi kali berikutnya Anda berbicara, keluarkan tangan itu dari kantung. Walaupun Anda tidak banyak menggunakannya untuk isyarat, Anda akan merasa lebih nyaman jika Anda menggunakan isyarat sedikit.
    • Meletakkan tangan di kantung juga akan membuat Anda terlihat kurang percaya diri, yang akan membuat pesan Anda terlihat lebih lemah.
  5. Be Articulate Step 13 Version 2.jpg
    5
    Batasi gangguan. Cara lain untuk bertutur kata baik adalah benar-benar fokus pada pesan Anda. Anda mungkin mengatakan "um" atau "uh" atau melupakkan jalan pikiran Anda tiap beberapa kalimat karena telepon genggam Anda sering bergetar, karena Anda sudah terlambat, atau karena Anda mengkhawatirkan suatu rapat yang akan Anda hadiri nanti. Jadi, tetap fokus pada momen itu dan pada apa yang Anda katakan "saat Anda mengatakannya" sebanyak mungkin.
    • Jika Anda fokus hanya pada pesan Anda, Anda akan mampu mengirimnya lebih jelas, dan penonton Anda akan lebih memperhatikan, juga.

Metode 3 dari 3: Melangkah Lebih Jauh Lagi

  1. Be Articulate Step 14 Version 2.jpg
    1
    Perluas dasar pengetahuan Anda. Jika Anda ingin berusaha sepanjang hidup menjadi orang yang pandai berbicara, Anda harus memiliki hidup yang lebih terpelajar. Baca fiksi kontemporer dan klasik untuk masuk ke dalam dunia sastra. Baca non-fiksi dan koran agar mengetahui berita terbaru. Tonton berita agar memiliki pengetahuan mengenai apa yang sedang terjadi di dunia, dan bagaimana ekspresi isu terpenting. Bicara dengan orang cerdas lainnya dan buat kebiasaan berkomunikasi secara bijaksana.
    • Memang, membaca satu buku ekstra tiap bulan atau membaca koran memang tidak langsung membuat Anda lebih pandai berbicara kali berikutnya Anda memiliki pembicaraan, namun Anda akan mampu melihatnya mempengaruhi cara berbicara dan kemampuan kognitif Anda dalam jangka waktu lama.
  2. Be Articulate Step 15 Version 2.jpg
    2
    Kenali penonton Anda. Cara lain untuk lebih pandai berbicara adalah mengetahui siapa kumpulan orang yang mendengarkan Anda berbicara. Jika Anda memberikan presentasi mengenai penyair kepada sekumpulan pelajar sastra, Anda bisa berasumsi bahwa mereka mengerti kosakata dan konsep yang Anda gunakan; namun jika Anda mengajarkan sekumpulan murid kelas 5 cara menulis puisi sendiri, berarti kata yang Anda gunakan, dan tingkat penjelasan yang Anda berikan, harus sangat berbeda bergantung pada siapa teman bicara Anda.
    • Menjadi seorang jenius tidak akan membantu Anda saat berbicara dengan sekumpulan anak berumur 9 tahun; untuk bisa pandai berbicara, Anda harus menyesuaikan perkataan dan pembicaraan Anda dengan penonton kapanpun diperlukan.
  3. Be Articulate Step 16 Version 2.jpg
    3
    Bercerita. Jika Anda bercerita, Anda lebih berkemungkinan menghilangkan semua pengisi verbal atau keraguan, karena Anda akan mengetahui dengan baik dan mampu bergerak lebih lancar dari satu kalimat ke kalimat berikutnya. Jika Anda memiliki cerita yang mengilustrasi maksud Anda dengan sangat baik, Anda akan terdengat lebih bersemangat dan pandai berbicara karena Anda akan berbicara dari tempat yang membuat Anda nyaman.
    • Berlatih cerita di awal, pastinya, bisa membantu Anda menyempurnakannya, walalupun Anda berpikir Anda mengetahuinya cukup baik.
  4. Be Articulate Step 17 Version 2.jpg
    4
    Dapatkan inspirasi dari pidato dan pembicara terkenal. Telusuri YouTube atau sumber online lainnya dan tonton beberapa pembicara hebat, seperti Martin Luther King atau Steve Jobs, dan lihat apakah Anda bisa mempelajari sesuatu dari mereka. Anda juga bisa membaca beberapa pidato hebat, seperti "The Gettysburg Address," untuk melihat apakah Anda bisa belajar cara mengesankan dan menginspirasi orang lain. Anda juga bisa menonton pembicara menginspirasi di berita yang bertutur kata baik dan bijaksana, dan lihat apa yang bisa Anda pelajari dari mereka.
    • Tulis sebuah catatan saat Anda menonton atau membaca. Anda akan melihat bahwa Anda bisa mempelajari banyak mengenai cara pandai berbicara dengan menonton orang lain yang bertutur kata baik.
  5. Be Articulate Step 18 Version 2.jpg
    5
    Buat konten Anda lebih menarik lagi. Cara lain untuk mengesankan banyak orang atau rekan kerja dan mengirim pesan Anda adalah memastikan pesan Anda layak didengarkan. Walalupun menceritakan sesuatu yang menakjubkan dan menginspirasi mengenai saat Anda menyelesaikan maraton dengan pergelangan kaki terkilir mungkin tidak dinyatakan dengan sempurna, jika Anda membuat cerita itu cukup menarik, orang akan mampu mengacuhkan saat Anda berjeda, tergagap. atau menggunakan pengisi verbal. Jadi, kali berikutnya Anda gugup berbicara dengan orang lain, jangan hanya fokus pada bagaimana Anda menyatakan pesannya -- fokus pada membuat pesan itu sendiri semenarik mungkin.
    • Untuk membuat konten Anda lebih menarik, Anda bisa tidak hanya mengurangi bertele-tele, namun Anda juga bisa menentukan apa hal paling menawan yang bisa Anda katakan pada penonton.
  6. Be Articulate Step 19 Version 2.jpg
    6
    Bergabung dalam klub pidato. Ini akan mempertemukan Anda dengan orang yang berpikiran sama dan akan menyediakan waktu dan tempat yang Anda perlukan untuk berpidato, menawan penonton, dan belajar lebih pandai berbicara. Jika Anda merasa malu atau takut berbicara di depan penonton, ini akan memberikan dorongan yang Anda perlukan untuk menjadi orang yang lebih percaya diri dan pandai berbicara.[1]


Tips

  • Selalu ketahui kejadian terbaru dan juga sejarak. Ini tidak wajib, namun membantu dalam pembicaraan intelijen. Apa gunanya kemampuan berbicara Anda jika tidak ada yang bisa Anda bicarakan?
  • Pilih kata dari kamus dan gunakan sebanyak mungkin dalam satu hari.
  • Jika Anda tidak mampu melakukan apapun yang berhubungan dengan pandai berbicara seperti, tidak bisa mengeliminasi jeda verbal, tidak bisa berpikir sebelum Anda berbicara, memiliki kosakata lemah, tidak bisa berbicara tanpa bahasa gaul atau vulgar dll. Jangan putus asa! Cukup dengan membaca keras tulisan profesional apapun seperti buku, koran, atau artikel Anda bisa langsung menguasai semua kualitas yang disebutkan sebelumnya yang harus dimiliki oleh orang yang pandai berbicara!
    • Namun, kunci dalam menjadi orang yang pandai berbicara adalah mencari kata dan pengucapan tepat untuk yang tidak Anda kenali, dan memperhalus pengucapan Anda dengan lebih sering membaca keras. Sama seperti olahraga fisik Anda akan merasakan suara Anda mendapatkan kekuatan dan melalui latihan otak Anda akan terbiasa pandai berbicara. Melatih suara Anda bisa sama asyiknya dengan seniman yang mengembangkan dan mengasah gaya untik, namun pengetahuan dan konsistensi merupakan raja. Dengan membaca keras Anda akan menguatkan suara serta mendapatkan pengetahuan di saat bersamaan! Ada panutan bagus, namun akhirnya Anda harus berusaha! Tak peduli melalui pembicaraan atau membaca keras, berlatih.
  • Ketahui perbedaan antara pandai berbicara dan hanya berusaha terdengar berpendidikan. Menggunakan kata besar = berpendidikan. Menggunakan kata yang dimengerti semua orang = pandai berbicara. Menambahkan statistik yang tidak berhubungan = berpendidikan. Mengetahui detil kecil posisi Anda = pandai berbicara,
  • Jika Anda kesulitan berhenti mengatakan 'um' dll dengan keras, cobalah memikirkan kata itu saja.
  • Kelilingi diri Anda dengan orang yang membuat Anda nyaman. Anda akan menyadari bahwa akan lebih mudah untuk pandai berbicara.


Peringatan

  • Hindari bertele-tele. Jika Anda tidak memiliki apapun untuk dikatakan, duduk! Tidak ada orang yang pernah mengeluh mengenai rapat yang selesai awal.
  • Hindari kata-kata kotor. Bahasa kasar tidak pernah meninggikan pendapat siapapun mengenai Anda, kecuali mereka lelaki remaja.

Tidak ada komentar: