Senin, 06 Juli 2015

mengenal lebih dekat negara Yunani dan Honduras

https://hasanusria.wordpress.com/2015/06/23/mengenal-lebih-dekat-negara-honduras/

MAKALAH GEOGRAFI BENUA DAN SAMUDERA
MENGENAL NEGARA YUNANI DAN HONDURAS
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Geografi Benua dan Samudera
Dosen pengampu : Sodikin, M. Si
Disusun oleh :
Usriatun Hasanah (1113015000068)
Kelas: 4B/Sosiologi
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2015
Kata Pengantar
Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang pantas saya ucapkan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan-Nya maka saya dapat menyelesaikan sebuah makalah Geografi Benua dan Samudera dengan judul “Mengenal Negara Yunani dan Honduras”.
Makalah ini dibuat berdasarkan sumber-sumber yang ada dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan sebuah karya yang dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang telah membantu dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.
Saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Terima kasih dan semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi kita semua.
Ciputat, 31 Maret 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR__1
DAFTAR ISI__2
BAB I PENDAHULUAN__4
1.1. Latar Belakang__4
1.2. Rumusan Masalah__ 4
1.3. Tujuan Penulisan__5
BAB II PEMBAHASAN__6
2.1. Deskripsi dan analisis Negara Yunani__6
A. Sejarah berdirinya Negara Yunani__6
B. Kondisi geografis Negara Yunani__8
C. Kondisi kependudukan Negara Yunani__11
D. Kondisi perekonomian Negara Yunani__12
E. Kegiatan pariwisata Negara Yunani__14
2.2. Deskripsi dan analisis Negara Honduras__18
A. Sejarah berdirinya Negara Honduras__18
B. Kondisi geografis Negara Honduras__18
C. Kondisi kependudukan Negara Honduras__20
D. Kondisi perekonomian Negara Honduras__22
E. Kegiatan pariwisata Negara Honduras__23
BAB III PENUTUP__24
3.1. Simpulan dan saran__24
DAFTAR PUSTAKA__26
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Di semester empat jurusan pendidikan IPS ini, mahasiswa kembali memdapat mata kuliah geografi. Geografi disini lebih spesifik pembahasannya mengenai dunia. Seperti yang kita tahu ada berbagai Negara di dunia, dan dari berbagai macam Negara tersebut tidak semuanya kita tahu bahkan mungkin asing bagi kita. Melalui mata kuliah geografi benua dan samudera inilah kita diberi kesempatan untuk mengenal Negara-negara di dunia beserta karakteristiknya.
Dari beratus Negara yang ada, dalam makalah ini kita akan diperkenalkan dengan dua Negara yang cukup sering kita dengar namanya. Negara tersebut yaitu Negara Yunani dan Honduras.
Maka melalui makalah ini akan dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan Negara Yunani dan Honduras beserta seluk-beluknya, bukan hanya dari segi geografis namun juga mencakup sejarah berdirinya hingga potensi wisata yang ada di kedua Negara tersebut.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :
1.2.1 Bagaimana sejarah berdirinya Negara Yunani dan Honduras?
1.2.2 Bagaimana kondisi geografis Negara Yunani dan Honduras?
1.2.2 Bagaimana kondisi kependudukan Negara Yunani dan Honduras?
1.2.3 Bagaimana kondisi perekonomian Negara Yunani dan Honduras?
1.2.4 Bagaimana kegiatan pariwisata di Negara Yunani dan Honduras?
1.3. Tujuan penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, makalah ini bertujuan sebagai berikut :
1.3.1 Untuk mengetahui sejarah berdirinya Negara Yunani dan Honduras
1.3.2 Untuk mengetahui kondisi geografis Negara Yunani dan Honduras
1.3.3. Untuk mengetahui kondisi kependudukan Negara Yunani dan Honduras
1.3.4 Untuk mengetahui kondisi perekonomian Negara Yunani dan Honduras
1.3.5 Untuk mengetahui kegiatan pariwisata di Negara Yunani dan Honduras
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Deskripsi dan analisis Negara Yunani
Yunani (bahasa Yunani modern: Ελλάδα [Elláda], historis: Ελλάς [Ellás]; bahasa Inggris: Greece), secara resmi bernama Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia; bahasa Indonesia: Republik Yunani), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan/tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah (Mediterania).
A. Sejarah berdirinya Negara Yunani
Daerah sekitar Attica dihuni sejak zaman Upper Paleolithic (30.000–10.000 SM), tetapi bukti arkeologi hanya dapat menunjukkan bahwa gua-gua kecil di sekitar “Acropolis of Athens” dan mata air “Klepsythra” digunakan dalam masa Neolithic (3000–2800 SM).
Di daerah Yunani inilah kebudayaan Eropa pertama kali muncul, dimulai dengan peradaban “Cycladic” di kepulauan Laut Aegea sekitar 3000 SM, peradaban “Minoan” di pulau Kreta (2700–1500 SM) dan peradaban “Mycenaean Greece” di tanah utama (1900–1100 SM). Periode antara 1200 dan 800 SM dikenal sebagai “Greek Dark Ages” diperkirakan setelah serangan orang Doria, yang mengakhiri zaman Mycenea. Dua karya sastra Yunani terkenal, Illiad dan Odyssey karya Homer, ditulis dalam zaman ini. Parthenon di Acropolis of Athens sebagai lambang Yunani klasik. Detil “Alexander Mosaic”, menggambarkan Aleksander Agung menunggangi kudanya, Bucephalus.
Di akhir zaman kegelapan Yunani, muncul berbagai negara dan kota-negara di seluruh peninsula Yunani sampai ke pantai Laut Hitam, Magna Grecia (Italia Selatan) dan Anatolia (Asia Kecil/Asia Minor), mencapai tingkat kemakmuran yang tinggi dengan perkembangan budaya yang pesat, seperti bukti-bukti peninggalan arsitektur, drama, ilmu dan filsafat, yang dipelihara dalam lingkungan demokrasi. Namun, karena bukan suatu kesatuan, sering terjadi konflik antara negara-negara kecil di Yunani. Yang paling parah adalah Perang Peloponnesia, karena menandai hancurnya Kerajaan Atena sebagai penguasa penting di Yunani. Pada tahun 500 SM, Kekaisaran Persia (Achaemenid Empire) menguasai wilayah ini.
Aleksander Agung
Kerajaan Aleksander Agung membentang mulai dari Yunani di sebelah barat sampai ke Pakistan di sebelah timur dan Mesir di selatan, sebelum mati mendadak pada tahun 323 SM. Setelah kematiannya, kerajaan itu terpecah menjadi sejumlah negara kecil, yang akhirnya menjadi 4 negara terkemuka:
1. Kerajaan Ptolemaik di Mesir (selatan)
2. Kekaisaran Seleukia di Persia (timur)
3. Kerajaan Pergamon di Asia Kecil (utara)
4. Kerajaan Makedonia di Yunani (barat).
Kekaisaran Byzantine
Kekaisaran Byzantine berlangsung lebih dari 1000 tahun, mulai abad ke-4 M sampai tahun 1453. Selama berdirinya, merupakan satu kekuatan penting di bidang ekonomi, budaya dan militer di Eropa. Peninsula Yunani menjadi bagian Kekaisaran Byzantine hampir sepanjang berdirinya.
Kekaisaran Ottoman
Kekaisaran Ottoman mulai menjamah wilayah Yunani di akhir abad ke-14. Pada waktu Istanbul (Konstatinopel) jatuh pada tahun 1453, banyak wilayah Kekaisaran Byzantine, termasuk kota kedua terbesarnya (yang sekarang menjadi kota kedua terbesar di Yunani modern), Thessaloniki, sudah direbut oleh kerajaan Ottoman. Pada tahun 1500-an sebagian besar Yunani ada di bawah kekuasaan Ottoman, termasuk Siprus (direbut tahun 1571) dan Kreta (direbut tahun 1670). Bagian yang tidak dikuasai Ottoman adalah kepulauan Ionia, yang tetap merdeka di bawah perlindungan Republic of Venice sampai direbut oleh First French Republic pada tahun 1797, dan Britania Raya pada tahun 1809, serta dikembalikan bersatu dengan Yunani pada tahun 1864. Setelah negosiasi bertahun-tahun, First Hellenic Republic akhirnya diakui di bawah London Protocol in 1830.
Di sebagian besar sejarah modernnya, Yunani adalah monarki atau kerajaan. Raja terakhir diasingkan menyusul kudeta militer pemerintah pada tahun 1967. Monarki dihapuskan pada tahun 1973. Ketika pemerintahan sipil dikembalikan pada tahun 1974, orang Yunani menolak kembalinya raja dalam sebuah referendum rakyat. Sebuah republik secara resmi didirikan di bawah konstitusi baru, yang mulai berlaku pada tahun 1975.
300 anggota legislatif satu rumah Yunani, Parlemen (Vouli ton Ellinon), dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Parlemen memilih presiden, yang merupakan kepala negara, untuk jangka waktu 5 tahun. Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintahan. Perdana menteri biasanya adalah pemimpin partai politik yang memenangkan mayoritas (lebih dari setengah) dari kursi di parlemen dalam pemilu.
B. Kondisi geografis Negara Yunani
Batas wilayah
• Utara berbatasan dengan Albania, Bulgaria dan Republik Makedonia (Republik Makedonia bekas Yugoslavia)
• Timur berbatasan dengan Turki dan Laut Aegea
• Selatan: Laut Tengah (Mediterranean)
• Barat: Laut Ionia
Bentang Alam
Yunani terletak di semenanjung kasar di sudut tenggara Eropa. Negara ini menempati daratan di pantai utara dari Laut Aegea dan bagian selatan Semenanjung Balkan, antara Laut Aegea dan Laut Ionia. Teluk dalam memberikan Yunani garis pantai yang panjang bergerigi. Empat tetangga Yunani adalah Albania, Makedonia, Bulgaria, dan Turki.
Ujung selatan daratan Yunani adalah semenanjung luas yang disebut Peloponnese. Teluk Corinth dan perairan lainnya masuk begitu dalam sehingga hampir memotong Peloponnese menjadi sebuah pulau terpisah.
Yunani adalah negara yang penuh pegunungan, semenanjung, dan pulau-pulau. Negara ini dapat dibagi menjadi sepuluh wilayah geografis: Thrace dan Macedonia di utara; Epirus dan Thessaly di bagian tengah utara negara itu; Yunani Tengah dan Pulau Euboea di daerah pertengahan; Peloponnese di selatan; Kepulauan Ionian di barat; Kepulauan Aegean di tenggara; dan Kreta, pulau paling selatan Yunani.
Pegunungan Pindus yang terjal membentuk tulang punggung daratan. Pegunungan ini memisahkan Epirus dan Thessaly dan memiliki beberapa puncak dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter. Gunung lain membentang ke arah timur bersama dengan lembah di antaranya. Dataran subur terletak di dasar Pegunungan Rhodope di Thrace dan Macedonia timur. Pegunungan Olympus membentang di antara Makedonia dan Thessaly, dan memiliki Gunung Olympus, gunung tertinggi di negara itu, dengan ketinggian 2.917 meter. Orang Yunani kuno percaya bahwa itu adalah rumah dewa-dewa mereka.
Kepulauan
Hampir seperlima dari total luas Yunani terdiri atas pulau-pulau. Kreta merupakan yang terbesar di antara semuanya. Jumlah terbesar pulau memenuhi Laut Aegea. Mereka termasuk kelompok yang dikenal sebagai Sporades Utara, Cyclades, dan Dodecanese. Kelompok-kelompok ini meliputi pulau-pulau besar seperti Rhodes, Pátmos, Ikaria, Lesbos, Euboea, Sámos, Chios, Lemnos, Samothrace, dan Thásos. Kepulauan Ionian meliputi pulau-pulau Corfu, Leukas, dan Cephalonia.
Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir
Yunani dikelilingi di tiga sisi oleh tiga kelompok berbeda, yakni Laut Mediterania-Laut Ionia di barat; Laut Kreta di selatan; dan Laut Aegea di sebelah timur. Tidak ada bagian dari Yunani yang berjarak lebih dari 150 kilometer dari laut.
Tidak ada sungai besar bersumber di Yunani. Kebanyakan sungainya pendek dan deras. Sungai-sungai ini akan meluap di musim dingin dan mengering di musim panas. Hal ini dikarenakan Yunani memiliki sedikit curah hujan, dan hujan datang sekaligus di musim dingin. Sungai di dalam Yunani meliputi Aliakmon, Piniós, dan Achelous. Sungai-sungai permanen yang besar di utara Yunani bersumber di luar negeri. Di antaranya adalah sungai Vardar, Struma, dan Maritsa.
Dataran Yunani dulunya dihiasi oleh danau dan rawa-rawa. Sekarang sebagian besar telah dikeringkan untuk lahan pertanian. Danau yang cukup besar adalah Trichonis di Yunani tengah; Ioánnina dan Prespa di sepanjang perbatasan utara; dan Vegoritis dan Korónia di Makedonia.
Iklim
Yunani memiliki iklim Mediterania yang khas, dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang berhujan dan ringan. Secara umum, suhu menurun dari selatan ke utara, dan curah hujan berkurang dari barat ke timur. Kecuali untuk daerah pegunungan pedalaman, semua wilayah Yunani dekat dengan laut, yang berperan menjaga suhunya. Yunani Utara memiliki suhu yang lebih ekstrem karena pengaruh benua.
Januari biasanya adalah bulan terdingin, namun suhu di bawah titik beku hanya umum di pegunungan. Di dataran rendah, suhu rata-rata Januari sekitar 7 °C, dengan sesekali terjadi pembekuan. Salju langka di Yunani, kecuali di pegunungan. Tapi hujan musim dingin dapat membawa curah hujan 500 milimeter atau lebih ke dataran. Suhu di dataran rendah biasanya sekitar 27 °C selama bulan Juli. Kecuali beberapa badai, hampir tidak ada hujan turun selama musim panas.
Tanah
Yunani mempunyai garis pantai terpanjang ke-11 di dunia, sepanjang 13,676 km (8,498 mi), dengan banyak kepulauan (sekitar 1.400, di mana 227 dihuni), termasuk pulau Kreta (Crete), the Dodecanese, the Cyclades, dan kepulauan Ionia. Delapan puluh persen tanah Yunani terdiri dari pegunungan. Gunung tertinggi adalah Gunung Olympus 2.917 m (9.570 kaki).
C. Kondisi kependudukan Negara Yunani
Menurut sensus tahun 2001, Yunani memiliki populasi sebanyak 10.964.020 jiwa. 58,8% diantaranya tinggal di daerah perkotaan, sisanya sebesar 28,4% tinggal di pedesaan. Populasi di dua kota terbesar Yunani, Athena dan Tesaloniki, hampir mencapai 4 juta orang. Meskipun populasi Yunani terus berkembang, Yunani tetap saja masih menghadapi masalah demografis yang cukup serius. Tahun 2002 adalah tahun pertama di mana jumlah kematian lebih besar daripada jumlah kelahiran.
Jumlah imigran yang menetap di Yunani saat ini diperkirakan mencapai lebih dari satu juta jiwa. Sebanyak 65% datang dari Albania yang mengundang konflik karena perbatasan Yunani-Albania dibuka tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Yunani. Orang Albania seringkali dilecehkan dan dieksploitasi di Yunani. Belakangan ini mereka juga mendapat reputasi sebagai pembuat onar dan pelaku tindak kejahatan terbanyak. Akan tetapi, saat ini banyak orang Yunani yang mau mengakui kontribusi mereka kepada perekonomian negara. Selain dari Albania, ada sejumlah kecil imigran yang berasal dari Bulgaria, Serbia, Rumania, Pakistan, Ukraina, Belarusia, Polandia, Mesir, Palestina, Etiopia, Bangladesh, Tiongkok, dan Georgia. Jumlah pastinya tidak diketahui karena kebanyakan menetap secara ilegal.
Agama
Konstitusi Yunani menjamin kebebasan mutlak dalam beragama. Yunani juga menyatakan bahwa setiap orang yang tinggal di wilayah Yunani akan menikmati perlindungan penuh akan kepercayaan mereka. Walaupun demikian, tidak ada rumah ibadah non-Kristen yang dapat ditemukan di Athena karena pendirian tempat ibadah agama lain ditentang oleh kalangan Kristen fundamentalis. Sebagai tambahan, setiap aktivitas yang berhubungan dengan pembangunan rumah ibadah resmi harus disetujui terlebih dahulu oleh Gereja Ortodoks. Nyatanya, agama mayoritas di Yunani adalah Gereja Ortodoks Timur (94%).
Etimologi
Orang Yunani menyebut negara mereka Hellas, dan dalam lafaz modern disebut Ellas. Dalam bahasa sehari-hari bentuk Ellada dipakai. Nama Greece dalam bahasa Inggris dan bentuk-bentuk yang mirip dalam beberapa bahasa Eropa lainnya, diambil dari nama dalam bahasa Latin, Graecia, yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang terletak di sebelah utara Yunani, dan dihuni oleh orang Graekos. Dalam bahasa Indonesia juga dikenal istilah Gerika, terutama bahasa Gerika untuk menyebut bahasa Yunani, yang diturunkan dari kata tersebut.
Sedangkan etimologi kata Yunani dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab, yang pada gilirannya mengambil dari nama Ionia. Ionia adalah pesisir barat negara yang sekarang disebut Turki.
D. Kondisi perekonomian Negara Yunani
Yunani memiliki sebuah ekonomi kapitalis campuran dengan sektor publik menyumbang sekitar setengah dari PDB. Pariwisata memiliki peranan penting, menyediakan porsi besar dari GDP dan pendapatan dari pertukaran mata uang asing. Yunani juga merupakan pemimpin dunia pertama dalam kepemilikan kapal dan ketiga dalam registrasi bendera. Ekspor dari barang produksi, termasuk telekomunikasi, perangkat lunak dan keras, bahan makanan, dan bahan bakar menjadi bagian besar dalam pemasukan Yunani.
Negara ini memiliki standar hidup yang tinggi, berada di urutan ke-24 dalam Indeks Pembangunan Manusia 2005 dan ke-22 dalam Indeks Kualitas Hidup Dunia 2005 versi The Economist. Ekonominya terus meningkat dalam tahun-tahun belakangan ini, sejalan dengan pemerintah yang mengetatkan kebijakan fiskal dalam rangka kemasukan Yunani ke dalam Zona Euro pada 1 Januari 2001. Pendapatan per kapita rata-rata pada 2004 diperkirakan AS$22.000. Yunani juga melakukan impor tenaga kerja (kebanyakan dari Eropa Timur, Timur Tengah, Pakistan, dan Afrika). Orang-orang dari daerah tersebut sekarang ini sekitar 10% dari populasi total.
Tantangan utama yang dihadapi oleh negara ini termasuk pengurangan pengangguran, penswastaan dari perusahaan milik negara, reformasi keamanan sosial, mengubah sistem pajak, dan menekan ketidakefisiensian birokratik. Perkiraan pertumbuhan ekonomi sekitar 4-4,5% pada 2004. Pengurangan defisit pemerintah juga tetap masalah utama, karena sekarang ini defisitnya berada dua kali lipat dari target 3% GDP dalam Eurozone. Pemerintahan konservatif yang baru mengungkapkan kepada Eurostat bahwa angka sebelumnya yang diberikan, yang merupakan dasar dari masuknya Yunani ke Eurozone, tidak benar. Di bawah persetujuan negosiasi, UE memberikan Yunani waktu 2 tahun (anggaran tahun 2005 dan 2006) untuk membawa ekonomi sejalan dengan kriteria perjanjian kestabilan Eropa.
Bank of Greece, sekarang sebuah anak perusahaan dari European Central Bank, berfungsi sebagai bank sentral negara. Bank ini tidak sama dengan National Bank of Greece, sebuah bank komersial.
Yunani menjadi anggota ke-10 European Communities (kemudian menjadi European Union) pada tanggal 1 Januari 1981, dan memasuki periode pertumbuhan ekonomi yang pesat. Investasi di bidang industri dagang dan infrastruktur, juga dana dari European Union serta turisme, perkapalan dan bidang jasa yang meningkat, membuat peningkatan taraf hidup yang tidak terjangkau sebelumnya. Negara Yunani memakai mata uang euro pada tahun 2001 dan dengan sukses menyelenggarakan Olimpiade musim panas tahun 2004 di Athena.
Sejak akhir tahun 2000-an Yunani ditimpa resesi dan mengalami krisis moneter dan hutang, sehingga mengancam stabilitas pasar uang pada tahun 2010-2011.
Sumber Daya Alam
Yunani memiliki sumber daya alam terbatas. Hanya sekitar seperlima dari luas tanahnya yang cocok untuk pertanian, dan banyak wilayah yang dapat digunakan untuk pertanian memiliki tanah yang buruk atau terlalu kering untuk ditanami tanpa irigasi.
Kecuali pohon pinus dan pohon cemara yang tersebar, dataran rendah Yunani memiliki beberapa pohon. Willow, poplar, dan plane tumbuh di sepanjang sungai. Lereng yang lebih rendah dari pegunungan dihiasi dengan semak hijau kering. Pinus dan ek Aleppo melekat di sana-sini di antara lereng berbatu telanjang. Lebih tinggi, bukit-bukit memiliki pepohonan ek, kastanye, dan beech. Pinus dan cemara tumbuh di pegunungan tinggi.
Laut di sekitar daratan dan banyak pulau-pulau Yunani secara tradisional telah menjadi sumber ikan yang penting, baik untuk keperluan rumah tangga dan untuk ekspor. Yunani memiliki berbagai sumber daya mineral, meskipun kebanyakan ditemukan dalam jumlah yang relatif kecil. Mineral utama adalah bauksit (bijih aluminium), lignit (batubara cokelat kelas rendah), magnesit, dan minyak bumi. Mineral lain yang penting secara komersial adalah marmer dan batu kapur.
E. Kegiatan pariwisata Negara Yunani
Pada tahun 2004, Yunani menempati urutan ke-12 sebagai tujuan pariwisata internasional. 14,18 juta turis mengunjungi negara itu, terutama untuk menyaksikan ajang Olimpiade Musim Panas.
Karena iklimnya yang hangat, orang Yunani menghabiskan banyak waktunya dalam setahun di luar ruangan. Kedai kopi lokal adalah tempat pertemuan tradisional untuk para pria Yunani, yang berkumpul untuk mendiskusikan politik dan bermain backgammon. Kebanyakan wanita Yunani menghabiskan banyak waktu luang mereka dengan wanita lain.
Berikut ini adalah daftar tempat wisata paling spektakuler di Yunani:
1. Santorini
Santorini adalah tempat wisata di Yunani yang berupa sebuah pulau vulkanik dalam kelompok Cyclades pulau-pulau Yunani. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang fantastis, matahari terbenam yang menakjubkan, rumah-rumah putih yang sering dicuci. Fira adalah ibukota Santorini, dan tempat ini adalah perkawinan arsitektur Venesia dan Cycladic. Santorini memiliki jalanan batu putih, hiruk pikuk pengunjung yang membeli souvenir di toko-toko, serta hotel dan kafe. Yang paling menakjubkan dari tempat ini adalah lokasinya yang menempel di tepi tebing setinggi 400 meter (1.300 kaki).
2. Mykonos
Kota Dengan Bangunan Berwarna Putih
Mykonos populer sebagai objek wisata kosmopolitan di antara pulau-pulau Yunani dan diakui secara luas sebagai salah satu tempat wisata di Yunani yang terbaik. Kota Mykonos (Chora) adalah sebuah kota putih yang memukau indah dengan jalan-jalan kecil dan bercat putih di berbagai jalur jalanannya. Tempat ini juga terkenal dengan pantai berpasirnya dan kehidupan malam yang beragam dan intens seperti yang bisa Anda lihat di berbagai bar dan klub malam.
3. Teater Kuno Delphi
Teater Kuno di Atas Bukit
Pada zaman kuno, Delphi adalah rumah bagi tempat suci dan oracle Apollo di agama Yunani. Teater kuno Delphi dibangun di atas bukit, yang memberikan penonton pandangan keseluruh tempat suci dan pemandangan spektakuler di bawahnya. Tempat wisata di Yunani ini pada awalnya dibangun hanya dengan 4 kursi, dan bisa menampung hingga 5.000 penonton. Sekarang tempat ini adalah salah satu tempat wisata utama di Yunani.
4. Gunung Athos
Biara di Tebing Gunung Athos
Gunung Athos adalah pegunungan dan semenanjung di utara Yunani. Semenanjung paling timur terdapat bangunan besar, dan menjadi rumah untuk sekitar 1.400 biarawan di biara-biara Ortodoks Timur. Tempat ini termasuk negara otonom di bawah kedaulatan Yunani, wisatawan yang masuk ke Gunung Athos dikontrol secara ketat, dan hanya laki-laki yang diperbolehkan masuk untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Yunani ini.
5. Lindos
Desa Lindos di Pulau Rhodes
Lindos adalah sebuah desa dari abad pertengahan di pulau Rhodes yang terdiri dari berbagai jalan-jalan di tengah rumah yang bercat putih. Dari atas Acropolis dikota Lindos, menawarkan pemandangan pelabuhan dan pantai disekitarnya. Pantai Lindos dan pantai Saint Pauls hanya berjarak dekat dari pusat kota. Tempat wisata di Yunani ini sangat populer dan sangat banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.
2.2. Deskripsi dan analisis Negara Honduras
A. Sejarah berdirinya Negara Honduras
Honduras adalah pemukiman suku Indian Maya, Columbus mendarat di daerah itu pada tahun 1502 dan menyebutnya Honduras yang artinya “jurang yang dalam” dalam bahasa Spanyol. Pada abad 16, Honduras menjadi wilayah jajahan Spanyol, pada tanggal 15 September 1821 memproklamasikan kemerdekaan dan bergabung dengan konfiderasi Amerika Tengah pada bulan Juni 1823.
Honduras pada zaman dahulu diatur sesuai dengan konstitusi 1982 dan 26 amandemennya. Cabang eksekutif dipimpin oleh seorang presiden, yang dipilih langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun tunggal. Cabang legislatif diwakili oleh Kongres Nasional. 128 wakilnya dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Cabang ketiga, lembaga peradilan, meliputi Mahkamah Agung dan pengadilan rendah. Hakim Federal dipilih untuk masa jabatan 7 tahun oleh Kongres Nasional.
Honduras dibagi menjadi 18 departemen. Masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur yang ditunjuk oleh eksekutif. Setiap departemen dibagi lagi menjadi beberapa kota yang dipimpin oleh walikota dan dewan terpilih. Setiap warga negara yang berusia 18 atau lebih berhak untuk memilih.
B. Kondisi geografis Negara Honduras
Honduras adalah negara terbesar kedua di Amerika Tengah setelah Nikaragua. Negara ini berbatasan dengan Guatemala dan El Salvador di sebelah barat serta Nikaragua di selatan dan timur. Batas utara adalah Laut Karibia. Sebagian besar wilayah Honduras adalah pegunungan, menjadikan Honduras sebagai salah satu negara yang jarang dihuni di wilayah tersebut.
Bentang Alam
Honduras memiliki empat wilayah geografis yang berbeda. Pesisir Mosquito, dinamai sesuai nama suku Indian Mosquito, terletak di dataran rendah timur dan pegunungan di dekatnya di sepanjang Laut Karibia. Daerah hutan hujan lebat yang panas dan lembab ini menyumbang 20 persen dari total luas lahan Honduras. Di Karibia juga ada Pantai Utara (Costa Norte), sebidang dataran subur di mana sebagian besar perkebunan pisang Honduras berada. Padi, singkong, jagung, dan kacang-kacangan, serta beberapa ternak, juga dibudidayakan di sana.
Dataran tinggi tengah, yang mencakup sekitar 65 persen dari wilayah Honduras, dibentuk oleh Cordillera Amerika Tengah, rantai pegunungan vulkanik yang membentang melalui daerah pedalaman. Puncak tertinggi di pegunungan ini adalah Gunung Las Minas, setinggi 2.870 meter. Wilayah ini memiliki lembah subur yang menjadi tempat budidaya kopi, tembakau, gandum, jagung, sorgum, dan buah-buahan. Sekitar 70 persen penduduk tinggal di sini.
Dataran rendah Pasifik, di sepanjang pantai Samudra Pasifik, membentuk hanya 2 persen dari luas lahan Honduras. Padang rumput yang kaya di daerah ini mendukung bisnis peternakan Honduras yang terus meningkat.
Sungai dan Perairan Pesisir
Pantai utara Honduras dibatasi oleh Laut Karibia. Tepi pesisir Teluk Fonseca di barat daya, adalah teluk kecil yang terlindung dari Samudera Pasifik, yang menjadi milik Honduras, El Salvador, dan Nikaragua. Honduras memiliki beberapa sungai besar. Sungai Choluteca memiliki panjang 282 kilometer dan mengalir dari pedalaman melalui kota Tegucigalpa dan ke Teluk. Sungai Ulua, Aguan, dan Patuca mengalir menuju Karibia.
Iklim
Honduras memiliki iklim tropis, dengan kelembaban yang ekstrim. Rata-rata suhu sekitar 27 °C di dataran rendah pesisir. Ketinggian di pedalaman yang dingin lebih tinggi. Curah hujan bervariasi sesuai lokasi. Di sepanjang pantai utara tropis, curah hujan berkisar antara 1.775 sampai 2.540 milimeter setiap tahunnya, sebagian besar dari bulan Juli sampai Februari. Sedikit hujan turun di sepanjang pantai Pasifik dan biasanya turun antara bulan Mei dan November.
Badai sering menyerang pantai Karibia. Yang paling dikenal, Badai Mitch, pernah memporak-porandakan negara dan lahan pertaniannya di musim gugur tahun 1998. Lebih dari 5.000 orang tewas dan sedikitnya satu juta orang lebih kehilangan tempat tinggalnya.
C. Kondisi kependudukan Negara Honduras
Penduduk
Populasi Honduras adalah sekitar 8,5 juta jiwa. Sekitar 90 persen dari penduduknya adalah orang-orang mestizo, keturunan campuran dari orang Indian dan Eropa (kebanyakan Spanyol). Kelompok etnis lainnya meliputi Indian asli (7 persen), kulit hitam (2 persen), dan kulit putih (1 persen). Ada tujuh kelompok Indian berbeda: Lenca, Tolupanes, Tawahka, Pech, Mosquito (atau Miskito), Garifuna, dan Chorti. Kelompk Chorti adalah keturunan dari suku Maya, pendiri salah satu peradaban besar dunia kuno.
Bahasa
Bahasa Spanyol diperkenalkan oleh pemukim kolonial di tahun 1500-an dan kini menjadi bahasa resmi Honduras. Namun, beberapa orang Indian asli masih berbicara dalam bahasa-bahasa kuno mereka sendiri. Mereka yang tinggal di Bay Islands berbahasa Inggris, sebab wilayah mereka dulu berada di bawah kekuasaan Inggris.
Agama
Lebih dari 95 persen dari rakyat Honduras memeluk agama Katolik Roma. Praktek keagamaan di pedesaan sering menggabungkan agama Katolik dengan keyakinan spiritual asli. Kelompok agama lainnya meliputi Protestan injili, Mormon, Saksi-Saksi Yehuwa, Anglikan, dan Yahudi.
Pendidikan
Sekolah gratis dan wajib bagi anak-anak yang berusia antara 7 sampai 15 tahun. Namun, tugas untuk memberikan pendidikan yang menjangkau seluruh penduduk pedesaan cukup sulit. Sekitar seperempat penduduk tetap buta huruf. Lembaga pendidikan tinggi terkemuka adalah Universitas Otonom Honduras yang didirikan pada tahun 1847 di Tegucigalpa.
Kehidupan Pedesaan
Kebanyakan orang Honduras tinggal di desa-desa kecil. Rumah mereka umumnya dibangun dari adobe (batu bata yang terbuat dari tanah liat yang dijemur), sebagaimana rumah mereka berabad-abad silam. Banyak dari rumah-rumah itu kekurangan sarana dan prasarana modern seperti air, listrik, dan sanitasi. Program pemerintah dalam beberapa tahun terakhir adalah meningkatkan kesehatan masyarakat. Tapi kekurangan gizi, perumahan yang tidak memadai, dan penyakit tetap menjadi masalah luas.
Kebanyakan orang Honduras adalah petani, yang dikenal sebagai campesino, yang mengolah petak kecil tanah dengan tangan atau bekerja sebagai buruh tani di perkebunan besar. Namun, berkat program reformasi tanah yang dimulai pada tahun 1972, banyak petani mampu memperoleh tanah mereka sendiri. Jagung, kacang-kacangan (frijoles), dan beras adalah makanan pokok. Pisang dan mangga adalah buah yang paling umum dikonsumsi. Daging, unggas, dan ikan disajikan hanya sesekali.
Perjalanan antar kota seringkali sulit karena daerahnya berpegunungan dan kondisi jalan primitif. Jalur kereta api hanya mampu mencapai beberapa lokasi di dekat pantai dan mengangkut sebagian besar produk untuk ekspor. Di banyak daerah, gerobak sapi adalah sarana utama transportasi barang dan orang.
D. Kondisi perekonomian Negara Honduras
Nilai gabungan dari industri pertanian, kehutanan, dan perikanan Honduras menyumbang sekitar 25 persen dari pendapatan tahunan negara itu. Pisang khususnya, telah lama menjadi kontributor utama. Sebagian besar perkebunan pisang dimiliki oleh dua perusahaan Amerika Serikat, United Fruit Company dan Standard Fruit and Steamship Company. Badai Mitch menyebabkan kerusakan luas pada tanaman pisang di tahun 1998. Pemulihan penuh dari industri ini memakan waktu beberapa tahun.
Sebelum bencana ini terjadi, pemerintah telah mendorong petani untuk membudidayakan tanaman lain guna mengurangi ketergantungan negara pada pisang. Kopi kini menjadi tanaman ekspor yang paling berharga kedua di negara ini. Produksi skala besar dari tembakau, kapas, tebu, dan melon juga meningkat. Honduras memiliki industri manufaktur kecil tapi berkembang. Produk utamanya adalah tekstil, kertas, semen, bir, dan minuman ringan.
Sumber Daya Alam
Selain tanah pertanian yang kaya, Honduras memiliki sumber daya mineral yang cukup. Timbal dan seng ditambang secara komersial. Perak dan emas juga ditambang. Honduras juga memiliki sumber hutan yang kaya, yang terkenal dengan cedar dan mahoninya.
Satwa liar melimpah di Honduras. Jaguar, puma, macan tutul, monyet, armadillo, buaya, iguana raksasa, dan burung bersuara indah yang disebut zenzontle adalah beberapa hewan unik yang biasa ditemukan di sana. Ikan dan kerang juga berlimpah.
Honduras telah melakukan banyak upaya untuk melindungi situs-situs alami yang berharga. Di antaranya adalah terumbu karang terpanjang kedua di dunia, ditemukan di dekat Bay Islands, dan Rio Plátano Biosphere Reserve di Pantai Mosquito, hutan hujan tropis terbesar yang tersisa di Amerika Tengah. Juga di sepanjang garis pantai Karibia ada dua taman nasional yang dibuat untuk melindungi tanaman langka dan satwa yang terancam punah.
E. Kegiatan pariwisata di Negara Honduras
Honduras memiliki potensi wisata yang cukup beragam. Di antaranya objek wisata alam seperti Routan Marine Park. Surge tropis taman laut di pulau Routan di Honduras adalah dunia bawah laut dipenuhi ikan-ikan kakatua, penyu laut dan hiu. Pulau ini merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di Amerika Tengah.
BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan dan saran
• Simpulan
Yunani (bahasa Yunani modern: Ελλάδα [Elláda], historis: Ελλάς [Ellás]; bahasa Inggris: Greece), secara resmi bernama Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia; bahasa Indonesia: Republik Yunani), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan/tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah (Mediterania).
Wilayah ini memiliki sejarah panjang dan kaya selama yang membawa pengaruh budaya besar pada tiga benua. Di masa modern ini, Yunani adalah negara maju dengan indeks pembangunan pendapatan per kapita yang tinggi.
Honduras adalah negara terbesar kedua di Amerika Tengah setelah Nikaragua. Negara ini berbatasan dengan Guatemala dan El Salvador di sebelah barat serta Nikaragua di selatan dan timur. Batas utara adalah Laut Karibia. Sebagian besar wilayah Honduras adalah pegunungan, menjadikan Honduras sebagai salah satu negara yang jarang dihuni di wilayah tersebut.
• Saran
Baik Yunani maupun Honduras, keduanya memiliki sejarah yang kuat dan berpengaruh bagi peradaban dunia dan hendaknya itu dijadikan sebagai warisan budaya yang harus dijaga.
Yunani yang dikenal sebagai negaranya para “dewa” memiliki potensi wisata besar baik dari peninggalan budaya maupun alamnya yang menawan sehingga perlu ditonjolkan dan dapat dijadikan sumber pendapatan strategis di Negara tersebut. Hal ini juga sebagai salah satu langkah untuk menanggulangi atau mencegah terjadinya krisis moneter yang pernah terjadi disana.
Honduras popular dengan hasil buminya yakni pisang. Pisang tersebut bisa dijadikan komoditi utama atau ikon Negara tersebut untuk menarik wisatawan. Namun demikian, Honduras nampaknya perlu meningkatkan keamanan negaranya karena dalam hasil survey baru-baru ini Honduras disebut sebagai salah satu Negara yang tidak aman untuk tujuan wisata.
DAFTAR PUSTAKA
Http://id.m.wikipedia.org
Http://id.thecircumference.org
Http://indonesian.cri.cn
Http://kembangpete.com
Http://t0urdinia.blogspot.com

Tidak ada komentar: