Senin, 10 Agustus 2015

AIR LUDAH AJAIB

Tentang mata katarak saya; kira-kira sebulanan saya diserang sakit kepala jika menggunakan kacamata, sekalipun hanya 5 menit saja. Mata perih dan berair. Lalu sekitar semingguan ini pandangan mata saya mendadak kabur, seolah ada selaput yang menutupinya. Sangat nggak nyaman untuk baca maupun menulis. Saya pikir katarak saya sudah berat sekali, sebab di lingkaran hitamnya sudah membentuk "halo matahari" - lingkaran keliling berwarna putih. Tapi pagi tadi saya teringat akan khasiat air ludah saya, yaitu membersihkan dan mendinginkan mata, maka saya kasih air ludah saya secara berkali-kali[sekitar 4-5 kali]. Setelah itu saya usap dengan jari, keluarlah seperti lendir. Banyak sekali lendir yang bisa saya keluarkan dengan usapan jari tersebut, dan ajaib: mata saya terang benderang hingga malam ini. Rasa sakit kepala oleh pemakaian kacamata kayaknya juga berkurang. Tapi masih belum bisa saya pastikan sebab saya baru 10 menitan ini online-nya.

Saya tidak mengatakan bahwa saya telah bebas dari katarak, tapi setelah menuliskan ini saya iseng-iseng mencari landasan perkataan saya tersebut dari google, dan ........ ternyata saya tidak ngawur.



AIR LIUR OBAT KATARAK DAN RABUN MATA

http://ad-wess2.blogspot.com/2010/05/air-liur-obat-katarak-dan-rabun-mata.html

Bagi sebagian orang, air liur seringkali terlihat menjijikkan. Padahal air yang berasal dari dalam mulut itu mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh manuia.
Air liur atau saliva sebagian besar diproduksi oleh tiga kelenjar utama yakni kelenjar parotis, kelenjar sublingual dan kelenjar submandibula. Volume air liur yang diproduksi bervariasi yaitu 0,5 – 1,5 liter setiap hari tergantung pada tingkat perangsangannya.

Mengutip Guyton & Hall dalam Textbook of Medical Physiology, air liur atau saliva mengandung dua tipe pengeluaran atau sekresi cairan yang utama yakni sekresi serus yang mengandung ptyalin (suatu alfa amylase) yang merupakan enzim untuk mencernakan karbohidrat dan sekresi mucus yang mengandung musin untuk tujuan pelumasan atau perlindungan permukaan yang sebagian besar dihasilkan oleh kelenjar parotis.
Cairan tipe mucus itu disekresikan atau dikeluarkan setiap detik sepanjang waktu kecuali saat tidur yang produksinya lebih sedikit.


Dalam hal pencernaan, air liur berperan dalam membantu pencernaan karbohidrat. Karbohidrat atau tepung sudah mulai dipecah sebaagian kecil dalam mulut oleh enzim ptyalin. Enzim dalam air liur itu memecah tepung (amylum) menjadi disakarida maltosa dan polimer glukosa kecil lainnya.

Misalnya, saat Anda mengunyah nasi yang terasa tawar lama-kelamaan akan terasa manis akibat pecahnya zat tepung menjadi maltosa yang rasanya manis.
Selain dalam pencernaan air liur juga berperan dalam kebersihan mulut. Sekresi saliva terutama tipe mucus penting dalam mempertahankan kesehatan jaringan rongga mulut. Rongga mulut berisi bakteri atau kuman patogen (merugikan) yang dengan mudah merusak jaringan dan menimbulkan karies gigi (gigi berlubang).

Air liur juga mencegah kerusakan dengan beberapa cara. Pertama, aliran air liur itu sendiri membantu membuang bakteri atau kuman patogen juga pertikel makanan yang memberi dukungan nutrisi metabolik bagi bakteri itu sendiri.
Kedua, air liur mengandung beberapa faktor yang menghancurkan bakteri salah satunya adalah ion tiosianat dan beberapa cairan proteolitik terutama lisosim yang menghancurkan bakteri,membantu ion tiosianat membunuh bakteri,mencerna partikel makanan dan air liur mengandung antibody protein yang menghancurkan bakteri.
Selain berfungsi untuk kesehatan dalam tubuh, air liur juga diyakini dapat memberikan manfaat bagi luar tubuh.

Sejak zaman dahalu, secara naluri ketika ada jari-jari Anda yang terluka akibat tergores pisau,Anda akan mengisap luka tersebut dengan mulut. Hewan pun demikian. Misalnya kucing, monyet, dan anjing, biasa membasuh tubuh dengan air liurnya ketika luka.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Jepang pada tahun 2001 seperti yang dikutip dari cbn.com, air ludah mengandung 40 sampai 50 protein. Tiap protein punya fungsi yang berbeda-beda. Satu protein untuk menangkal debu, sinar, dan bahan kimia. Dari 50 protein itu di dalamnya ada 3 protein yang khusus untuk mikroorganisme.

Atas khasiat itulah, diyakini air liurnya bisa bermanfaat bagi gangguan mata, seperti katarak, rabun jauh dan dekat, atau gangguan mata karena cedera seperti terbentur, terkena benda tumpul maupun benda tajam.


Apakah Benar Air Liur Dapat Mengobati Katarak?

 http://www.walgreat-news.com/2015/05/apakah-benar-air-liur-dapat-mengobati.html


Katarak memang menjadi penyakit yang menakutkan bagi banyak orang, meskipun penyakit ini bukanlah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Berbagai cara dilakukan oleh orang yang menderita katarak agar dapat menyembuhkan penyakit yang satu ini.
Namun, apakah benar air liur dapat mengobati penyakit katarak?
Air liur memang memiliki zat yang dapat mengobati berbagai penyakit karena adanya enzim yang dapat mencegah kerusakan dalam tubuh. Tetapi, di luar tubuh, air liur telah digunakan untuk penyakit katarak sejak dilakukan penelitian pada tahun 2001. Penelitian itu mengatakan bahwa dalam air liur terdapat 40 hingga 50 protein yang dapat bermanfaat bagi gangguan mata, seperti katarak.
- See more at: http://www.walgreat-news.com/2015/05/apakah-benar-air-liur-dapat-mengobati.html#sthash.ySCp3sli.dpuf

Katarak memang menjadi penyakit yang menakutkan bagi banyak orang, meskipun penyakit ini bukanlah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Berbagai cara dilakukan oleh orang yang menderita katarak agar dapat menyembuhkan penyakit yang satu ini.
Namun, apakah benar air liur dapat mengobati penyakit katarak?
Air liur memang memiliki zat yang dapat mengobati berbagai penyakit karena adanya enzim yang dapat mencegah kerusakan dalam tubuh. Tetapi, di luar tubuh, air liur telah digunakan untuk penyakit katarak sejak dilakukan penelitian pada tahun 2001. Penelitian itu mengatakan bahwa dalam air liur terdapat 40 hingga 50 protein yang dapat bermanfaat bagi gangguan mata, seperti katarak.
 

5 Manfaat Air Liur Yang Tidak Anda Ketahui

http://www.putihkental.com/5-manfaat-air-liur-yang-tidak-anda-ketahui/

5 Manfaat Air Liur Yang Tidak Anda Ketahui – Air liur atau yang sering kita sebut dengan ludah adalah cairan yang berada pada rongga mulut, cairan ini kadang dianggap menjijikkan , carian yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan Saliva adalah cairan bening yang dihasilkan oleh manusia dan sebagian hewan. nenek moyangkita dulu menjadikan ludah sebagai obat berbagai macam penyakit, dengan cara ditelan dan dioleskan.
Dari air liur kita bisa mendapatkan sampel dari DNA. Bahkan, meskipun air liur tidak mengandung sel DNA, tetapi sel-sel dari lapisan mulut dapat ditemukan di sampel air liur. Air liur dapat memberikan petunjuk apa saja yang telah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi. dari hasil penelitian diketahui bahwa  kandungan pada air liur ini adalah Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim., namun kandungan tersebut sangatlah berpengaruh dari apa yang kita konsumsi sebelumnya. nahh kali ini kami akan membahas tentang manfaat dari air liur itu sendiri .
5 Manfaat Air Liur Yang Tidak Anda Ketahui
1. Melindungi lambung
Manfaat air liur yang pertama adalah dipercaya mampu melindungi lambung dikarenakan kandungan dalam air liur juga mampu menjadi pelindung lapisat perut dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan. tentunya dengan proteksi dari air liur ini akan menjaga kesehatan lambung.
2. Membantu proses pencernaan
Manfaat selanjutnya dari ludah ini adalah mampu memperlancar pencernaan. dimana air liur mampu mendorong makanan yang masuk dari mulut ke tenggorokkan, hingga akhirnya ke lambung. Beberapa makanan seperti asam mampu menstimulasi produksi air liur, yang membantu proses awal masuknya makanan ke alat pencernaan.jadi bisa anda bayangkan jika tak ada air ludah ini.
3. Untuk menghilangkan jerawat
Air liur tenyata sangat efektif digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, caranya dengan menjadikan air liur sebagai masker  ulangi 3 kali dalam sehari dalam kurun waktu tiga hari , anda bisa membuktikannya sendiri
4. Mampu menyembuhkan luka
Manfaat air liur yang keempat adalah mampu mempercepat penyembuhan luka dalam sebuah jurnal yang berjudul The journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi menerangkan  bahwa di dalam kandungan air liur atau air ludah terkandung zat yang mampu membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin, Histatin adalah protein yang dihasilkan oleh air liur yang dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka.
5. Mencegah kerusakan pada gigi
Manfaat air liur yang terakhir adalah mampu mencegah kerusakan gigi dimana salah salu kandungan air ludah adalah polin. dimana polin merupakan protein yang berfungsi melindungi enamel gigi. bukan hanya itu kandungan mineral air liur juga dapat membantu proses remineralisasi gigi.
Demikian artikel kami tentang manfaat air liur , ternyata air ludah ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh pantas saja nenek kita dulu mengunakan air liur dalam berbagai macam pengobatan,. semoga bisa bermanfaat ^-^

Tidak ada komentar: