Jumat, 14 Agustus 2015

Mantap, Penjualan Mobil Bakal Tembus 2 Juta Unit Per Tahun

http://www.kemenperin.go.id/artikel/5067/Mantap,-Penjualan-Mobil-Bakal-Tembus-2-Juta-Unit-Per-Tahun

ANGKA penjualan mobil di Indonesia diperkirakan naik berlipat ganda hingga 2 juta unit dalam waktu lima tahun ke depan. Hal ini didukung pertumbuhan ekonomi yang stabil serta naiknya pendapatan per kapita penduduk yang mendekati 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 47,5 juta per tahun.

"Ketika pendapatan per kapita suatu negara mencapai 3.000 dolar AS per tahun, maka ia akan masuk periode motorisasi. Pertumbuhan penjualan mobil akan meningkat pesat setelah mencapai pendapatan per kapita 5.000 dolar AS per tahun, yang kami perkirakan akan tercapai pada tahun 2014," ujar Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi di Cikeas, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, target penjualan mobil sebesar 1 juta unit per tahun yang menurut versi pemerintah akan tercapai tahun depan, ternyata bisa dipenuhi di akhir bulan ini. Hingga Oktober, angka penjualan mobil sudah menembus angka 923.000 unit, melewati tahun lalu 894.000 unit.

Budi mengatakan, segmen mobil mewah yang saat ini jumlahnya kurang dari 8.000 unit, atau kurang dari 1 persen angka penjualan mobil, akan tumbuh pesat seiring dengan pertumbuhan penjualan mobil nasional.

"Jika tahun 2017 tercapai 2 juta unit penjualan mobil nasional, pasar mobil mewah bisa tumbuh menjadi dua persen," ujarnya.

Anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan, target penjualan Gaikindo sekitar 10-15 persen per tahun.

"Kita konservatif saja, sekitar 10-15 persen per tahun. Berarti tahun 2017, mungkin penjualan mobil bisa mencapai 1,75 juta unit," ujar bos Hyundai Indonesia ini.

Presiden Direktur PT Mercedes Benz Indonesia Claus Weidner juga optimistis akan pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia.
sumber : Rakyat Merdeka

Tidak ada komentar: