Rabu, 02 September 2015

APBN Jangan Hanya Dihabiskan untuk Infrastruktur

http://nasional.kompas.com/read/2015/08/28/22495251/Kata.SBY.APBN.Jangan.Hanya.Dihabiskan.untuk.Infrastruktur

Indra Akuntono/KOMPAS.com Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Kamis (27/8/2015)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 seharusnya tidak hanya dihabiskan untuk pembangunan infrastruktur. Menurut dia, APBN juga harus digunakan untuk program-program yang pro rakyat.

"Infrastruktur sangat penting, tapi jangan semuanya dari APBN. Ajak swasta, ajak BUMN," kata SBY, saat memberikan pengarahan dalam rapat pleno pengurus pusat Partai Demokrat, di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (28/7/2015) malam.

Hadir dalam acara tersebut ratusan kader dari jajaran pengurus pusat, majelis tinggi, dewan pembina, dewan kehormatan, komisi pengawas, dan fraksi DPR RI Partai Demokrat.

Ia menilai, karena pemerintah terlalu fokus pada pembangunan infrastruktur, banyak program-program pro rakyat yang dirintisnya saat menjadi Presiden, mulai ditinggalkan. Dia menyebut program seperti beasiswa, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Padahal rakyat suka program-program itu. Kalau semuanya untuk infrastruktur, untuk rakyat kecil sekali," tambahnya.

Dia pun berpesan kepada Anggota Fraksi Demokrat yang hadir dalam acara tersebut untuk berjuang dalam pembahasan APBN 2016 bersama pemerintah. Dia ingin agar program-programnya yang dulu kembali diusulkan.

"Kalau APBN tidak tepat, tidak realistis, berani katakan tidak setuju. Rakyat nanti akan melihat. Tapi kalau sudah tepat kita dukung," pesan SBY.

Tidak ada komentar: