Rabu, 23 September 2015

INGIN TAK PERCAYA NAMUN NYATA

Ketika dikabarkan ayah meninggal, saya nyaris tak percaya. Sebab ayah sehat, bagaimana mendadak bisa meninggal?! Ketika dikabarkan adik saya kecelakaan, siapa yang percaya begitu saja? Sulit percaya, tapi itu nyata terjadi! Istri juga sulit percaya dengan kabar suaminya punya selingkuhan, atau suami sulit percaya kalau istrinya sampai tega selingkuh.

Siapa yang percaya seorang Zainuddin MZ dituding memperkosa? Siapa yang percaya seorang menteri agama melakukan korupsi besar-besaran? Siapa yang percaya seorang pendeta terkenal diisukan selingkuh? Masyarakat Porong Lapindo juga nyaris tak percaya kalau suatu saat rumah dan desanya akan tenggelam seperti sekarang ini. Masyarakat Aceh juga nyaris tak percaya kotanya bisa porak-poranda oleh tsunami. Masyarakat Kampung Pulo Jakarta juga nggak nyangka kalau suatu saat mereka bakal kena gusuran.

Seorang Hindu juga baru menyadari kalau konsep keagamaannya tidak benar, sehingga akhirnya dia pindah agama. Dia nggak nyangka agama tertua itu bisa terdapat kesalahan. Hampir tak percaya dia. Seorang Kristen juga terkejut ketika diberitahu bahwa Alkitabnya banyak yang diubah. Karena itu akhirnya dia masuk Islam. Sebaliknya, seorang Muslim juga kaget setelah dibuktikan kepadanya bahwa Muhammad itu ternyata nabi palsu. Mau nggak percaya nggak mungkin, sedangkan percaya juga berat sekali.

Nah, melalui media ini saya ingin membawa anda ke suatu alam yang penuh kejutan, sesuatu yang nyata. Hal-hal yang tak pernah mendapatkan perhatian karena kita terlalu perhatian pada permukaannya saja, sehingga kita meluputkan isi atau dagingnya.

Ada sinetron judulnya: "ganteng-ganteng serigala." Tentu maksudnya adalah menyampaikan suatu pesan supaya kita melihat sesuatu jangan hanya pada satu sisinya saja dan mengabaikan sisi yang lainnya. Justru yang lebih penting dilihat duluan adalah isinya, bukan permukaan atau kulitnya. Bukan gantengnya, tapi apakah dia itu manusia atau serigala? Itu yang harus dijawab lebih dahulu.

Tidak ada komentar: