Kamis, 15 Oktober 2015

DOSA YANG MEMBAHAYAKAN

Mungkin anda bukanlah maling, bukan pencuri, bukan copet, bukan pelacur, bukan pembunuh. Tapi anda adalah pendeta, majelis gereja, penginjil, aktifis gereja atau seorang yang rajin ke gereja. Nah, Alkitab telah mengelompokkan ke-2 golongan tersebut, antara golongan beragama dengan golongan orang berdosa. Dan Alkitab memberikan tekanan tajam terhadap golongan yang rajin beragama. Kenapa? Sebab kebanyakan kelompok ini melaksanakan aktifitas ibadahnya hanya secara lahiriahnya saja, sedangkan hatinya jauh dari TUHAN;

2Timotius 3:5   Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada 
                   hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Matius 15:8     Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

Datang ke gereja tapi pikirannya bukan untuk TUHAN. Datang ke gereja karena kedudukannya sebagai majelis gereja. Datang ke gereja untuk memamerkan mobil barunya. Datang ke gereja karena kebiasaan padahal hatinya tak percaya TUHAN. Datang ke gereja untuk mencari pacar. Datang ke gereja karena sebagai istri terpaksa harus mengikuti suaminya. Beragama tapi tanpa iman. Beragama tapi tak sepenuh hati. 

Semua ini menyebalkan hati TUHAN. TUHAN berkata: Siapa yang memaksa kamu ke gereja jika kamu tidak sungguh-sungguh?

Yesaya 1:12     Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah 
                   yang menuntut itu dari padamu, bahwa kamu menginjak-injak 
                   pelataran Bait Suci-Ku?

Karena anda sudah merasa aktif ke gereja, maka anda merasa aman, merasa telah menjadi orang yang lebih baik dari pada para bajingan: maling, copet, pembunuh, dan lain-lainnya. Dosa yang tersembunyi ini menjadi suatu bahaya yang besar karena anda tidak merasa perlu bertobat. Anda berkata: "Saya 'kan bukan maling? Saya 'kan majelis gereja? Masak perlu bertobat? Yang perlu bertobat itu maling, copet dan pelacur." Dengan demikian maka anda seumur hidup masih menyimpan dosa yang tak kelihatan. Tak mungkin ada pertobatan! Tapi para maling, copet dan pelacur yang merasa sebagai manusia bejat, jika mereka mendengar pekabaran Injil, mereka merasa perlu bertobat. Karena itu mereka terselamatkan, sementara anda telah tertinggal di penghukuman ALLAH. 

Matius 21:31    Siapakah di antara kedua orang itu yang melakukan kehendak 
                   ayahnya?"* Jawab mereka: "Yang terakhir." Kata Yesus kepada 
                   mereka: /"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-
                   pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului 
                   kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Mudah-mudahan tulisan ini menjadi pengingat bagi anda untuk perbaikan diri. Supaya anda jangan main-main di hadapan ALLAH yang melihat hati. 

Tidak ada komentar: