Sabtu, 07 November 2015

BUKANKAH YESUS TIDAK MERUBAH HUKUM TAURAT?

Kita perlu tahu ada 2 penulis hukum Taurat: ALLAH dan Musa. Tulisan ALLAH pada 2 loh batu yang kita sebut sebagai 10 perintah ALLAH, sedangkan tulisan Musa pada kitab Imamat. Di kitab Imamat itulah Musa menuliskan peraturan-peraturan ibadat dan upacara-upacara Bait Suci. Itulah sebabnya pada suatu kali YESUS berkata:

 Mat. 5:18Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

 Tapi di lain waktu YESUS berkata:

Mat. 5:17"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Kitab Imamat menunjuk pada keimamatan suku Lewi yang selesai ketika YESUS selaku Imam Besar dengan peraturan Melkisedek datang. Jika keimamatan Lewi berdasarkan keturunan, Keimamatan YESUS berdasarkan pilihan ALLAH.

 https://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_Imamat


Dalam beberapa bahasa di daratan Eropa, kitab ini disebut Leviticus, yang diambil dari bahasa Latin Liber Leviticus dari bahasa Yunani (το) Λευιτικόν.[1] Dalam bahasa Ibrani, kitab ketiga dari Taurat ini disebut wayiqra yang artinya adalah “Maka dipanggil-Nya/Ia memanggil” (Imamat 1:1).[1], Kata wayiqra adalah awal kalimat pertama dalam kitab Imamat.[1][2] Kitab ini berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel pada zaman dahulu.[1] Juga untuk para imam (kaum Lewi) yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya.[1] Dicatat di dalamnya bahwa Kitab ini secara khusus memuat "perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel".[3] Yang menjadi pokok dalam buku ini ialah kesucian Tuhan, dan bagaimana manusia harus hidup dan beribadat supaya tetap mempunyai hubungan baik dengan Yahweh, Tuhan Israel.[1]
Petikan yang paling terkenal dari buku ini ialah yang oleh Yesus disebut perintah utama yang kedua,

Tidak ada komentar: