Senin, 02 November 2015

GALATIA 3:13 dengan bung Wawan Taulany



"Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Kalimat itu sudah menerangkan sendiri bahwa YESUS menjadi kutuk karena kita. Jadi, YESUS terkutuk bukan karena perbuatanNYA sendiri, melainkan karena menggantikan diri kita. Itu digambarkan di ritual Taurat jika ada orang yang berbuat dosa, dia akan membeli seekor kambing, dibawanya ke Bait Suci. Sebelum kambing itu disembelih, tangan orang itu ditumpangkan di kepala kambing itu sambil menyebutkan dosanya, baru setelah itu kambing itu disembelih.

Im. 1:4Lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala korban bakaran itu, sehingga baginya persembahan itu diperkenan untuk mengadakan pendamaian baginya.

Kambing yang masih suka rumput, masih suka hidup, yang tidak berdosa, dimatikan untuk menggantikan kita yang berdosa yang seharusnya dihukum mati. Itulah cara ALLAH menyelamatkan hidup kita.

Di Kota Pinang, Sumatera Utara ada istilah MR - Makanan Racun. Itu adalah jenis tenung berantai. Jika saya mempunyai ilmu tenung itu, ilmu itu harus saya bayar dengan nyawa saya. Jika saya tidak mau mati karena ditagih oleh setan itu, maka saya harus mencari korban orang lain. Saya olesi racun telapak tangan saya, lalu saya pergi ke sebuah warung, saya pura-pura memilih makanan, maka makanan itu sudah terkena racun sehingga orang yang memakannya akan mati. Itulah Makanan Racun di Kota Pinang. Sekalipun saat ini sudah jarang terjadi.

Abraham ketika disuruh menyembelih Ishak juga terjadi pertukaran; Ishak tidak jadi disembelih, gantinya adalah seekor domba. Kini, di zaman YESUS, bukan domba yang disembelih, tapi YESUS, ANAK ALLAH itu sendiri. Itulah sebabnya Yohanes Pembaptis menyebut: ANAK DOMBA ALLAH.

Yoh. 1:36Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

Coba baca ini:

Yesaya
53:1Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?
53:2Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
53:4Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
53:10Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
53:11Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
53:12Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

Yohanes
3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Tidak ada komentar: