Minggu, 29 November 2015

HOSEA PASAL 3

3:1Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."

ALLAH menyuruh nabi Hosea mengawini perempuan sundal lagi. Maksud ALLAH di sini untuk menunjukkan kesabaran ALLAH terhadap Israel. Bahwa ketidaksetiaan Israel tidak akan membatalkan kesetiaan ALLAH. Ini merupakan  jawaban buat kaum Muslim yang beranggapan ALLAH telah meninggalkan bangsa Israel dan beralih ke bangsa Arab/Islam.

Yes. 54:10Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Roma
3:3Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?
3:4Sekali-kali tidak! Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."

Hosea
3:2Lalu aku membeli dia bagiku dengan bayaran lima belas syikal perak dan satu setengah homer jelai.

Hosea membeli seorang pelacur;

3:3Aku berkata kepadanya: "Lama engkau harus diam padaku dengan tidak bersundal dan dengan tidak menjadi kepunyaan seorang laki-laki; juga aku ini tidak akan bersetubuh dengan engkau."

Hosea menyewa pelacur itu untuk seolah-olah sebagai istrinya, tapi Hosea tidak akan menidurinya: "aku ini tidak akan bersetubuh dengan engkau." Jadi, nyata bahwa Hosea bukan laki-laki hidung belang, tapi seorang nabi yang mentaati perintah ALLAH-nya. 

3:4Sebab lama orang Israel akan diam dengan tidak ada raja, tiada pemimpin, tiada korban, tiada tugu berhala dan tiada efod dan terafim.

Sejak pembuangan ke Babilon tahun 600 Sebelum Masehi hingga tahun 1948 Tarikh Masehi, jadi, ada 2548 tahun lamanya Israel tak berbentuk negara. Israel merdeka pada tahun 1948.

3:5Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.

Daud, raja mereka. Artinya, TUHAN YESUS, Tunas Daud, akan menjadi TUHAN mereka. Itu akan terjadi pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan YESUS yang keduakalinya.

Tidak ada komentar: