Minggu, 29 November 2015

HOSEA PASAL 4

4:1Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.
4:2Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah.
4:3Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap.
4:4Hanya janganlah ada orang mengadu, dan janganlah ada orang menegor, sebab terhadap engkaulah pengaduan-Ku itu, hai imam!

Kesalahan bangsa itu adalah tanggungjawab para pemimpin agamanya.

4:5Engkau akan tergelincir jatuh pada siang hari, juga nabi akan tergelincir jatuh bersama-sama engkau pada malam hari; dan Aku akan membinasakan ibumu.
4:6Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Tergelincir jatuh pada siang hari mempunyai arti serupa dengan kaum Muslim saat ini, yang sekalipun nyata-nyata Muhammad tak bisa apa-apa, sementara YESUS Seorang terkemuka di dunia dan di akherat, namun mereka tetap saja tak mau mempercayai kebenaran yang nyata.

Ibu = Israel 12 suku. ALLAH menolak Israel seluruhnya.

4:7Makin bertambah banyak mereka, makin berdosa mereka kepada-Ku, kemuliaan mereka akan Kutukar dengan kehinaan.

Semakin menjauh dari ALLAH akan semakin hina.

4:8Mereka mendapat rezeki dari dosa umat-Ku dan mengharapkan umat-Ku itu berbuat salah.
4:9Maka seperti nasib rakyat demikianlah nasib imam: Aku akan menghukum dia karena tindakan-tindakannya dan Aku akan membalaskan perbuatan-perbuatannya kepadanya.

Para pemimpin agama hanya mengertinya uang kolekte[uang persembahan/persepuluhan], tapi tak mengajarkan kebenaran. Karena itu seorang pendeta kehilangan kuasa ILAHI-nya, tak bisa apa-apa, tak berdaya apa-apa dan doanya kosong melompong. Serupa dengan umat biasa.

4:10Mereka akan makan, tetapi tidak menjadi kenyang, mereka akan bersundal, tetapi tidak menjadi banyak, sebab mereka telah meninggalkan TUHAN untuk berpegang kepada sundal.

Mereka akan menjadi orang yang takabur dan tamak.

4:11Anggur dan air anggur menghilangkan daya pikir.
4:12Umat-Ku bertanya kepada pohonnya, dan tongkatnya akan memberitahu kepadanya, sebab roh perzinahan menyesatkan mereka, dan mereka berzinah meninggalkan Allah mereka.
4:13Mereka mempersembahkan korban di puncak gunung-gunung dan membakar korban di atas bukit-bukit, di bawah pohon besar dan pohon hawar dan pohon rimbun, sebab naungannya baik. Itulah sebabnya anak-anakmu perempuan berzinah dan menantu-menantumu perempuan bersundal.

Persundalan kepada berhala akan menemui ujud nyatanya pada persundalan yang harafiah. Bangsa Israel akan kehilangan moral.

Roma
1:23Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.
1:24Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.
1:25Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.
1:26Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar.
1:27Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.
1:28Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:
1:29penuh dengan rupa-rupa kelaliman, kejahatan, keserakahan dan kebusukan, penuh dengan dengki, pembunuhan, perselisihan, tipu muslihat dan kefasikan.
1:30Mereka adalah pengumpat, pemfitnah, pembenci Allah, kurang ajar, congkak, sombong, pandai dalam kejahatan, tidak taat kepada orang tua,
1:31tidak berakal, tidak setia, tidak penyayang, tidak mengenal belas kasihan.
1:32Sebab walaupun mereka mengetahui tuntutan-tuntutan hukum Allah, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan hal-hal demikian, patut dihukum mati, mereka bukan saja melakukannya sendiri, tetapi mereka juga setuju dengan mereka yang melakukannya.

Hosea
4:14Aku tidak akan menghukum anak-anak perempuanmu sekalipun mereka berzinah, atau menantu-menantumu perempuan, sekalipun mereka bersundal; sebab mereka sendiri mengasingkan diri bersama-sama dengan perempuan-perempuan sundal dan mempersembahkan korban bersama-sama dengan sundal-sundal bakti, dan umat yang tidak berpengertian akan runtuh.

ALLAH tidak akan menghukum persundalan Israel, artinya tidak akan mengurusi Israel. Mereka akan dibiar-biarkan dalam dosa yang membinasakan mereka. Ayat inilah yang dipertanyakan oleh bung Wahyu Rahmamesa sebagai seolah-olah orang Kristen itu diijinkan berzinah. Padahal tidak seperti itu 'kan maksudnya?

4:15Jika engkau ini berzinah, hai Israel, janganlah Yehuda turut bersalah! Janganlah pergi ke Gilgal, dan janganlah naik ke Bet-Awen, dan janganlah bersumpah: "Demi TUHAN yang hidup!"

Jika Israel Utara murtad, Yehuda jangan ikut-ikutan murtad. Ini sebagai peringatan bagi Yehuda sebelum dibuang ke Babilon. Israel Utara dibuang ke Asyur tahun 721 Sebelum Masehi, Yehuda dibuang ke Babel tahun 586 Sebelum Masehi. Ada jarak yang panjang bagi Yehuda untuk bertobat atau mawas diri.

4:16Sebab Israel degil seperti lembu yang degil, masakan sekarang TUHAN menggembalakan mereka, seperti domba di tanah lapang?
4:17Efraim bersekutu dengan berhala-berhala, biarkanlah dia!

Israel Utara disebut Israel, sebab ada 10 suku di sana. Disebut Samaria, karena Samaria ibukotanya. Disebut Efraim karena suku Efraim yang memimpin mereka.

4:18Persepakatan para pemabuk! mereka menyerahkan diri habis-habisan kepada persundalan; mereka lebih mencintai kehinaan dari pada kemasyhuran mereka.
4:19Angin melingkupi mereka dalam sayap-sayapnya, dan mereka akan mendapat malu karena korban-korban mereka.

Jadi, sangat salah tuduhan kitab Hosea ini kitab porno, bukan?!

Tidak ada komentar: