Rabu, 18 November 2015

SERANGGA BERKAKI EMPAT

http://www.sarapanpagi.org/kesalahan-kesalahan-fatal-alkitab-vt2843.html

* Imamat 11:20 konteks, binatang yang haram untuk dimakan
LAI TB, Segala binatang yang merayap dan bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya adalah kejijikan bagimu. KJV, All fowls that creep, going upon all four, shall be an abomination unto you.Hebrew, 
כֹּל שֶׁרֶץ הָעֹוף הַהֹלֵךְ עַל־אַרְבַּע שֶׁקֶץ הוּא לָכֶם׃
Translit, KOL SYERETS HA'OF HAHOLEKH 'AL-ARBA' SYEQETS HU' LAKHEM 

11:21 Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah.11:22 Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.11:23 Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.




Anatomy Serangga secara umum :
Image

Struktur kaki serangga :
Image


Ada beberapa tafsiran untuk Imamat 11:20 :

Tafsiran 1. Imamat 11:20, bandingkan dengan Ulangan 14:19-20 "Segala binatang yang merayap dan bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya" lebih baik diterjemahkan dengan "semua serangga bersayap yang berjalan dengan keempat kakinya" (Revised standard version), sekalipun serangga sebenarnya mempunyai 6 kaki. Ayat 21 Tetapi ini yang boleh kamu makan : Jangkrik, belalang gambar, belalang kunyit termasuk serangga yang diperbolehkan untuk dimakan. Serangga tersebut di banyak bagian dunia saat ini masih dimakan.

Tafsiran 2. Serangga, binatang-binatang ini ditetapkan sebagai serangga yang merayap dan bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya. Ungkapan berjalan dengan keempat kakinya harus diartikan sebagai serangga yang berjalan atau merayap seperti binatang berkaki empat, karena berkaki enam menjadi sifat khas dari golongan serangga yang besar. Semuanya dilarang dengan kekecualian yang patut diperhatikan, yaitu empat golongan dari rumpun belalang yang dibedakan oleh kakinya yang panjang untuk meloncat. 
Yang berkaki empat dalam ayat 23 tidak mungkin sama dengan yang disebutkan dalam ayat 21 yang berjalan dengan keempat kakinya. Dengan menyisipkan "selainnya" dalam ayat 23 pada terjemahan LAI-TB menganggap kedua ungkapan itu sebagai senonim. Barangkali inilah arti yang pasti terhadapnya disebutkan, janganlah kiranya mengacaukan pembacanya.

Tafsiran 3. Meski umumnya serangga berkaki 6, namun ada serangga berkaki 4, pada masa kini masih dapat dijumpai di benua Australia :

Image
Australian Painted Lady Butterfly - a typical Nymph butterfly
Family NYMPHALIDAE is the largest butterfly family, with sizes that vary from large to small, most are in medium size. They show a great diversity of colour and pattern, although most of them with some brown colour. One distinct characteristic of this family of butterflies is that males always have four legs, most females have four (a few species Nymphs females have six legs). Their forelegs are reduced.


Kitab Taurat ditulis ± 1,300 tahun sebelum Masehi, dan pada saat itu bangsa Israel ada dalam pengembaraan menuju tanah perjanjian. Ada kemungkinan-kemungkinan adanya makhluk serangga berkaki 4 sebagaimana sekarang ada 1 jenis serangga tsb di Australia.

Jadi "klaim kesalahan fatal" dari penuduh tidak mutlak dapat dibenarkan.

Tidak ada komentar: