Kamis, 12 November 2015

TENTANG TUGAS PENGINJILAN YESUS

Sebelum YESUS disalib, para murid dilarang memberitakan Injil ke bangsa-bangsa lain. Bangsa Yahudi harus diberi kabar Injil lebih dahulu sebagai yang pertama. Berikutnya tugas merekalah untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia. Itu rencana ALLAH. Tapi karena bangsa Yahudi menolak Kekristenan, maka YESUS setelah kebangkitanNYA memberi tugas para murid untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia.

Matius
10:5Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
10:6melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Siapakah Samaria? Samaria adalah 10 suku Israel yang dipisahkan dari Yehuda dan Benyamin yang mendiami Yerusalem. Jika Alkitab berkata: "Israel" itu menunjuk mereka, sedangkan untuk yang 2 suku suka disebut: "Yehuda." Dan karena pemimpin Israel 10 suku itu suku Efraim, maka sering juga disebut dengan Efraim. TUHAN mengasingkan Samaria karena pola hidup mereka sudah amburadul seperti bangsa-bangsa lain.

Perintah setelah kebangkitanNYA:

Matius 28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Kis. 3:25Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.
3:26Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

Kis. 13:46Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Yes. 49:6"Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."

Tidak ada komentar: