Kamis, 31 Desember 2015

APA AGAMA SAYA?

Topik menarik di akhir tahun 2015 ini adalah pertanyaan: “Apakah agama saya?”
Kenapa pertanyaannya: “agama apa?” Pasti ada lebih dari 1 agama. Jika benar ada lebih dari 1 agama, agama apakah itu? Bisa kasih saran, agama apa yang sebaiknya saya anut, sebab saya masih belum punya agama.

APAKAH AGAMA? - menurut siapa?

Menurut umum?

Agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. - Wikipedia

Menurut pemerintah RI?

Tentu saja lembaga-lembaga keagamaan yang didaftarkan ke menteri agama. Ada 6 agama di Indonesia; Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha dan Khong Hu Chu. Selain itu akan disebut agama sesat atau aliran sesat. Jadi, ke-6 agama itu adalah agama yang lurus, yang benar menurut pemerintah RI.

Bagaimana dengan menurut Alkitab?

Menurut Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, agama dari TUHAN YAHWEH itu disebut: JALAN TUHAN. Ajaran JALAN TUHAN itulah yang oleh masyarakat Antiokia disebut ajaran Kristen. Jadi, nama “Kristen” bukanlah berasal dari TUHAN, melainkan dari masyarakat Antiokia;


Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

“Murid-murid itu disebut”, bukan “murid-murid itu menyebut.”


Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu, maka kata-Ku: "Mereka suatu bangsa yang sesat hati, dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku."

2Samuel
sebab aku tetap mengikuti jalan TUHAN dan tidak menjauhkan diri dari Allahku sebagai orang fasik.

Alkitab menyebut yang diluar Keyahudian sebagai kafir;


Sebab dari puncak gunung-gunung batu aku melihat mereka, dari bukit-bukit aku memandang mereka. Lihat, suatu bangsa yang diam tersendiri dan tidak mau dihitung di antara bangsa-bangsa kafir.

Jadi, “kafir” itu bukan non Islam tapi “non Yahudi.” Itu asal mulanya perkataan “kafir” diucapkan oleh nabi Bileam, di zaman nabi Musa.

Sementara itu dari agama induk yang 6 macam itu masing-masingnya terpecah ke dalam aliran-aliran. Kalau Islam: NU dan Muhammadiyah, sedangkan kalau Kristen ada ratusan. Nah, ketika saya cocokkan dengan Alkitab tak ada satupun agama yang mengamalkan ajaran Alkitab. Semuanya telah menyimpang jauh dari Alkitab, sehingga menurut Alkitab itu adalah sesat sekalipun menurut pemerintah itu agama yang resmi. Jika saya masuk ke salah satunya, maka saya akan dicap sesat oleh Alkitab, sekalipun menurut pemerintah saya dianggap orang yang beragama, yang Pancasilaisme.

Mana yang saya pilih antara dimusuhi TUHAN dengan dimusuhi pemerintah? Apa saran anda?

Tidak ada komentar: