Selasa, 29 Desember 2015

TENTANG HARI MINGGU

Dengan Kasih Setia;

Di Alkitab ada 8 ayat yang berbicara tentang hari Minggu; 4 ayat tentang kebangkitan YESUS, sedangkan salah satunya adalah Kisah 20:7;

Kisah
Tetapi sesudah hari raya Roti Tidak Beragi kami berlayar dari Filipi dan empat hari kemudian sampailah kami di Troas dan bertemu dengan mereka. Di situ kami tinggal tujuh hari lamanya.
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.
Di ruang atas, di mana kami berkumpul, dinyalakan banyak lampu.

Rasul Paulus sudah tinggal disitu selama seminggu. Ayat itu sudah menerangkan alasan diadakannya acara itu pada Minggu malam adalah karena rasul Paulus hendak melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Lagi pula siapa yang melarang diadakannya pertemuan setiap hari? TUHAN dan Alkitab tidak pernah melarang orang beribadah setiap hari atau pada hari apa saja. Anda hendak beribadah hari Jum'at atau hari Minggu tak masalah, tak dosa, tak melanggar hukum. Yang menjadi masalah adalah jika di hari Sabtu, hari ke-7 melakukan pekerjaan duniawi, seperti ke kantor, jalan-jalan ke mall-mall, belanja ke pasar, cuci pakaian, setrika, dan lain-lainnya. Di hari Sabtu semua orang harus berhenti melakukan aktifitas duniawinya.

Tapi mungkinkah orang melakukan pertemuan setiap hari jika orang harus mencari uang setiap harinya? Karena itulah TUHAN menetapkan pertemuan jemaat itu dilakukan pada hari Sabtu, sebab hari Sabtu ditetapkan sebagai hari perhentian ALLAH;

Ibrani
Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Sekarang tentang 1Korintus 16;

Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia.
Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.

Itu tentang pengumpulan uang persembahan untuk dibawa rasul Paulus ke Yerusalem pada setiap hari Sabtu. Orang-orang diminta supaya mulai menabung pada hari Minggu supaya ketika rasul Paulus datang uang itu sudah terkumpul. - “supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.”

Kolose 2
Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

Yang dibicarakan disitu adalah Sabat bayangan, yaitu hari raya-hari raya Yahudi. Sabat harafiah dengan Sabat lambang itu berbeda.

Kata anda: rasul Paulus ke gereja pada hari Sabat untuk memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi yang belum Kristen? Coba baca ayat-ayat ini:

Kisah
Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

Ibrani
Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Memangnya setahu anda sejak kapan orang Kristen mulai beribadah pada hari Minggu? Coba cari informasinya. Kalau data yang saya miliki;

>> Kitab yang paling akhir dituliskan adalah Wahyu, tahun 95 Tarikh Masehi.

Di tahun itu Yohanes masih menyebut hari Sabat sebagai hari TUHAN;


Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,



Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


Kasih Setia Murid2 Yesus Beribadah dan berkumpul pada Hari pertama (Minggu) silahkan lihat Kis 20:7, 1 Kor. 16:2, dsb.

Umatpun tidak boleh menyalahkan orang yang beribadah diluar Sabat (bdk. Kol. 2:16-17)

Adapun kisah tentang Paulus di hari sabat (Kis 13:14 , Kis 13:42, Kis 16:13, Kis 17:2)bukan dalam konteks beliau beribadat bersama dengan jemaat kristiani, melainkan justru dalam konteks mewartakan injil kepada jemaat Yahudi yang belum menjadi Kristen. Wajar saja beliau mengajar umat Yahudi di hari sabat karena umat Yahudi masih belum menjadi umat Kristiani yang beribadah pada hari Minggu (Kis 20:7). Ada yang tertarik pada ajaran Paulus tetapi masih belum mengikuti kebiasaan Kristiani sehingga meminta diajarkan di hari Sabtu (masih mengikuti kebiasaan Yahudi, bdk Kis. 13:42)

Salam Kasih

Tidak ada komentar: