Minggu, 13 Desember 2015

TUHAN MAHA MELIHAT ATAU TIDAK?

Kejadian 
3:8Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.
3:9Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"

Mengapa ALLAH bertanya: "Di manakah engkau?"

ALLAH tahu kalau Adam dan Hawa telah berbuat dosa. Tapi ALLAH tidak mau langsung menuding dosa mereka, melainkan menggunakan cara memancing pengakuan mereka sendiri. Mengapa mereka bersembunyi? Mengapa mereka ketakutan?

Ini jawaban Adam dan Hawa:

3:10Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."

Apa pertanyaan ALLAH selanjutnya?

3:11Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"

Ini jawaban mereka;

3:12Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."
3:13Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan."

Polisi dan hakimpun menggunakan tehnik dialog yang sama. Sekalipun mereka sudah tahu nama tersangka, mereka masih juga menanyakan: "Siapa namamu? ....... di mana rumahmu? ....... apa pekerjaanmu? ........... sekalipun mereka sudah memegang berita acaranya.

Tidak ada komentar: