Jumat, 01 Januari 2016

BERBAGAI MACAM PEKERJAAN PERANTARAAN

>> Media Facebook adalah media perantara antara anda dengan saya.

>> Hand Phone adalah sarana perantara antara anda dengan saya.

>> Toko adalah perantara antara pabrik dengan konsumer.

>> Calo/makelar adalah perantara antara penjual dengan pembeli.

>> Nabi dan rasul adalah perantara antara ALLAH dengan manusia.

>> YESUS KRISTUS adalah Perantara antara ALLAH dengan manusia.

Kekhususan YESUS KRISTUS sebagai Perantara antara ALLAH dengan manusia adalah DIA itu PERANTARA YANG SEJATI. Sebab para nabi dan rasul itu perantara kecil yang memberikan gambaran bagi perantaraan YESUS. Karena itu sesungguhnya bagi dunia hanya ada satu PENGANTARA saja, yaitu YESUS KRISTUS.

Di hadapan manusia, YESUS berlaku seolah-olah ALLAH yang menegakkan hukum. YESUS mendorong manusia untuk mentaati hukum supaya manusia bisa sesempurna ALLAH;


Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Tapi di hadapan ALLAH, YESUS mewakili keadaan berdosa kita. DIA mempersembahkan DiriNYA untuk menerima hukuman ALLAH, yakni kematian. Kenapa YESUS mau melakukan itu? Sebab YESUS tahu bahwa kita manusia yang cacat ini tak mungkin bisa sesempurna BAPA. Karena itu DIA menggunakan kesempurnaanNYA sebagai ANAK ALLAH untuk menutupi kelemahan kita.

Sebaliknya, jika YESUS tahu manusia itu tak mungkin bisa lepas dari dosa, mengapa YESUS menekankan penurutan pada perintah ALLAH? Tentu saja untuk memotivasi kita supaya kita berjuang untuk melawan dosa dengan fasilitas ROH KUDUS.

Itu sama seperti orangtua yang mendidik keras anak-anaknya supaya rajin belajar supaya mendapatkan ranking di sekolahnya. Jika ALLAH menolong kita dengan ROH KUDUS, orangtua menolong kita supaya pintar dengan mengeleskan atau mengkursuskan kita. Namun demikian sekalipun si anak tetap saja bodoh, apakah orangtua akan membuang anak itu, kecuali anak itu durhaka terhadap orangtuanya?!

Jadi, ada beda antara melanggar perintah ALLAH dengan menolak perintah ALLAH. Orang yang mau menerima 10 perintah ALLAH namun melakukan pelanggaran, dosanya masih bisa diampuni. Tapi orang yang secara terang-terangan menolak 10 perintah ALLAH dengan berbagai macam dalih, tentu termasuk orang yang tidak beriman atau mendurhakai ALLAH.

Ibrani
Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,

Ada tertulis, jika pada hari ini kamu mendengar “suara” ALLAH, jangan kamu membantahnya, lebih-lebih dengan dalil-dalil yang diluar Alkitab. Sebab masakan Firman ALLAH hendak dibandingkan dengan ajaran manusia? Di mana lagi imanmu terhadap Alkitab sebagai Firman ALLAH?!


Keturunan apakah kamu ini? Perhatikanlah firman TUHAN! Sudahkah Aku menjadi padang gurun bagi Israel atau tanah yang gelap gulita? Maka mengapa umat-Ku berkata: Kami sudah bebas, kami tidak lagi mau datang kepada-Mu?

Adakah Alkitab sudah dianggap sepi, sudah seperti macan ompong yang hanya bisa mengaum-aum tak bisa menggigit lagi? Sudah tak memiliki otoritas untuk memimpin kita lagi selain ayat-ayatnya yang kita pergunakan sebagai aksesoris belaka?! Setiap hari kita menggunakan ayat-ayat Alkitab, tapi tak ada satupun ayat yang kita taati.


Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.


Tidak ada komentar: