Selasa, 19 Januari 2016

DUA SIKAP YESUS

TUHAN YESUS mempunyai 2 sikap yang jelas; sikap keras sekali terhadap tokoh-tokoh agama Yahudi[Farisi, Saduki dan ahli Taurat], dan sikap lemah-lembut terhadap orang-orang berdosa dan masyarakat umum. Jadi, kelemahlembutan YESUS bukanlah untuk semua orang sebagaimana yang diajarkan oleh gereja-gereja sesat.

Siapa sajakah yang dimaksud sebagai orang berdosa? Pencuri, pelacur, pemungut cukai dan orang-orang yang dikucilkan oleh masyarakat. Mereka ini adalah orang-orang yang dimusuhi oleh kelompok orang-orang beragama yang merasa diri lebih benar. Padahal mereka inilah yang dicari ALLAH untuk diselamatkan, bukan mereka yang sok suci yang suka menyembunyikan kejahatannya dalam jubah kebesaran dan kedudukan mereka. Jabatannya memang keren; “tokoh masyarakat.” Pakaiannya memang keren: “jas dan dasi.” Tapi di dalamnya penuh rampasan; suka menyerobot tanah orang, suka menipu orang-orang kecil, utang tak bayar, korupsi, dan lain-lainnya. Orang-orang yang selalu pandai berkelit dari tuntutan hukum.

Mat. 9:13         Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Mat. 23:25       Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.

“Cawan dan pinggan” adalah penampilan yang keren dan selalu menjaga kebersihan. Rumahnya bersih, mobilnya bersih, kalau lihat kotoran merasa jijik, padahal hatinya adalah sampah.

Mereka adalah orang-orang yang ditakuti dan disegani masyarakat;

Matius 23:5     Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang;
23:6     mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat;
23:7     mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi.

Dengan rajin ke gereja dan menjadi tokoh gereja mereka merasa seolah-olah orang yang sudah sempurna, yang tak kekurangan apa-apa;

Lukas 18:11     Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;
18:12   aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.


Wahyu 3:17     Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

Siapakah yang diajar oleh YESUS? Yang diajar YESUS adalah masyarakat umum sedangkan yang dihajar YESUS adalah tokoh-tokoh agama. Setiap kali ketemu masyarakat umum, YESUS selalu memberikan pelajaran, tapi setiap ketemu tokoh-tokoh agama YESUS selalu mengecam mereka;

Matius 15:7     Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
15:8     Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
15:9     Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Kepada orang banyak YESUS katakan: “Berbahagialah kamu” tapi kepada tokoh-tokoh agama YESUS katakan: “Celakalah kamu.”

Matius 13:16   Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
13:17   Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Termasuk “nabi” adalah pendeta dan tokoh-tokoh agama. Terhadap kelompok ini ALLAH selalu berbicara secara rahasia;

Matius 13:11   Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Di manakah lingkungan pergaulan YESUS?
Mat. 11:19       Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Bagaimana YESUS membela pencuri? Seorang pencuri yang disalibkan bersama YESUS dijanjikan keselamatan, sementara belum ada seorang tokoh agama yang dijanjikan akan diselamatkan. Tepat seperti yang YESUS ucapkan;

Mat. 21:31       Siapakah di antara kedua orang itu yang melakukan kehendak ayahnya?"* Jawab mereka: "Yang terakhir." Kata Yesus kepada mereka: /"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Apakah maksudnya “mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan ALLAH?” Maksudnya, orang-orang berdosa itu lebih mudah dipertobatkan dari pada tokoh-tokoh agama itu. Sebab orang-orang berdosa itu menyadari kejahatannya, tapi para tokoh agama merasa dirinya sudah baik, sudah tidak memerlukan pertobatan. Para tokoh agama akan menjadi orang yang terbelakang, yang terlambat untuk bertobat sebab kebebalan mereka.

Bagaimana TUHAN YESUS membela Maria Magdalena yang kedapatan berzinah yang hendak dilempari batu oleh orang-orang Yahudi?

Lukas  8:7       Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Bagaimana TUHAN YESUS memberikan peran kepada Maria Magdalena dalam misi KEJURUSELAMATANNYA? Maria Magdalena diijinkan meminyaki tubuh YESUS dengan minyak narwastu, dan peristiwa itu harus dicatat dalam Injil;

Lukas 7:44      Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.
7:45     Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.
7:46     Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.

Mat. 26:13       Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."

Bagaimana hubungan YESUS dengan Zakheus, pemungut cukai? YESUS menginap di rumahnya dan menghasilkan pertobatannya;

Lukas 19:5      Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."
19:6     Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita.
19:7     Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa."
19:8     Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."
19:9     Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.
19:10   Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Mengapa TUHAN YESUS membenci tokoh-tokoh agama? Sebab mereka menyalahgunakan kedudukan mereka; agama untuk pameran, agama untuk kedok kejahatan, mempermainkan nama dan citra TUHAN, dan mengajarkan ajaran yang menyesatkan. Agama itu untuk keselamatan, jika agama itu rusak bagaimana bisa menyelamatkan? Garam itu untuk mengasinkan. Jika garamnya tawar bagaimana hendak mengasinkan? Bus itu untuk mengantarkan penumpang. Jika busnya mogok bagaimana mengantarkan penumpang? Karena itu jangan main-main dengan ajaran agama. Sebab sedikit ragi bisa mengkhamirkan seluruh adonan.  Sedikit kesalahan akan merusakkan seluruh kebenaran. Ajaran Alkitab harus dimurnikan, tidak boleh dicampuri dengan ajaran-ajaran yang bukan berasal dari ALLAH.

Ibrani 6:4         Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
6:5       dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6       namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.


Mat. 5:19         Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Yak. 2:10         Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.



Gereja mengajarkan 9 hukum dari 10 Hukum ALLAH, tapi hukum yang ke-4: hukum hari Sabat telah diabaikan. Itu sama artinya dengan merobohkan semua hukum. 

Tidak ada komentar: