Rabu, 27 Januari 2016

GEREJA YANG ALKITABIAH

Alkitab membagi manusia ke dalam 2 golongan: Kristen dan non Kristen;

Yohanes
Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.


Semua orang yang percaya pada YESUS adalah kelompok Kristen, sedangkan yang tidak percaya YESUS meliputi: Islam, Hindu, Buddha, Khong Hu Chu, Atheis, dan lain-lainnya.

Tapi apakah semua orang Kristen diselamatkan? TUHAN YESUS membagi Kristen ke dalam 2 golongan: yang melakukan 10 Perintah ALLAH dan yang menolak 10 Perintah ALLAH;

Matius
Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"



Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi.


Kalau YESUS ke gerejanya hari Sabtu, apakah anda mengikutiNYA?

Lukas
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.


Kemudian, dari antara kelompok orang-orang yang menuruti 10 Perintah ALLAH, yakni kelompok yang memelihara hari Sabat, TUHAN masih membagi lagi ke dalam 2 kelompok; kelompok yang suam-suam kuku akan dibuang. TUHAN YESUS hanya akan memilih orang-orang yang panas, yang ibadahnya panas menyala-nyala, sepenuh jiwa.

Wahyu
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.



Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;





Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.


Naga = iblis, sedangkan perempuan = gereja/jemaat. Iblis memerangi keturunan gereja Roma Katolik yang lain. Ini menyatakan bahwa anak-anak gereja Roma Katolik itu ada 2 golongan; ada yang menuruti 10 Perintah ALLAH dan ada yang tidak. Tentang hal ini Al Qur'an memberikan kesaksiannya;


QS. 2:65 : “Dan sesungguhnya TELAH KAMU KETAHUI orang-orang yang melanggar di antaramu pada Hari SABTU, lalu KAMI berfirman kepada mereka: Jadilah kamu kera yang hina.”


QS. 4:47 “Lalu KAMI putarkan ke belakang atau KAMI kutuk mereka sebagaimana KAMI telah mengutuk orang-orang [yang berbuat maksiat] pada Hari SABTU. Dan ketetapan ALLAH pasti berlaku.”


QS. 4:154: “….dan KAMI perintahkan [pula] kepada mereka: Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai Hari SABTU.”


QS. 16:124: “Sesungguhnya diwajibkan [menghormati] hari SABTU atas orang-orang [Yahudi] yang berselisih padanya.”

QS. 7:145: “Dan telah KAMI tuliskan untuk Musa pada lauh-lauh [Taurat] segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu.”

>> “Lauh-lauh” = Loh-loh batu.

QS. 62:9 : “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari berkumpul, maka bersegeralah kamu kepada mengingat ALLAH dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

QS. 3:113 “Mereka itu TIDAK SAMA; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat ALLAH pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud [sembahyang].”

QS. 2:253 “Maka ada di antara mereka yang beriman dan ada pula diantara mereka yang kafir.”

QS. 2:75 “Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, padahal segolongan dari mereka mendengar firman ALLAH lalu MENGUBAHNYA setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui.”

QS. 3:23  Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah diberi bahagian yaitu Al Kitab (Taurat), mereka diseru kepada kitab Allah supaya kitab itu menetapkan hukum diantara mereka; kemudian sebahagian dari mereka berpaling, dan mereka selalu membelakangi (kebenaran).

Jadi, menurut Al Qur'an orang-orang Kristen itu ada 2 golongan: ada yang setia pada Firman ALLAH dan ada yang murtad. Dan permasalahannya adalah pada masalah hari Sabat.


Sekitar tahun 1830 – 1844 di Amerika Serikat muncul seorang yang mengabarkan nubuatan 2300 petang dan pagi dari kitab Daniel. Orang itu adalah Williem Miller, seorang anggota gereja Baptis. Nubuatan itu berbicara tentang pemulihan tempat kudus;


Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar."

Perincian nubuatan itu:

Daniel
Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

TUHAN menetapkan 70 x 7 masa/tahun = 490 tahun untuk mencapai kedatangan MESIAS, YESUS KRISTUS. Perincian 490 tahun itu;

Daniel
Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

490 tahun itu dibagi 2: 7 x 7 tahun = 49 tahun dan 62 x 7 tahun = 434 tahun;

>> Perintah raja Persia: Artahsasta untuk membangun Bait Suci di Yerusalem, tahun 457 Sebelum Masehi. TUHAN menubuatkan pembangunan itu akan selesai dalam 49 tahun, dan itu menunjuk ke tahun 408 Sebelum Masehi.

>> Dari pembangunan Bait Suci ke kedatangan YESUS KRISTUS, ada 434 tahun, menunjuk ke tahun 27 Tarikh Masehi ketika TUHAN YESUS dibaptis oleh Yohanes Pembaptis.

Daniel
Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.
Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

490 tahun – 49 tahun – 434 tahun, ada sisa 1 x 7 tahun = 7 tahun. Pada pertengahan 7 tahun itu TUHAN YESUS disingkirkan[disalibkan]; 3,5 tahun dari baptisanNYA menunjuk ke tahun 31 Tarikh Masehi. Lalu 3,5 tahun sisanya adalah pembunuhan terhadap Stefanus, tahun 34 Tarikh Masehi. Ini menyatakan bahwa bangsa Yahudi benar-benar menolak Kekristenan, baik GURU maupun muridNYA.

2300 petang dan pagi = 2300 tahun:

>> Perintah pembangunan Bait Suci: 457 Sebelum Masehi.

>> Bait Suci selesai: 408 Sebelum Masehi.

>> YESUS dibaptis: 27 Tarikh Masehi.

>> YESUS disalib: 31 Tarikh Masehi.

>> Stefanus dibunuh: 34 Tarikh Masehi.

Total = 490 tahun.

2300 tahun – 490 tahun = 1810 tahun dari tahun 34 Tarikh Masehi menunjuk ke tahun 1844 Tarikh Masehi.

Williem Miller berpikir pemulihan tempat kudus itu adalah tentang kedatangan TUHAN YESUS yang keduakalinya[kiamat] akan terjadi pada tahun 1844 Tarikh Masehi. Setelah mengalami perubahan tanggal beberapa kali, akhirnya ditetapkanlah tanggal 22 Oktober 1844 berdasarkan hari grafirat, hari pendamaian Yahudi di mana setiap tahun sekali seorang imam besar memasuki bilik Mahasuci untuk menghadap ALLAH, mengadakan pendamaian bagi bangsa Yahudi.

Pekabaran itu mendapatkan sambutan luar biasa dari bangsa Amerika Serikat. Banyak jiwa-jiwa yang bertobat dan mempersiapkan diri menyambut kedatangan YESUS tersebut. Orang berhenti dari pekerjaannya, orang menjual segala hartanya dan membagi-bagikan ke fakir miskin. Mereka mengenakan jubah putih dan bersama Williem Miller naik ke puncak gunung pada tanggal 22 Oktober 1844 tersebut. Namun tak terjadi apa-apa!

Maka orangpun kecewa, marah dan menuduh Williem Miller penipu. Williem Millerpun sampai kena stroke. Terjadilah kekecewaan besar. Tercatat ada 50.000 orang meninggalkan gereja. Tentang peristiwa ini Alkitab menuliskan;


Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."


Wahyu 10 berbicara tentang Alkitab yang sudah terbuka – pengertian nubuatan yang rahasia sudah dibukakan. Williem Miller menggenapi itu: di mulut terasa manis, di perut terasa pahit. Di awal pekabaran itu menerima sambutan yang luar biasa, namun pada akhirnya sangat mengecewakan.

Tapi malaikat tetap menyuruh melanjutkan pekabaran itu;

Wahyu
Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."


Adalah seorang wanita yang mempunyai riwayat ketika masih kelas 4 Sekolah Dasar kepalanya kena lemparan penghapus dari temannya. Artinya, ada masalah dengan otaknya karena lemparan itu. Wanita itu adalah Ny. Ellen G. White, istri dari James White. Ada 8 orang yang bersama Ny. Ellen G. White yang bertekun mempelajari nubuatan Williem Miller. Mereka berdoa dan berpuasa mempertanyakan nubuatan 2300 petang dan pagi itu.

Akhirnya kepada Ny. Ellen G. White, TUHAN memberikan penglihatan dan pengertian bahwa pada tanggal 22 Oktober itu TUHAN YESUS bukannya turun ke tempat kudus di bumi, karena sejak tahun 70 Tarikh Masehi Bait Suci itu dimusnahkan oleh tentara Romawi. Tapi TUHAN YESUS masuk ke tempat kudus yang di sorga, tempat kudus yang sejati, yang bukan buatan manusia, yang menurut contoh Bait Suci yang di sorga itulah nabi Musa membuat Kemah Suci.

Ibrani
Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,
dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia.
Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan.
Sekiranya Ia di bumi ini, Ia sama sekali tidak akan menjadi imam, karena di sini telah ada orang-orang yang mempersembahkan persembahan menurut hukum Taurat.
Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya, "bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."



Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.


Tanggal 22 Oktober 1844 itulah Ny. Ellen G. White mulai melanjutkan pekabaran Williem Miller sebagaimana diwahyukan;

Wahyu
Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."

Ny. Ellen G. White pada waktu itu masih anggota gereja Baptis yang ibadahnya hari Minggu seperti anda. Namun atas pengajaran Joseph Bates akhirnya Ny. Ellen G. White menerima peribadatan hari Sabat dan di tahun 1863 Tarikh Masehi mendirikan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Tentang hal ini Alkitab menuliskan;

Ibrani
Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

ALLAH menyediakan suatu wadah, suatu gereja yang memelihara hari ke-7 bagi umatNYA. Dan inilah ayat untuk Ny. Ellen G. White;


Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".


Hari Sabat Alkitab yang sudah ditinggalkan orang selama berabad-abad, mulai dari dekrit Konstantin Agung yang mengubah hari Sabtu ke hari Minggu tahun 325 hingga tahun 1844 Tarikh Masehi. Ny. White disebut telah memperbaiki “dasar”, yakni 10 Hukum ALLAH yang sudah diletakkan oleh banyak keturunan;

Kisah
Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat.

Jika perkataan Yakobus di Kisah 15:21 itu terjadi tahun 35 Tarikh Masehi, artinya kebiasaan itu mulai terhenti pada tahun 325 Tarikh Masehi.

Ny. White disebut juga telah memperbaiki tembok yang tembus, tembok yang berlobang yaitu 10 Hukum ALLAH yang dikurangi hukum ke-4: “Ingat dan kuduskanlah hari Sabat.”

Dengan dikembalikannya hukum Sabat ke jemaat ALLAH, maka gereja disebut sudah layak huni. Gereja sudah bisa diterima di mulut YESUS;

Wahyu
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh sudah berada dalam mulut YESUS, sudah dikunyah oleh YESUS. Tapi sayang, YESUS merasakan adanya racun di dalam gereja ini sehingga harus dimuntahkan. Itulah ajaran melarang orang makan makanan haram[Imamat 11] dan ajaran vegetarian Advent yang tidak Alkitabiah;

1Timotius
Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,
sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

Ajaran melarang makanan Imamat 11 itu adalah dari setan-setan. Itulah sebabnya harus dimuntahkan oleh YESUS. Sebab ALLAH sudah mencabut larangan itu;

Kisah
Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."


karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.


Keimamatan Lewi selesai, maka selesai pulalah kitab Imamat yang ditulis oleh nabi Musa. Kalau mau menegakkan Imamat 11[makanan-makanan haram], ya harus diadakan lagi imam-imam Lewi. Dan itu artinya tidak mempercayai TUHAN YESUS.


Tidak ada komentar: