Kamis, 11 Februari 2016

II. AJARAN IBADAH HARI MINGGU

1. Ini juga produk dari Konsili Nicea I, kaisar Konstantin Agung mengeluarkan dekrit supaya orang berhenti bekerja di hari Minggu dengan tujuan supaya orang Kristen berbeda dari bangsa Yahudi yang memelihara hari Sabtu. Maka semenjak saat itu orang-orang Kristen yang ibadahnya hari Sabtu dipaksa masuk ke agama Roma Katolik yang ibadahnya hari Minggu.

2. TUHAN YESUS menyuruh kita memperhatikan nubuatan nabi Daniel supaya kita tidak kehilangan pedoman.

Matius 24:15   "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya—

Daniel menyebut Pembinasa keji itu sebagai “tanduk kecil yang menyombongkan diri.”

Daniel 7:25      Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

“Tanduk kecil” yang kita kenali sebagai paus Vatikan itu melakukan hal-hal ini:

a. Melawan ALLAH.

b. Menganiaya orang-orang Kristen selama 1260 tahun: 538 – 1798 Tarikh Masehi.

Lahirnya negara Amerika Serikat dan Australia adalah bukti dari adanya penganiayaan di daratan Eropa, sehingga banyak orang-orang Eropa yang lari keluar dari Eropa dan mencari tempat yang jauh dari jangkauan Vatikan.

c. Mengubah waktu dan hukum.

>> Waktu: Sabtu ke Minggu.
>> Hukum: hukum ke-4 dari 10 hukum ALLAH.

Berdasarkan Daniel 7:25 tersebut bolehkah mengubah waktu dan hukum ALLAH?

3. ALLAH mengadakan hari Sabat untuk keperluan manusia;

Mrk. 2:27        Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Sama seperti nasi diadakan untuk pengisi perut manusia, hari Sabat diadakan untuk waktu beristirahat manusia. Bahwa manusia membutuhkan waktu istirahat setelah 6 hari melakukan pekerjaan.

>> Istirahat insidentil: jika tubuh lelah sehabis berolahraga.

>> Istirahat harian: kita butuh tidur yang cukup.

>> Istirahat mingguan: Hari Sabtu.

Keluaran 20:9  enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,

Kenapa kita bekerjanya selama 6 hari?

Keluaran 20:11            Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya,

Kenapa kita berhentinya di hari Sabtu?

Keluaran 20:11            dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

SUPAYA SAMA, SUPAYA SERAGAM DENGAN ALLAH.

Ibrani 4:10       sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Why. 14:4        Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi.

4. Supaya YESUS menjadi TUHAN kita;

Yeh. 20:20       kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.

Mat. 12:8         Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Kalau kita menguduskan hari Sabat, maka orang-orang Islam, Hindu, Buddha dan lain-lainnya menjadi tahu bahwa kita ini umat ALLAH, pengikut YESUS. Sebab YESUS berkebiasaan masuk ke gereja pada setiap hari Sabat;

Lukas 4:16      Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Kis. 17:2          Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu. Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci.

5. Ibrani pasal 3 dan 4;

Judul Ibrani pasal 3: “BINASA KARENA MURTAD.”

Judul Ibrani pasal 4: “HARI PERHENTIAN YANG DISEDIAKAN ALLAH.”

Hari apakah hari perhentian yang disediakan ALLAH bagi umatNYA?

Ibrani 4:9         Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Jika hari Minggu apakah itu umat ALLAH? Dari mana ayatnya yang mengatakan hari Minggu itu umat ALLAH?

Ibrani 4:10       Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Apa kata Ibrani 4:11 tentang anda yang berhari Minggu?

Ibrani 4:11       Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

Rasul Paulus menyuruh umat Kristen untuk menguduskan hari Sabat dan jangan meniru orang-orang hari Minggu yang tidak taat, yang di zaman nabi Musa dibinasakan ALLAH di padang gurun;

Yesaya 66:22   Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.
66:23   Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.
66:24   Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Di kota Yerusalem yang baru nanti kita juga akan beribadah kepada ALLAH di hari Sabat, dan kita akan melihat orang-orang hari Minggu dibakar di neraka. Sebab mereka itu sekumpulan orang-orang yang berjiwa pemberontak, yang selalu suka berdalih.

Setelah anda diberi pengetahuan bahwa hari Minggu itu waktu yang najis, masihkah anda ke sana sehingga menajiskan diri? Tahu dosa masih juga melakukan dosa. Saya berkata: “Stop!” Hentikan langkah kaki anda ke gereja hari Minggu. Lebih baik tidak ke gereja, di rumah dipergunakan untuk merenungkan segala perkataan saya baik-baik untuk dicapai kepastian kebenarannya yang mana yang benar: yang Sabtu atau yang Minggu. Setelah dipastikan bahwa hari Minggu yang benar, maka lanjutkan tak masalah.

Saya tidak menyuruh anda mempercayai omongan saya begitu saja. Tapi coba perhatikanlah, jangan diabaikan begitu saja.

6. Tahun 31 Tarikh Masehi ketika TUHAN YESUS disalibkan;

Lukas 23:55    Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.
23:56   Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

7. Tahun 35 Tarikh Masehi ketika TUHAN YESUS sudah di sorga;

Kisah  15:21    Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

8. Tahun 40 Tarikh Masehi ketika Paulus bertobat dan menjadi rasul;

Kis. 13:42        Ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya.

9. Tahun 60 Tarikh Masehi ketika rasul Paulus menuliskan kitab Ibrani;

Ibrani 4:9         Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10     Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.
4:11     Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

10. Tahun 70 Tarikh Masehi ketika terjadi pengepungan kota Yerusalem oleh jendral Titus;

Matius 24:19   Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
24:20   Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
24:21   Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

Apa maksudnya “celakalah ibu-ibu yang sedang hamil ......” TUHAN YESUS kasihan dengan ibu-ibu yang sedang hamil karena mereka akan kesulitan melarikan diri.

11. Tahun 95 Tarikh Masehi ketika Yohanes menuliskan kitab Wahyu;

Why. 1:10        Pada “hari Tuhan” aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,

“Hari TUHAN” menurut Alkitab adalah hari Sabat sedangkan menurut Katolik adalah hari TUHAN YESUS bangkit, yaitu hari Minggu. Manakah yang benar?

Yeh. 20:20       kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.


Jadi, hingga penutupan Alkitab tahun 95 Tarikh Masehi tidak ada peribadatan di hari Minggu yang dilakukan oleh para rasul dan orang-orang Kristen di waktu itu. Haruskah kita mengikuti kebiasaan Santa Klaus yang berhari Minggu?

       

Tidak ada komentar: