Senin, 18 April 2016

APA BEDA ALLAH DENGAN BAPA?

ALLAH dari kata: Al Ilah; sesuatu yang disembah, bahasa Ibraninya: ELOHIM artinya TUHAN, TUAN, MAJIKAN. Karena itu ALLAH itu galak, tukang perintah sebagaimana penampilanNYA di Perjanjian Lama ketika menegakkan hukum. Tapi di Perjanjian Baru YAHWEH mengutus ANAKNYA, sehingga kita disebut anak-anak YAHWEH dan YAHWEH menyatakan Diri sebagai BAPA kita. Karena BAPA, maka DIA lebih lemah-lembut. BAPA menegakkan kasih, bukan hukum. Kasih itu mengampuni, hukum tak mengenal pengampunan.

Kasih itu untuk keluarga, hukum itu untuk orang lain. Karena orang lain, jika bersalah akan dituntut secara hukum, akan dilaporkan ke polisi. Tapi ikatan kekeluargaan lebih mengedepankan pengertian.

Di Perjanjian Lama sebagai ELOHIM, yang diutus seorang nabi – hamba ELOHIM, galak dalam menegakkan hukum, makanannya darah dan daging alias nyawa.

Di Perjanjian Baru sebagai BAPA, yang diutus ANAKNYA, yang ditegakkan kasih, makanannya roti dan anggur.


Di Perjanjian Lama YAHWEH berkata: “Orang berdosa itu harus mati.” YAHWEH turun ke dunia mencari orang berdosa untuk dihukum. Di Perjanjian Baru, YESHUA berkata: “Orang berdosa itu harus diampuni.” YESHUA datang mencari orang berdosa untuk diselamatkan.

Tidak ada komentar: