Jumat, 15 April 2016

FIRMAN NAMA DAN FIRMAN SABDA

Sungguh memprihatinkan sekali kondisi nalar saudara-saudara kita yang berhari Minggu. Mungkin kutuk yang membuat mereka tampak bodoh dan seperti kanak-kanak yang hidup dalam angan-angan dongeng. Seperti kanak-kanak yang suka semau-maunya sendiri sekalipun nggak benar. Yang hitam mereka sebut putih, yang putih mereka sebut hitam. BAPA disamakan ANAK. Entah sejak kapan ada BAPA yang sama dengan ANAKNYA? FIRMAN nama Orang disamakan dengan firman perkataan TUHAN. Mereka sama sekali buta Alkitab, buta seluk-beluk penulisan Alkitab dan buta dengan sejarah Kekristenan. Terlalu sederhana sekali jika berpikir Alkitab terbitan LAI - Lembaga Alkitab Indonesia sebagai satu-satunya sumber yang dianggap tidak boleh diganggu-gugat, sebagai mutlak benar. Seolah-olah Alkitab itu kelahiran Indonesia sehingga tidak ada sumber lainnya di belakang LAI.

Saya sedih dan leher seperti tercekik mendapati kesulitan mereka mencerna ulasan saya yang sudah sangat saya sederhanakan. Bagaimana langkah ini bisa maju jika kaki dibelenggu oleh kelambanan berpikir mereka, yang jika tidak dilayani akan mengacaukan yang lainnya, sedangkan jika dilayani menjadi suatu kemunduran bagi saya. - Hua..ha..ha..... memang membutuhkan kesabaran yang tinggi mengasuh anak-anak, ya?!

Sorry, bukan saya saja yang marah dan geregetan menghadapi orang-orang seperti anda, tapi YAHWEH, YESHUA dan para rasulpun dibuat gusar;

Yer. 4:22"Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu."

Luk. 24:25Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

1Kor. 14:20Saudara-saudara, janganlah sama seperti anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah anak-anak dalam kejahatan, tetapi orang dewasa dalam pemikiranmu!

Gal. 4:19Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Nama YESHUA adalah YESHUA ha MASHIA. Itu nama, sedangkan sebutannya ada banyak sekali; Penasehat Ajaib, ALLAH yang Perkasa, BAPA yang Kekal, RAJA Damai, Alfa dan Omega, Imanuel, FIRMAN ELOHIM, Melkisedek, Tunas Daud, Singa dari Yehuda, ANAK ELOHIM, ANAK Manusia, Anak Domba ELOHIM, Penghulu Malaikat, Malaikat TUHAN, Mikael, RAJA segala raja, dan lain-lainnya. Jadi, sebutan FIRMAN ELOHIM merupakan salah satu dari sekian banyak sebutanNYA.

Yohanes
1:1Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

Orang yang "bernama" FIRMAN itu bersama-sama dengan ELOHIM atau TUHAN. Keterangan "bersama-sama dengan ELOHIM" itu diulang dua kali di ayat 2, menyatakan bahwa FIRMAN itu bukan YAHWEH, tetapi ELOHIM. Alkitab Terjemahan Lama menuliskan bahwa "FIRMAN itu juga ELOHIM."

TLMaka pada awal pertama adalah Firman, dan Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itulah juga Allah.

FAYHSEBELUM segala sesuatu ada, Kristus sudah ada bersama dengan Allah.

Jika "FIRMAN" itu perkataan atau mulut YAHWEH tidak mungkin dijelaskan keberadaannya bersama-sama YAHWEH. Sebab mulut itu menyatu dengan tubuh. "Bersama-sama dengan" menyatakan FIRMAN itu tidak sendirian, melainkan ada temannya yaitu YAHWEH. Klop dengan keterangan di waktu penciptaan bahwa YAHWEH bersama YESHUA menciptakan alam semesta bersama-sama, dan disebut: "KITA."

Kej. 1:26Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Kej. 3:22Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; 

Kej. 11:7Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."

Yoh. 17:11Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Yoh. 17:21supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Selanjutnya rasul Yohanes menjelaskan kalau FIRMAN itu kemudian menjadi Manusia dan diam di antara kita. Bukan YAHWEH yang menjelma menjadi Manusia tapi FIRMAN;

Yoh. 1:14Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Yohanes menerangkan bahwa kemuliaan FIRMAN itu berasal dari BAPANYA, dan FIRMAN itu adalah ANAK TUNGGAL BAPA. Jadi, jelaslah bahwa FIRMAN itu adalah YESHUA, ANAK YAHWEH.

Apa sebab YESHUA disebut FIRMAN YAHWEH? Sebab perkataan YESHUA disamakan dengan perkataan YAHWEH. YESHUA berbicara sebagai ANAK yang penuh kuasa, bukan sebagai hamba seperti para nabi yang berbicara berdasarkan pesanan YAHWEH.

Nabi Musa menerangkan bahwa perkataan YESHUA akan dijadikan dasar penghakiman;

Ulangan
18:19Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

"FirmanKU yang akan diucapkan nabi itu" menyatakan bahwa perkataan YESHUA dipersamakan dengan perkataan YAHWEH. YAHWEH sangat mempercayai YESHUA.

Ulangan
18:18seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Nabi Yesaya menerangkan;

Yes. 42:1Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

"AKU telah menaruh ROHKU ke atasnya" menyatakan bahwa Kesejiwaan antara YAHWEH dengan YESHUA. "Supaya IA menyatakan hukum ....." menerangkan bahwa YESHUA berkuasa membuat hukum sebagaimana kata-kata YESHUA ini;

Matius
5:38Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

YESHUA berani membatalkan firman YAHWEH, kataNYA: "Tetapi AKU berkata kepadamu." YESHUA juga membuat perintah baru untuk murid-muridNYA;

Yoh. 13:34Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

YAHWEH menyerahkan tampuk pemerintahan kepada YESHUA;

Yesaya
9:6(9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7(9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

Yoh. 16:15Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Yoh. 5:21Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

Yoh. 12:49Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.

Ibrani
1:1Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
1:2maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Jika zaman dulu YAHWEH berbicara melalui para nabi, kini YAHWEH berbicara melalui ANAKNYA yang telah ditetapkan sebagai yang berhak.

Sebab para nabi berbicara atas pesanan YAHWEH;

Keluaran
11:2Baiklah katakan kepada bangsa itu, supaya setiap laki-laki meminta barang-barang emas dan perak kepada tetangganya dan setiap perempuan kepada tetangganya pula."

11:4Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir.

Perintah TUHAN: "Katakan kepada bangsa itu", lalu Musa berkata kepada bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN."

Yer. 14:14Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

Seorang nabi itu bekerja berdasarkan pengutusan, berdasarkan perintah dan berdasarkan firman YAHWEH.


Seorang nabi tidak bisa bekerja bebas menurut suka-suka hatinya sendiri, tapi YESHUA memiliki kebebasan berbuat sekehendak hatiNYA sendiri. Apa sebab? Sebab YAHWEH sudah sangat mempercayai. Kalau YAHWEH meragukan seseorang, maka orang itu takkan dikasih kebebasan. Tapi kalau YAHWEH sudah mempercayai maka barulah orang itu menerima kebebasan. Dan YESHUA adalah ANAK yang bisa dipercayai. Itulah sebabnya posisiNYA di sebelah kanan YAHWEH.

Inilah kuasa ANAK;

Mat. 9:6Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasamengampuni dosa"* --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:/"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Yoh. 10:18Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasamemberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Mat. 12:8Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Yoh. 5:22Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,

Yoh. 9:39Kata Yesus: "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."

Matius
28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Yoh. 5:21Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

Jadi, FIRMAN nama itu berbeda dengan firman sabda.

Tidak ada komentar: