Sabtu, 23 April 2016

MEMBACA KITAB IBRANI 14

Ibrani 10:19-39 berjudul: "Ketekunan."

Apakah arti ketekunan menurut Alkitab?

Ezra
7:23Segala sesuatu yang berdasarkan perintah Allah semesta langit, harus dilaksanakan dengan tekun untuk keperluan rumah Allah semesta langit, supaya jangan pemerintahan raja serta anak-anaknya kena murka.

Amsal
8:17Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.

Ibrani
10:36Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Dari 3 ayat di atas tersiratkan arti ketekunan adalah kesetiaan. Sedangkan arti setia adalah tetap pada komitmen semula[teguh pendirian], tidak pergi ke mana-mana[takut dianggap khianat], menunggu sampai selesai[taat dan patuh].

Ketika ada ancaman terhadap Israel, nabi Samuel berjanji akan kembali ke Gilgal, ke raja Saul untuk melayangkan doa kepada YAHWEH atas ancaman tersebut. Namun ketika waktu yang dijanjikan telah lewat, nabi Samuel terlambat datang, sementara pasukan raja Saul mulai gelisah karena semakin terdesak, raja Saul bertindak lancang mempersembahkan korban sendiri melangkahi nabi Samuel. Pada saat itulah nabi Samuel datang dan menegur raja Saul secara keras, bahwa karena ketidaksetiaan raja Saul maka TUHAN mencabut pengurapanNYA dan menyerahkannya kepada Daud. - 1Samuel 13:8-14.

Itulah hamba yang didapati tuannya tidak setia;

Mat. 24:46Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

Jadi, harusnya apapun yang terjadi, raja Saul harus tetap diam, entah hidup atau mati resikonya. Itulah tandanya kesetiaan. Lebih-lebih yang berjanji itu TUHAN. Jangan lancang mengambil langkah-langkah sendiri tanpa berdasarkan perintah TUHAN, seperti memindahkan hari Sabat ke hari Minggu, membuat model berdoa sendiri lipat tangan tutup mata, mengadakan perayaan hari Natal sendiri, membuat tanggal Tahun Baru sendiri 1 Januari, memperpanjang acara perayaan Paskah yang seharusnya sudah diakhiri oleh kematian YESHUA. Tak ada satupun acara ibadah gereja-gereja Minggu yang memiliki kekuatan dari Alkitab. Mereka adalah orang-orang yang tidak setia, orang-orang yang murtad, yang selalu memberontak dengan main tafsir ayat secara semau-maunya sendiri.

Why. 2:13Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.

Orang-orang Minggu memang tidak menyangkali nama YESHUA, melainkan mengaku beriman pada YESHUA, namun sesungguhnya mereka adalah jemaah iblis;

>> Hari Minggu - Sunday - hari penyembahan kepada dewa Matahari.

>> 25 Desember - Natal - hari kelahiran dewa Matahari.

>> Ciri khas dewa Surya atau Wisnu atau Syiwa adalah berambut panjang seperti YESUS.

Jadi, kalau di agama Hindu namanya disebut Surya atau Wisnu atau Syiwa, sedangkan kalau di agama Kristen namanya disebut YESUS KRISTUS.

Okey, sekarang kita masuk ke kitab Ibrani;

Ibrani
10:19Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
10:20karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,
10:21dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah.
10:22Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

Sangat rugi sekali jika anda menjadi orang Kristen yang setengah hati, sebab YAHWEH tak menghendaki orang-orang yang setengah hati, melainkan menuntut dikasihi secara totalitas; seluruh waktumu, seluruh hidupmu, seluruh pikiranmu harus dipersembahkan untuk YAHWEH;

Matius
22:37Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Mat. 6:24Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

1Kor. 7:23Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Ibrani
10:23Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia.

Kita harus berpegang teguh pada pengakuan pengharapan kita. Apa pengakuan pengharapan kita sebagai orang Kristen? Bukankah kita ini mengaku percaya kepada YAHWEH, kepada YESHUA? Bagaimana kita yang percaya tidak melakukan apa yang kita percayai? - Berhati-hatilah jika termasuk pada pengakuan palsu;

Mat. 15:8Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

Matius
7:21Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Berhati-hatilah sebab Alkitab bukan sebagaimana buku kimia, fisika, matematika dan biologi. Sebab kalau buku-buku ilmu pengetahuan itu dibaca saja tanpa dipraktekkan tak apa-apa. Tapi celakalah kalau Alkitab hanya dibaca-dibaca saja tanpa dipraktekkan.

Ibrani
10:24Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Semua tulisan saya yang menyampaikan kritik-kritik tajam terhadap semua kesalahan peribadatan anda adalah dalam rangka saya memperhatikan anda. Merupakan kewajiban saya sebagai seorang penginjil untuk mendepak kesalahan dan menegakkan kebenaran.

Ibrani
10:25Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Pertemuan ibadah bukan pergi ke gedung gereja. Bertemu orangnya, bertemu saudara-saudara seiman kita, bukannya mendatangi gedung gereja. Saat ini sedang terjadi kesalahan umum yang menghinggapi seluruh orang Kristen, bahwa peribadatan mereka adalah pada gedung gerejanya, bukan pada manusianya.

>> Ke gereja bukannya saling ngobrol hal kemuliaan TUHAN, tapi duduk berdiam diri. Gedung gereja dibuat sunyi seolah-olah kesunyian itu kekhusyukan ibadah. Padahal gedung gereja harus ramai kayak pasar ayam. Antar jemaat harus ada perbincangan, saling memberikan kesaksian, harus ada diskusi Alkitab, harus terjadi pertentangan pendapat, supaya ketika pulang ada berkat yang dibawa pulang, yakni pengetahuan bertambah.

1Kor. 14:3Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.

>> Antar jemaat tidak saling mengenal. Bukan sekedar kenal nama, tapi terjadi persaudaraan yang akrab. Jika seseorang menghadapi persoalan bukannya "curhat" - mencurahkan hatinya ke tetangganya yang bukan seiman, tapi tidak gengsi untuk curhat ke saudara seimannya. Saat ini di gereja sedang terjadi persaingan kekayaan, sehingga timbul gap antara kaya dengan miskin. Gengsinya besar sekali.

>> Kalau menyumbang pembangunan gedung gereja antusias sekali, tapi kalau untuk kepedulian ke fakir-miskin sangat kurang.

Jadi, orang Kristen saat ini sedang jatuh ke dalam penyembahan gedung, batu bata, semen Cibinong dan pasir. Berhati-hatilah sebab anda sudah jauh sekali menyimpang dari maksud TUHAN.

Ibrani
10:26Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
10:27Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Berhati-hatilah setelah anda mendapatkan pencerahan tentang kebenaran, sebab TUHAN menghukum berdasarkan pengetahuan orang;

Lukas
12:47Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.
12:48Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."

Ibrani
10:28Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.
10:29Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?

Jika melanggar Hukum Taurat saja dihukum mati, lebih-lebih lagi jika anda tidak memperhatikan dan tidak menghargai YESHUA. Jika perkataan-perkataan YESHUA anda anggap angin lalu saja.

Ibrani
10:30Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."
10:31Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup.

YAHWEH adalah ELOHIM yang hidup yang nyata-nyata ada, bukan seperti dewa-dewa dan patung-patung. Kalau ajaran agama-agama Islam, Hindu, Buddha dan Khong Hu Chu boleh anda abaikan sebab mereka semuanya hanyalah angin. Tapi Alkitab? Perkataan kudus YAHWEH? Ngeri sekali itu!

Ibrani
10:32Ingatlah akan masa yang lalu. Sesudah kamu menerima terang, kamu banyak menderita oleh karena kamu bertahan dalam perjuangan yang berat,

Ingatlah, mengikuti ajaran TUHAN itu memerlukan perjuangan yang berat, sebab ajaran TUHAN bukan ajaran yang remeh. Karena itu diperlukan kesungguh-sungguhan. Hanya kesungguh-sungguhan saja yang bisa meringankan beban Kristen. Tapi menjadi sangat berat jika anda kurang bersungguh-sungguh. Sama seperti mendorong mobil mogok. Jika anda mengerahkan seluruh tenaga, maka mobil itu terasa ringan. Tapi jika anda hanya setengah tenaga saja, maka mobil itu terasa sangat berat.

Ibrani
10:33baik waktu kamu dijadikan tontonan oleh cercaan dan penderitaan, maupun waktu kamu mengambil bagian dalam penderitaan mereka yang diperlakukan sedemikian.

Menjadi orang Kristen benar-benar berat sekali. Saya sendiri menikmati betapa menyakitkan sekali ketika semua orang membenci saya.

Ibrani
10:34Memang kamu telah turut mengambil bagian dalam penderitaan orang-orang hukuman dan ketika harta kamu dirampas, kamu menerima hal itu dengan sukacita, sebab kamu tahu, bahwa kamu memiliki harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya.
10:35Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.

Orang Kristen harus siap kehilangan harta maupun nyawa. Biarlah hilang harta dan nyawa asalkan jangan TUHAN yang hilang dari jiwa kita.

Ibrani
10:36Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Kamu memerlukan ketekunan, yakni kepatuhan dan ketaatan yang berpedoman pada Alkitab. Jangan melebihi dari Alkitab sekalipun itu nampaknya lebih indah, lebih menarik, ataupun lebih baik. Jangan masuk ke dalam pencobaan Hawa di Taman Eden;

Kej. 3:6Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Gal. 1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.


Ibrani
10:37"Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.
10:38Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

Hidup oleh iman artinya adalah meyakini dengan apa yang ada dalam Alkitab. Jika keluar dari Alkitab, YESHUA tak berkenan pada kita.

Ibrani
10:39Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Apakah anda termasuk orang yang mulai mengundurkan diri dari Alkitab? Mulai meninggalkan Alkitab dan menggantikannya dengan dongeng di luar Alkitab? Berhati-hatilah!

Tidak ada komentar: