Kamis, 28 April 2016

MEMBACA KITAB IBRANI 19

Ibrani 13:1-25 berjudul: "Nasehat dan doa selamat."

Ibrani 13:1Peliharalah kasih persaudaraan!

Kasih persaudaraan bukan berarti membiarkan saudara kita memakan doktrin atau ajaran yang beracun atau membiarkannya berada dalam suatu kesalahan, tapi kekritisan atau tegoran kita harus berdasarkan kasih. Dan kasih bukan berarti mesam-mesem atau cengengas-cengenges atau senyam-senyum saja, tapi bila perlu menghardik! Orang-orang gereja Minggu tak mengerti di sini. Dalam kesederhanaan dan keluguan pikiran mereka yang gelap, kasih menurut mereka itu kelemahlembutan, sedangkan yang kasar-kasar bukan kasih. Padahal di Perjanjian Lama, YAHWEH itu kasar dan keras sekali dalam mendidik Israel. Orang salah sedikit saja sudah dibunuhNYA. Sedangkan YESHUA di Perjanjian Baru juga nggak kalah galaknya kalau menghadapi orang-orang Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat. Setiap kali ketemu mereka tak pernah ada kata salam, tapi tanpa basa-basi langsung menonjok mereka dengan ucapanNYA: "Celakalah, engkau Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat."

Orang-orang gereja Minggu terlalu lemah dan memandang remeh terhadap masalah doktrin atau ajaran. Mereka telah termakan gerakan "Oikumene" yang merupakan program paus Vatikan yang berusaha merangkul kembali anak-anaknya yang minggat, yakni supaya orang-orang Kristen bersatu dalam persekutuan dengan cara mengabaikan masalah perbedaan doktrin. Padahal YAHWEH menuliskan ajaran-ajaranNYA melalui 40-an orang nabi, melingkupi rentang waktu 1600 tahun, dan memakan 1500 halaman Alkitab, yang kesemuanya adalah mata pelajaran orang Kristen. Namun oleh orang-orang gereja Minggu yang picik itu, semua "jerih-lelah" YAHWEH itu tidak dihargai sama sekali. "Lupakanlah doktrin, mari kita menari-nari saja."

Padahal musuh pertama YAHWEH adalah penyesat. Dan yang disebut penyesat adalah orang yang menyimpangkan ajaran Alkitab. Alkitab tidak berkata, dibilang seolah-olah Alkitab berkata. YAHWEH tidak berfirman dibuat seolah-olah YAHWEH berfirman.

Yes. 8:20"Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.

"Carilah pengajaran dan kesaksian." Alkitab adalah sumber pengajaran dan kesaksian. Nah, siapa yang bicaranya tidak sesuai Alkitab, tidak Alkitabiah, baginya takkan melihat matahari terbit!

Alkitab adalah doktrin Kristen! Tapi anda berkata: "doktrin tidak penting, yang penting iman saja." Bagaimana orang beriman tanpa berdasarkan Alkitab? Justru iman itu dibangun oleh Alkitab. Di dalam Alkitab itu ada aturan-aturan yang harus dikerjakan, sehingga tidak mungkin diimani saja, sebab menuntut dikerjakan. Kalau keberadaan YAHWEH itu bisa diimani saja. Tapi bagaimana suatu aturan diimani? Konyol sekali!

Ibrani 13:2Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

Kebiasaan bangsa Israel secara turun-temurun adalah memberikan tumpangan bagi tamu-tamunya atau kafilah-kafilah yang sedang dalam perjalanan. Tapi anda malah mendirikan hotel, losmen dan penginapan! TUHAN menyuruh gratisan, anda menuntut bayaran. Bagaimana anda bisa mendapatkan pahala dengan pikiran-pikiran komersial seperti itu?!

Karena itu orang Kristen janganlah mendirikan hotel atau losmen atau penginapan, sebab konsepnya bertentangan dengan Alkitab. Sebab kalau memberi tumpangan itu pada orang-orang yang tidak dikenal, bukan kepada sanak famili atau teman. Bukankah hotel itu untuk orang-orang yang tidak dikenal?!

Baca Matius 25:31-46, atau klik di sini:

http://sabdaweb.sabda.org/passages/?p=Matius+25%3A31-46&s=on

Ibrani 13:3Ingatlah akan orang-orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang-orang hukuman. Dan ingatlah akan orang-orang yang diperlakukan sewenang-wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini.

Orang-orang Kristen janganlah masuk perpolitikan seperti gubernur DKI: Ahok, tapi orang-orang Kristen harus mencermati kinerja pemerintahan dalam penegakan keadilan. Kita harus bersuara lantang terhadap ketidakadilan dan kesewenang-wenangan.

Ibrani 13:4Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.
13:5Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

Jadilah hamba ELOHIM, jangan sampai diperbudak oleh uang! Hati-hati dengan jerat dunia melalui model-model, sebab itu bersifat serial yang mengikat anda. Barang kemarin dibilang ketinggalan zaman, barang hari ini akan berlalu, barang-barang terbaru berdatangan. Anda akan didesak untuk membeli yang terbaru terus-menerus. Sampai kapan itu berakhirnya?

Ibrani 13:6Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

Keuangan saya sehari habis untuk sehari. Namun demikian jika saya membutuhkan sesuatu, seketika itu juga TUHAN memberikannya melalui berbagai macam cara yang ajaib, mentakjubkan, tak masuk akal! Jadi, sekalipun saya tak pernah berlebih-lebihan, namun nyatanya juga tak pernah sampai kekurangan.

Saya adalah tubuh + TUHAN. Selain tubuh yang ada hanya TUHAN. Istri, tidak, anak, tidak, rumah, tidak, mobil, tidak, motor, tidak, HP, tidak, laptop, tidak. Semua itu tak ada pada saya. Jadi, selain tubuh adalah TUHAN. Tapi itu adalah kebanggaan saya yang tiada tara. Jikapun saya menyembah TUHAN dengan menjilati tanah, itu masih terasa kurang. Sebab rasa terimakasih saya pada TUHAN, sungguh-sungguh tak terhingga sekali.

Jika anda merasa bersyukur dengan mobil Lamborghini, saya katakan: Tidak! Saya tidak bersyukur dengan itu! Saya bersyukur oleh sebab YESHUA JURUSELAMAT saya.

Ibrani 13:7Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Akhir hidup para penginjil zaman dulu adalah mati syahid! Dan saya siap mati syahid! Haleluyah!

Ibrani 13:8Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Jika kemarin YESHUA berhari Sabat, hari ini, bahkan selama-lamanya juga akan berhari Sabat;

Kis. 15:21Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

Kis. 13:27Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat.

Jika sekarang menjadi hari Minggu, yang merubah itu Konstantin Agung, bukan YESHUA ha MASHIA!

Ibrani 13:9Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.

Di sini rasul Paulus mengingatkan tentang ajaran Islam dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh yang mulai menyimpang, yang mempersoalkan makanan.

1Timotius
4:1Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
4:3Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.

Ibrani 13:10Kita mempunyai suatu mezbah dan orang-orang yang melayani kemah tidak boleh makan dari apa yang di dalamnya.

Mezbah adalah tempat pertemuan dengan YAHWEH. Pertemuan jemaat juga termasuk mezbah. Nah, orang-orang yang melayani kumpulan jemaat tidak boleh makan dari apa yang ada di dalamnya. Artinya, jangan mengharapkan pamrih. Harus melayani secara sukarela.

Ibrani 13:11Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban penghapus dosa, dibakar di luar perkemahan.
13:12Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri.
13:13Karena itu marilah kita pergi kepada-Nya di luar perkemahan dan menanggung kehinaan-Nya.

Pembakaran korban dilakukan di luar perkemahan, sama seperti YESHUA disalibkan di luar kota Yerusalem untuk menyelamatkan "Yerusalem." Seorang yang melayani jangan mengharapkan upah dari pelayanannya, tapi biarlah dengan mencari nafkah dari luar pelayanannya. Jagalah jangan sampai pelayanan anda dikotori oleh masalah uang.

Ibrani 13:14Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.

Sebab pelayanan kita bukanlah untuk hidup di dunia ini, melainkan untuk hidup di akherat. Kita bekerja sebagai penginjil bukanlah untuk hidup di dunia ini, melainkan untuk hidup kekal di kota Yerusalem baru.

Catatan: kita kelak bukan masuk ke sorga, tapi YAHWEH telah menyediakan sebuah kota sorgawi, yakni kota Yerusalem yang baru. Kota itu akan diturunkan dari sorga ke bumi dan langit yang baru. Jadi, kita akan tetap tinggal di bumi, sama seperti lokasi Taman Eden.

Ibrani 13:15Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.

Janganlah bibir ini menyuarakan keluh-kesahan, tapi mengucapsyukurlah senantiasa.

Ibrani 13:16Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.
13:17Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Seorang pemimpin itu senantiasa berdoa syafaat untuk perlindungan orang-orang yang digembalakannya. Karena itu jagalah agar kamu tidak menggusarkan hatinya, sebab akibatnya takkan menguntungkan kamu. Sebab jika pemimpin itu seorang yang benar, segala ucapannya pasti akan terjadi, sebab TUHAN mendukungnya;

Yohanes
20:22Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.
20:23Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

Matius 10:40Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

Menghina orang yang diurapi sama seperti menghina YESHUA.

Ibrani 13:18Berdoalah terus untuk kami; sebab kami yakin, bahwa hati nurani kami adalah baik, karena di dalam segala hal kami menginginkan suatu hidup yang baik.
13:19Dan secara khusus aku menasihatkan kamu, agar kamu melakukannya, supaya aku lebih lekas dikembalikan kepada kamu.

Tampaknya rasul Paulus menuliskan kitab Ibrani ini di dalam penjara Romawi. Rasul Paulus berharap segera dibebaskan supaya bisa berjumpa dengan mereka kembali.

Ibrani 13:20Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,
13:21kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Ayat 20 menyatakan bahwa YAHWEH-lah yang membangkitkan YESHUA, bukan YESHUA yang mati itu bangkit sendiri, sebagaimana ajaran Trinitas yang meniadakan YAHWEH.

Ibrani 13:22Dan aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kata-kata nasihat ini kamu sambut dengan rela hati, sekalipun pendek saja suratku ini kepada kamu.
13:23Ketahuilah, bahwa Timotius, saudara kita, telah berangkat. Segera sesudah ia datang, aku akan mengunjungi kamu bersama-sama dengan dia.
13:24Sampaikanlah salam kepada semua pemimpin kamu dan semua orang kudus. Terimalah salam dari saudara-saudara di Italia.
13:25Kasih karunia menyertai kamu sekalian.

Tidak ada komentar: