Sabtu, 16 April 2016

MEMBACA KITAB IBRANI 8

Ibrani 7:1-10 berjudul: "YESHUA dengan Melkisedek."

Melkisedek adalah Raja Salem, menjumpai Abraham di Syawe, yakni Lembah Raja;

Kejadian
14:17Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
14:18Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.

Lokasi itulah yang kini menjadi kota Yerusalem, dari asal katanya: Yerushalayim, yang mempunyai banyak sebutan, antara lain: "Salem", artinya: Damai.

Mazmur 
76:1Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Mazmur Asaf. Nyanyian. (76-2) Allah terkenal di Yehuda, nama-Nya masyhur di Israel!
76:2(76-3) Di Salem sudah ada pondok-Nya, dan kediaman-Nya di Sion!

"Kota YAHWEH":

Yesaya
60:14Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

"Kota Raja Agung":

Mazmur
48:1Nyanyian. Mazmur bani Korah. (48-2) Besarlah TUHAN dan sangat terpuji di kota Allah kita!
48:2(48-3) Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.

"Kota keadilan":

Yesaya
1:26Aku akan mengembalikan para hakimmu seperti dahulu, dan para penasihatmu seperti semula. Sesudah itu engkau akan disebutkan kota keadilan, kota yang setia."

Dalam bahasa Arab disebut: "El Quds" yang artinya Kota Kudus. Dan nama kota itu, yakni Yerusalem, dijadikan YAHWEH nama abadi, sehingga kota orang-orang yang diselamatkan nanti diberi nama: Kota Yerusalem Baru. Kota itu akan diturunkan dari sorga ditempatkan di langit dan bumi yang baru.

Awal mula dari kota itu adalah peristiwa Melkisedek menjumpai Abraham, sebelum Abraham mempunyai anak Ishak. Jadi, sebelum bangsa Israel ada. Bangsa Israel masih ada di dalam tubuh Abraham. Di saat itu Abraham atas nama bangsa Israel memberikan persembahan persepuluhan kepada Melkisedek, dan Melkisedek memberikan roti dan anggur kepada nenek moyang bangsa Israel itu.

Di zaman Israel, YAHWEH memungut persembahan persepuluhan untuk menghidupi imam-imam Lewi. Imam-imam Lewi itulah yang dilakonkan oleh Melkisedek. Melkisedek yang menggambarkan YESHUA memberikan roti dan anggur kepada umat Kristen atau JALAN TUHAN. Umat Kristen adalah bangsa-bangsa umum, bukan harus Yahudi. Sama seperti keadaan Abraham ketika itu yang masih belum ada bangsa Yahudi.

>> Abraham bukan bangsa Yahudi = Kristen bukan bangsa Yahudi.

>> Melkisedek bertemu Abraham, Abraham artinya "bapa orang beriman" = YESHUA bertemu dengan orang Kristen yang disebut orang-orang beriman.

>> Abraham memberikan persepuluhan kepada Melkisedek = Bangsa Israel memberikan persepuluhan kepada imam Lewi.

>> Abraham menerima roti dan anggur = Kristen menerima roti dan anggur.

>> Bangsa Yahudi menyembelih domba = Bangsa Yahudi menyalibkan YESHUA.

Dari sini kita bisa melihat bahwa keberadaan bangsa Yahudi sesungguhnya adalah fiktif belaka. Ada tapi seolah-olah tidak ada. Di zaman Melkisedek belum ada, di zaman YESHUA Keyahudian harus diakhiri. Melkisedek dan YESHUA tahunya roti dan anggur. Yang mengorbankan darah dan daging adalah bangsa Yahudi. Baik daging domba maupun dagingnya YESHUA, bangsa Yahudilah yang menjalaninya. Mereka yang menyembelih domba, mereka pula yang menyalibkan YESHUA. Suatu bangsa yang kotor dan najis!

Posisi bangsa Yahudi di tengah-tengah zaman:

>> Dari Adam ke Abraham = 2.000 tahun.

>> Dari Abraham ke YESHUA = 2.000 tahun. Inilah zaman Keyahudian.

>> Dari YESHUA ke kita = 2.000 tahun.

Kefiktifan bangsa Yahudi ini diterangkan oleh rasul Paulus;

Kolose
2:16Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
2:17semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

Catatan mengenai hari Sabat yang disebutkan di situ adalah hari Sabat "bayangan" bukan hari Sabat harafiahnya. Hari Sabat bayangan adalah perayaan-perayaan tahunan yang diperkalikan dengan angka tujuh, misalnya: 70 x 7, 7 x 7;

Kel. 13:6Makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya dan pada hari yang ketujuh akan diadakan hari raya bagi TUHAN.

Itulah hari Sabat yang memiliki makna simbolis.

Gal. 3:24Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

Hukum Taurat Yahudi itu sifatnya hanya pembimbing atau pengawal atau pengurung atau memberikan latihan ibadah sampai kedatangan YESHUA. YAHWEH yang melahirkan bangsa Yahudi[Ishak], YAHWEH pula yang mencabut Keyahudian.

Matius
27:50Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.
27:51Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

Ketika YESHUA mati, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Dengan itu berakhirlah fungsi Bait Suci;

Yohanes
4:21Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.


4:23Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
4:24Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Bait Suci itu ternyata adalah tubuh YESHUA. Jika bangsa Yahudi berhimpun di Bait Suci, kita berhimpun pada nama YESHUA;

Yoh. 2:21Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Mat. 18:20Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

YESHUA menyatakan pencabutan Keyahudian;

Mat. 21:43Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Kis. 13:46Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Rm. 10:4Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.

Dari iman Abraham ke iman Kristen;

Rm. 1:17Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

Tentang Melkisedek rasul Paulus menerangkan;

Ibrani
7:1Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.
7:2Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
7:3Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Melkisedek yang kedatangannya mendadak atau dadakan, tanpa cerita pendahuluan atau tentang asal-usulnya, yang sebelumnya belum dikenal lembaga keimaman, yang hanya diceritakan dalam 3 ayat: Kejadian 14:18-20, yang setelah itu tak dikisahkan lagi, oleh rasul Paulus disebut tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, namun menjadi begitu penting artinya karena tersebutkan dalam kitab Mazmur Daud;

Mzm. 110:4TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

YAHWEH bersumpah tentang YESHUA yang disebut sebagai: "Engkau", bahwa YESHUA adalah imam menurut Melkisedek, yakni imam yang abadi, bukan seperti Lewi yang mempunyai awal dan mempunyai akhir.

Arti imam adalah pemimpin dan pengantara. Sebagai Pemimpin, YESHUA memimpin kita untuk beribadah kepada YAHWEH, sebagai Pengantara, YESHUA mewakili YAHWEH bertindak tegas terhadap kita, dan ketika mewakili kita, YESHUA memohonkan belas kasihan YAHWEH. Terhadap kita YESHUA seolah-olah YAHWEH yang galak, terhadap YAHWEH, YESHUA seolah-olah kita yang mengharapkan belas kasihan YAHWEH.

Suatu kali nabi Musa marah besar terhadap bangsa Israel oleh karena kemurtadan mereka membuat patung anak lembu emas. Tapi di kesempatan yang lain nabi Musa rela dihapuskan namanya jika YAHWEH tidak mau mengampuni bangsa Israel;

Kel. 32:32Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu--dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."

Itulah seorang pengantara! Dia harus mempunyai 2 karakter yang saling bertentangan; keras dan lunak. Karena dilakukan secara segenap hati, maka itu bukanlah bunglon. Kalau bunglon itu melakukannya untuk keselamatan dirinya sendiri. Tapi nabi Musa dan YESHUA bukan memikirkan dirinya sendiri.

Ibrani
7:4Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik.

Jika leluhur bangsa Israel sampai membayar persepuluhan kepada Melkisedek, maka Melkisedek itu jauh lebih besar dari bangsa Israel. Bangsa Israel hanya terlihat sebagai debu saja. Karena itu betapa celakanya jika bangsa Israel sampai tidak menghormati YESHUA yang disamakan seperti Melkisedek. Lebih gila lagi malah menyalibkan YESHUA. Padahal Abraham, leluhur Israel sangat menghormatinya.

Ibrani
7:5Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.

Melkisedek berbeda dari imam Lewi, sebab posisi Lewi sederajat dengan posisi suku-suku Israel lainnya, yakni sama-sama keturunan Abraham.

Ibrani
7:6Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.
Umumnya kalau kita memberikan oleh-oleh ke direktur kita, direktur kita tidak merasa perlu membalas pemberian kita dengan pemberian. Tapi Melkisedek yang menerima persepuluhan dari Abraham, memberkati Abraham dengan  roti dan anggur.

Ibrani
7:7Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.

Sekalipun Abraham tidak menuntut roti dan anggur dari Melkisedek, namun apa yang dilakukan oleh Melkisedek, yakni memberkati Abraham dengan roti dan anggur bukanlah hal yang aneh. Wajar sekali jika yang lebih tinggi memberkati yang lebih rendah.

Ibrani
7:8Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.

Lewi yang menerima persepuluhan adalah orang-orang berdosa yang bisa mati, sementara tentang Melkisedek yang menerima persepuluhan Abraham adalah orang yang kekal. Sungguh merupakan perbandingan yang pincang sekali, menyatakan bahwa imam-imam Lewi yang diagung-agungkan bangsa Israel itu sesungguhnya bukanlah apa-apa. Tak ada yang perlu disombongkan dari Keyahudian. Karena itu jangan sekali-sekali memegahkan diri di hadapan YESHUA. Kita harus bertekuk lutut di hadapanNYA, bukannya berkacak pinggang seperti ini:

Kis. 5:28katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Betapa beraninya anda menggambarkan YESHUA dengan rambut panjang, menggambarkan YESHUA berdoa lipat tangan tutup mata, merubah-rubah peribadatan Sabat ke Minggu, dan lain-lainnya. Betapa mengerikannya jika anda tahu siapa YESHUA ha MASHIA itu, yang sekalipun datang pertama sebagai Domba, namun jika DIA datang kembali adalah sebagai Singa dari Yehuda. Singa yang terluka telapak tangan, telapak kaki dan lambungnya, yang siap melakukan pembalasan;

Ibr. 10:30Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."

Ibrani
7:9Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,
7:10sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.

Persepuluhan yang diberikan Abraham kepada Melkisedek dapatlah dikatakan bahwa Abraham memungutnya juga dari Lewi. Bahwa Lewipun harus membayar persepuluhan kepada Melkisedek. Tidak ada seorang Israelpun yang tidak membayar persepuluhan kepada Melkisedek. Membayar persepuluhan artinya adalah tunduk dan patuh, sujud kepada raja. Seluruh Israel harus tunduk dan patuh pada YESHUA. Tapi celakanya mereka malah menyalibkanNYA.

Aduh, mengerikan sekali itu! Mereka benar-benar buta, tidak tahu siapa yang mereka perlakukan seperti itu.

Luk. 23:34Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Sebab seandainya mereka tahu siapa YESHUA itu, tak mungkin mereka berani berbuat seperti itu. Tapi sayang mereka membutakan diri mereka dengan tidak mau tahu terhadap keterangan-keterangan YESHUA. Mereka menutup mata dan telinga mereka, sekalipun YESHUA meneguhkan kesaksianNYA dengan berbagai mukjizat.

Matius
11:4Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat:
11:5orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.
11:6Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

Tidak ada komentar: