Rabu, 06 April 2016

MENGENAL ISRAEL SECARA SINGKAT

Ismael, yang sekarang kita kenal sebagai bangsa Arab adalah anak sejati Abraham, dari istri keduanya: Hagar, seorang Mesir. Tapi Ishak, yang sekarang kita kenal sebagai bangsa Israel adalah anak ALLAH, bukan anak manusia, bukan anak dunia, bukan anak Abraham. Sebab Sarai, istri Abraham mandul dan sudah mati haid.

Ishak adalah anak yang dijanjikan YAHWEH, sedangkan Ismael adalah anak usulan Sarai, sebab Sarai-lah yang mengambil inisiatif menawarkan budaknya: Hagar untuk disetubuhi Abraham. YAHWEH tidak suka dengan pemandangan ini, sebab Ismael bukanlah rancanganNYA. Karena itu YAHWEH menendang Ismael keluar dari keluarga Abraham dan tidak boleh disebut sebagai anak Abraham. Yang harus disebut anak Abraham adalah Ishak;

Kej. 21:12Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Jadi, Ismael tidak boleh disebut sebagai keluarga Abraham. Ismael adalah bangsa asing sama seperti bangsa-bangsa yang lain. Gereja-gereja Kristen biasanya menyebut Islam sebagai saudara sepupu. Kebenaran menyatakan bahwa itu tidak boleh, sekalipun YAHWEH menjanjikan berkat untuk Ismael. Sumber minyak itulah berkat YAHWEH untuk bangsa Arab, bukan agama Islam! Agama adalah berkat untuk Israel, harta benda adalah berkat untuk Ismael.

Ishak melahirkan anak kembar: Esau dan Yakub. Karena Esau menghina berkat YAHWEH, maka YAHWEH menendang Esau dan menjadikan satu dengan Ismael. Esau disekutukan dengan Ismael.

Yakub melahirkan 12 anak laki-laki dari 2 istrinya: Lea dan Rahel; Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Zebulon, Dan, Naftali, Gad, Asyer, Yusuf dan Benyamin.

Karena jasa besar Yusuf sebagai perdana menteri di Mesir, Yakub menempatkan anak-anak Yusuf ke dalam 12 suku Israel. Efraim dan Manasye menggantikan posisi Yusuf. Karena itu dalam 12 suku tidak ada nama Yusuf. Sedangkan suku Lewi juga tidak dimasukkan ke dalam jajaran 12 suku Israel, karena suku Lewi dimiliki YAHWEH untuk melayani saudara-saudaranya. Jadi, Lewi dan Yusuf digantikan oleh Efraim dan Manasye.

Inilah 12 suku Israel: Ruben, Simeon, Yehuda, Isakhar, Zebulon, Dan, Naftali, Gad, Asyer, Benyamin, Efraim dan Manasye.

Di zaman kerajaan Israel, setelah matinya raja Salomo terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Yerobeam. Yerobeam dan sukunya: Efraim, membentuk kerajaan sendiri yang disebut kerajaan Israel, yang terdiri dari 10 suku. Maka jadilah 2 kerajaan Israel: utara dan selatan;

Israel Utara: biasa disebut sebagai kerajaan Israel, terdiri 10 suku, pimpinan Efraim, ibukotanya: Samaria. Sedangkan Israel Selatan: biasa disebut kerajaan Yehuda, terdiri dari suku Yehuda dan Benyamin, ibukotanya: Yerusalem.

Karena peristiwa pemberontakan melawan keluarga Daud dan dosa-dosa penyembahan berhala itulah YAHWEH mencabut Efraim dan memasangkan Yusuf, ayahnya, sebagai jajaran 12 suku Israel.

Yeh. 37:19katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf--yang dalam tangan Efraim--beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.
Selain Efraim, YAHWEH juga membuang suku Dan, oleh sebab Dan menjadi pusat penyembahan berhala Israel. Inilah dasaran YAHWEH menghapuskannya;

Ulangan
29:16Sebab kamu ini tahu, bagaimana kita diam di tanah Mesir dan bagaimana kita berjalan dari tengah-tengah segala bangsa yang negerinya kamu lalui,
29:17dan kamu sudah melihat dewa kejijikan dan berhala mereka, yakni kayu dan batu, emas dan perak itu, yang ada terdapat pada mereka.
29:18Sebab itu janganlah di antaramu ada laki-laki atau perempuan, kaum keluarga atau suku yang hatinya pada hari ini berpaling meninggalkan TUHAN, Allah kita, untuk pergi berbakti kepada allah bangsa-bangsa itu; janganlah di antaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh.
29:19Tetapi apabila seseorang pada waktu mendengar perkataan sumpah serapah ini menyangka dirinya tetap diberkati, dengan berkata: Aku akan selamat, walaupun aku berlaku degil--dengan demikian dilenyapkannya baik tanah yang kegenangan maupun yang kekeringan--
29:20maka TUHAN tidak akan mau mengampuni orang itu, tetapi murka dan cemburu TUHAN akan menyala atasnya pada waktu itu; segenap sumpah serapah yang tertulis dalam kitab ini akan menghinggapi dia, dan TUHAN akan menghapuskan namanya dari kolong langit.

1Raja-raja
12:25Kemudian Yerobeam memperkuat Sikhem di pegunungan Efraim, lalu diam di sana. Ia keluar dari sana, lalu memperkuat Pnuel.
12:26Maka berkatalah Yerobeam dalam hatinya: "Kini mungkin kerajaan itu kembali kepada keluarga Daud.
12:27Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda."
12:28Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
12:29Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.
12:30Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.
Setelah berakhirnya keimamatan Lewi oleh kedatangan YESHUA ha MASHIA, maka Lewi kembali menempati posisinya sebagai salah satu suku Israel.
                                            
Inilah ke-12 suku Israel setelah pencabutan suku Efraim; Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Zebulon, Naftali, Gad, Asyer, Benyamin, Yusuf dan Manasye.

Wahyu
7:4Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.
7:5Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu,
7:6dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu,
7:7dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu,
7:8dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.

Inilah posisi yang paling update dari 12 suku Israel yang diakui YAHWEH.

Tidak ada komentar: