Jumat, 29 April 2016

MUSA – YESHUA – MUHAMMAD



Ada pertanyaan menarik dari sdr. Riezal Umri Al Habsy: Apakah benar Yesus sama dengan Musa?

1. Apakah benar Yesus sama dengan Musa?

Apakah sama apa yang anda maksud “sama” dengan yang YAHWEH maksud “sama” dalam Ulangan 18? Saya saja kesukaran menafsirkan yang anda maksud dengan “sama”; apakah dalam hal wajahnya? Apakah dalam hal tanggal lahirnya? Apakah bajunya? Apakah hobbynya? Apakah seleranya?

Tapi yang jelas Musa dengan YESHUA sama-sama berbangsa Yahudi, sedangkan Muhammad berbangsa Arab. Sama-sama bisa baca tulis, sedangkan Muhammad buta huruf. Sama-sama berhari Sabat, sedangkan Muhammad berhari Jum’at. Sama-sama menyembah YAHWEH, sedangkan Muhammad menyembah allah.


2. Apa Musa juga roh Allah?

YESHUA disebut ROH YAHWEH bukan berarti YESHUA itu ROH YAHWEH, tapi sejiwa dengan YAHWEH. Dan semua orang, bukan hanya YESHUA saja, asalkan sejiwa dengan YAHWEH disebut memiliki ROH YAHWEH;

Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

3. Apa iya kelahiran Musa dari seorang Wanita dalam keadaan Perawan secara ajaib?

Musa dilahirkan dari bapak-ibu yang normal. Hanya YESHUA saja yang dilahirkan dari seorang perawan. Muhammad memang dilahirkan dari bapak-ibu yang normal seperti Musa. Tapi Muhammad itu tidak bisa disamakan dengan Musa oleh karena berbangsa Arab. Sebab kalau dari sudut kelahiran, saya juga dilahirkan dari bapak-ibu yang normal.

Sudah disebutkan dalam Ulangan 18 bahwa nabi yang seperti Musa itu akan dilahirkan dari antara ke-12 suku Israel.

4. Apa Musa tidak menikah seperti Yesus?

Musa memang kawin dengan 2 istri, sedangkan Muhammad kawin dengan 27 istri. Mana bisa sama? Bagaimana dengan YESHUA? YESHUA saat ini memang masih belum kawin, masih Perjaka Ting-ting. Tapi kelak YAHWEH akan mengawinkan YESHUA dengan umatNYA;

Wahyu 19:7  Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
19:8    Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)
19:9    Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."


5. Apa kematian musa di tiang salib?

Musa memang tidak mati di tiang salib seperti YESHUA. Tapi salah satu tindakan Musa ada yang menggambarkan salib YESHUA, yakni ketika bangsa Israel dimurkai YAHWEH dengan ular tedung, nabi Musa membuat ular tedung di atas tiang dan YESHUA menyatakan itu menggambarkan DiriNYA;

Bil. 21:8          Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup."

Yohanes 3:14           Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
3:15    supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.


Musa mati, dibangkitkan, dan dinaikkan ke sorga. Muhammad mati terus selama-lamanya.


6. Apa kematian Musa tuk menebus DOSA?

Masing-masing utusan TUHAN itu mempunyai tugas yang berbeda-beda, dibuat berdasarkan rencana TUHAN. Musa menebus bangsa Israel dari perbudakan Mesir, melambangkan YESHUA yang menebus dosa manusia.


7. Apa Musa bangkit setelah 3 hari pasca kematianx?

Tidak ada keterangan berapa lama Musa mengalami kematian. Tapi yang jelas nabi Musa dibangkitkan dan dinaikkan ke sorga.


8. Apa Yesus jg menulis Kitab Sucix sendiri seperti yang dilakukan Musa?

Musa bukan menulis kitab suci sendiri, melainkan menuliskan segala Firman YAHWEH. Jadi, ke-5 kitab Taurat itu adalah milik YAHWEH, bukan milik Musa. Sementara itu YESHUA tidak menulis kitab Injil. Kenapa? Sebab tidak pantas seseorang itu mengagung-agungkan dirinya sendiri. Karena itu kitab Injil ditulis para murid yang menyaksikan kehidupan YESHUA secara langsung.

Yoh. 8:54       Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,


9. Apa Musa berdamai dengan pemerintahan kafiir yg berkuasa pada zamanx?

Musa tak pernah memusuhi Firaun. Musa hanya berniat menjemput bangsanya yang dijadikan budak oleh Mesir. Dan Musa tak pernah melakukan peperangan terhadap Firaun. Yang Musa lakukan adalah membuat 10 tulah atau kutukan. Yang membunuh Firaun di laut Teberau adalah YAHWEH, bukan Musa.

Apakah YESHUA berdamai dengan Herodes? Bagaimana ada perdamaian, jika kenyataannya YESHUA disalibkan oleh pemerintahan Romawi?


10. Apa musa dilahirkan dan diutus tuk menebus dosa?

Setidaknya Hukum Taurat yang diturunkan nabi Musa memberikan gambaran tentang apa yang YESHUA lakukan, yaitu penebusan dosa.


11. Apa yesus dikubur oleh Allah?

Musa memang dikubur oleh YAHWEH, sedangkan YESHUA dikuburkan oleh Yusuf dari desa Arimatea. Tapi yang penting bukan siapa yang menguburkannya, melainkan apa yang terjadi setelah kematianNYA, yaitu kebangkitan. Dan di sini Muhammad tak memiliki persamaan karena Muhammad tidak dibangkitkan.


12. Apa yesus memerintahkan bunuh diri tuk pengikutx yg berdosa?

Hua..ha..ha…… nabi Musa juga tak pernah memerintahkan orang bunuh diri. Kisah bunuh diri di zaman Musa itu hanya ada di Al Qur’an. Di Alkitab tak ada kisah itu.

QS. 2:54  Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: “Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”


13. Apa yesus juga dianggkat anak oleh pembesar pemerintah Kafir tersebut?

Tidak! Pengangkatan Musa sebagai anak Firaun itu menggambarkan YESHUA yang adalah ANAK RAJA SEMESTA ALAM.


14. Apa Yesus menggembalakan DOMBA yg sesungguhnya?

Tidak. Dalam Hukum Taurat hanya ada bayangan dari apa yang dilakukan YESHUA. Sama seperti burung garuda yang melambangkan orang-orang Indonesia. Burung garuda? Oh, itu orang Indonesia!

Tidak ada komentar: