Minggu, 10 April 2016

SABAT DAN SABTU

Sejak permulaan YAHWEH menciptakan langit, bumi dan segala isinya, setiap hari diberikan nama berdasarkan urutannya;

Kejadian
1:5Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

1:8Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.

1:13Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

dan seterusnya. Nama-nama itu jika di bahasa Arab-kan akan seperti ini bunyinya:

1. Ahad, artinya hari pertama.
2. Itsnain - menjadi Senin, artinya hari kedua.
3. Tsalatsah - menjadi Selasa, artinya hari ketiga.
4. Arba'ah - menjadi Rabu, artinya hari keempat.
5. Khamsah - menjadi Kamis, artinya hari kelima.
6. Sittah - dirubah oleh kaum Muslim menjadi Jum'at, artinya hari keenam.

>> Sittah artinya hari keenam, sedangkan Jum'at artinya jemaat atau kumpulan.

7. Sabtu/Sabta/Sabti - menjadi Sabtu, artinya hari ketujuh.

Karena itu jika ada kalender zaman sekarang ini yang menempatkan hari Senin sebagai hari pertama, jelas itu kalender yang tidak benar, kalender yang menyesatkan sekali. Kalender zaman dulu selalu menempatkan hari Minggu sebagai hari yang pertama.

Kata: "Minggu" diambil dari bahasa Portugis; "Domingo", artinya "hari TUHAN kita." Tentu maksudnya adalah hari TUHAN bangkit. Kata-kata Alkitabnya: "Hari TUHAN" oleh Roma Katolik diubah menjadi: "hari TUHAN bangkit."

Why. 1:10Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,

Benarkah "hari TUHAN" itu menunjuk pada hari kebangkitan TUHAN YESHUA? TUHAN YESHUA bangkit memang pada hari Ahad atau hari pertama yang sekarang kita kenal sebagai hari Minggu. Tapi "hari TUHAN" itu maksudnya adalah hari milik TUHAN. Ini yang didukung oleh banyak sekali ayat Alkitab;

Kel. 31:13"Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

Yeh. 20:12Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka.

Mat. 12:8Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Mrk. 2:27Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Kel. 20:10tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

"Hari Sabat TUHAN."

Kejadian
2:1Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
2:2Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:3Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Setelah selama 6 hari YAHWEH menciptakan, hari ketujuh YAHWEH ambil untuk dijadikan hari perhentian. Enam hari YAHWEH berikan ke kita untuk bekerja, tapi pada hari yang ketujuh harus ada perhentian untuk TUHAN;

Keluaran
20:8Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Karena "Minggu" artinya hari TUHAN, bukan hari yang berurutan, maka kita harus mengeluarkan "Minggu" dari jajaran nama-nama hari. Kita harus menggunakan "Ahad" yang mempunyai arti hari pertama. Alkitab LAI yang Terjemahan Lama menggunakan "Ahad" bukan "Minggu."

1Kor. 16:2Pada tiap-tiap hari Ahad, hendaklah kamu masing-masing menyimpankan uang di dalam persimpanannya sendiri atas kadarnya, supaya jangan pada masa aku datang, baharu hendak dikumpulkan.

Kemiripan bahasa Arab dengan bahasa Ibrani;

1. Yom Ekhad  - Ahad.
2. Yom Syeni  -  Itsnain  -  Senin.
3. Yom Syelisyi  -  Tsalatsah  - Selasa.
4. Yom Revi'i  -  Arba'ah  - Rabu.
5. Yom Khamisyi  - Khamsah  -  Kamis.
6. Yom Syisyi  -  Sittah  -  Jum'at.
7. Yom Syevi'i  -  Sabtu/Sabta/Sabti  -  Sabtu.

Sepekan atau 7 hari suka kita sebut sebagai seminggu atau satu minggu. Tapi Alkitab yang berpedoman pada Sabat menyebutnya "seperjalanan Sabat";

Kis. 1:12Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.

Apakah tidak boleh ibadah setiap hari?

Kita setiap hari berdoa dan itu termasuk ibadah. Tapi itu adalah ibadah pribadi atau ibadah harian. Berbeda dengan maksud ibadah mingguan atau ibadah kumpulan. Ibadah kumpulan baru bisa terjadi jika semua orang libur kerja. Dan libur kerja yang ditentukan YAHWEH adalah hari ketujuh atau Sabtu, bukan hari Minggu. Hari Minggu adalah libur kerja buatan kaisar Konstantin Agung.

Apakah tidak boleh mengadakan pertemuan jemaat pada hari Minggu? Apakah tidak boleh ke gereja hari Minggu? BOLEH! Ke gereja hari Minggu atau Senin atau Selasa atau Rabu atau Kamis atau Jum'at diperbolehkan. Yang tidak diperbolehkan adalah bekerja di hari Sabtu. Itu tidak boleh diganti dengan hari yang lain, sebab ketentuan YAHWEH adalah seperti itu. Hari Minggu memang hari libur kerja. Tapi yang YAHWEH tetapkan sebagai hari libur adalah hari Sabtu.

Di hari Sabtu janganlah melakukan kegiatan duniawi apapun, seperti jalan-jalan ke mall-mall, belanja, memasak, mencuci pakaian, seterika, dan lain-lainnya. Jadi, bukan cuma libur dari kerjaan di kantor saja, tapi libur dari semua kegiatan yang bisa ditunda ke hari yang lainnya.

Tidak ada komentar: