Rabu, 13 April 2016

SEPERTI APAKAH NAMA BAGI YAHWEH?

Setelah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan, YAHWEH langsung memberikan nama kepada mereka. Yang laki-laki diberi nama: Adam, yang perempuan diberi nama: Hawa. Dan itu ada artinya. Adam artinya manusia, Hawa artinya: "ibu semua yang hidup."

Kej. 3:20Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

Rupanya YAHWEH memberikan nama orang itu nggak ngawur, tapi ada artinya. Berikutnya kitab Kejadian pasal 2 menceritakan tentang sungai-sungai yang diberi nama. Hingga hari ini kalau kita membuka peta, semua pulau, semua benua, semua negara, semua laut, semua sungai, semua gunung, semua planet pasti ada namanya. Tapi tikus dan kecoa masih belum ada yang memberikan nama. Mungkin mereka nggak penting diberi nama, ya?!

Semua anak-anak dan keturunan Adam diberi nama. Rasanya setiap orang yang dilahirkan pasti diberi nama. Dan jangan bilang nama itu tidak penting jika anda berhadapan dengan orang China atau orang Batak. Anda bisa ditampar dan masuk rumahsakit. Sebab orang-orang China dan orang-orang Batak selalu menanamkan nama nenek-moyang mereka pada setiap anak yang dilahirkan. Setiap anak pasti dititipi nama nenek-moyangnya.

Dan setiap orang yang menyenangkan hati YAHWEH, namanya pasti diganti oleh YAHWEH;

Abram menjadi Abraham, Sarai menjadi Sara, Yakub menjadi Israel, Simon menjadi Kefas, dan lain-lainnya. Tapi terhadap orang yang menjengkelkan hati YAHWEH, namanya akan dihapuskan dari kolong langit;

Ul. 29:20maka TUHAN tidak akan mau mengampuni orang itu, tetapi murka dan cemburu TUHAN akan menyala atasnya pada waktu itu; segenap sumpah serapah yang tertulis dalam kitab ini akan menghinggapi dia, dan TUHAN akan menghapuskan namanya dari kolong langit.

Di Taman Eden pekerjaan pertama Adam adalah memberi nama hewan dan tumbuh-tumbuhan;

Kej. 2:19Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Saking pentingnya "nama" sehingga Alkitab memuatkan kata-kata: "nama" di zaman YAHWEH menciptakan. Setiap hari diberi nama: Ahad, Itsnain, Tsalatsah, Arba'a, Khamsah, Sittah, dan Sabtu. Lalu YAHWEH juga menamai setiap situasi, terang dinamai siang, petang dinamai malam. Di Kejadian 1:1 ada 3 nama yang disebutkan:

"Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi." Ada nama ALLAH, langit dan bumi. 

Alkitab juga ditutup dengan "nama-nama." Kitab Wahyu bagian terakhir yakni pasal 21 menceritakan tentang pelestarian nama 12 suku Israel dan nama 12 rasul YESHUA;

Why. 21:12Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
Why. 21:14Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

Ada sebuah nama yang dirahasiakan oleh YESHUA, yang hanya diketahui oleh YESHUA saja;

Wahyu
19:12Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun, kecuali Ia sendiri.

Wahyu
19:16Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Orang-orang yang diselamatkan di dahinya tertulis nama YESHUA dan nama BAPANYA. Nama apakah yang dimeteraikan di dahi mereka? YESUS KRISTUS dengan ALLAH TRINITAS atau YESHUA ha MASHIA dengan YAHWEH? Menurut anda yang mana?

Why. 14:1Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Sekarang tentang nama: YESHUA yang artinya YAHWEH yang menyelamatkan. Apakah itu berarti YAHWEH yang turun ke dunia menjadi YESHUA? Bukan! Itu adalah nama bukan sebuah kisah. Bukan kisah YAHWEH yang menjadi YESHUA, tapi "arti" nama YESHUA itu adalah YAHWEH yang menyelamatkan. YAHWEH yang mempunyai acara penyelamatan melalui YESHUA. Bahwa YESHUA turun ke dunia atas dasar diutus oleh YAHWEH. Jadi, YESHUA bukan turun ke dunia atas kehendakNYA sendiri.

Yohanes
3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Arti nama YESHUA itu sama persis dengan arti nama Yosua, nabi Yosua, pengganti nabi Musa. Masakan nabi Yosua itu YAHWEH?! Jadi, teori ALLAH TRINITAS itu benar-benar teori yang awur-awuran sekali. Hanya orang sinting saja yang mempercayai ALLAH TRINITAS.

Tidak ada komentar: