Jumat, 22 April 2016

TANPA YESHUA TAK BERGUNA

Anda pecandu narkoba, pelacur, penjudi, maling, copet, koruptor yang bertobat, berhenti dari segala kejahatan tersebut? Mungkin itu baik untuk kehidupan sesaat di dunia ini, sebab anda tidak lagi merugikan orang lain dan berhasil lolos dari penjara. Tapi tak ada gunanya sama sekali jika anda tak mengenal ELOHIM yang benar dan YESHUA ha MASHIA sebagai JURUSELAMAT anda.

Anda mungkin seorang yang kayaraya yang memiliki segala harta duniawi, atau mungkin seorang yang memiliki kecerdasan luar biasa, atau seorang yang memiliki kedudukan tinggi dan penting di suatu perusahaan. Itu semua mungkin baik untuk kehidupan sesaat di dunia ini. Tapi tak ada gunanya sama sekali jika anda tak mengenal ELOHIM yang benar dan YESHUA ha MASHIA sebagai JURUSELAMAT anda.

Anda mungkin seorang yang berjiwa sosial, suka menolong, suka membagikan harta ke fakir-miskin, seorang yang berjasa bagi bangsa dan negara, seorang pahlawan, atau seorang yang memiliki banyak piagam penghargaan. Itu semua mungkin baik untuk kehidupan sesaat di dunia ini. Tapi tak ada gunanya sama sekali jika anda tak mengenal ELOHIM yang benar dan YESHUA ha MASHIA sebagai JURUSELAMAT anda.

Anda mungkin seorang yang menyukai filsafat, seorang perenung, seorang yang rajin dalam keagamaan, seorang yang soleh, atau mungkin seorang yang ahli kitab-kitab suci. Itu semua mungkin baik untuk kehidupan sesaat di dunia ini. Tapi tak ada gunanya sama sekali jika anda tak mengenal ELOHIM yang benar dan YESHUA ha MASHIA sebagai JURUSELAMAT anda.

KEBAIKAN YANG DITOLAK YAHWEH

Inilah perbuatan baik yang ditolak YAHWEH;

Ketika Daud memindahkan tabut perjanjian, tabut perjanjian itu dinaikkan ke kereta, sedangkan Uza posisinya ada di sebelah tabut itu. Dan ketika tabut/peti perjanjian itu hendak terjatuh, Uza yang ada di dekatnya berusaha menyelamatkan peti tersebut. Bukankah perbuatan Uza itu perbuatan yang baik? Tapi tidak benar menurut YAHWEH. Sebab Uza yang bukan orang Lewi, bukan golongan imam tidak boleh berada dekat barang-barang yang dikuduskan, apa lagi menyentuhnya. Jadi, ada 2 kesalahan Uza: berada dekat barang kudus dan kemudian menyentuhnya. Karena itu YAHWEH murka dan langsung membunuhnya;

2Samuel 
Uza berjalan di samping tabut Allah itu, sedang Ahyo berjalan di depan tabut itu.
Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.
Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.

Di Matius 19 diceritakan tentang seorang muda kaya yang sudah mematuhi 10 Hukum YAHWEH. Oleh YESHUA itu dianggap masih kurang. YESHUA menyuruhnya menjual seluruh kekayaannya, lalu mengikut YESHUA. Jadi, menuruti 10 Perintah YAHWEH saja itu masih kurang benar. Ada 2 yang harus ditambahkan oleh orang muda itu; beramal[membagikan hartanya ke fakir miskin] dan masuk Kristen. Amal saja nggak cukup kalau belum masuk Kristen.

Matius
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

Wahyu
Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Kornelius adalah seorang perwira Romawi, seorang yang rendah hati dan suka berderma[beramal]. Namun kebaikan hatinya itu masih dipandang kurang oleh YAHWEH, sehingga YAHWEH mengutus Petrus supaya memberitakan Injil kepada keluarga Kornelius tersebut. Jadi, Kornelius harus menambahkan kebaikannya dengan menjadi orang Kristen;

Kisah
dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya.

Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Kalau kita berbicara tentang Perjanjian Lama atau Hukum Taurat, itu adalah tentang peraturan-peraturan, yang jika itu ditaati, YAHWEH menjanjikan keselamatan. Baru sebatas janji, belum ada keselamatannya. Sama seperti utang, sebelum dilunasi masih tetap merupakan utang. Sebelum YESHUA datang tak pernah ada keselamatan dari Hukum Taurat! Dan jika YESHUA tidak datang, maka tak ada keselamatan! Sama seperti utang yang tidak dibayar.
Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

Sebab kalau di dalam Hukum Taurat ada keselamatannya, maka YESHUA tak perlu datang, tak perlu ada Kristen. Jadi, apa sebab YESUS perlu datang? Sebab darah lembu, sapi dan kambing tak bisa dipakai untuk menyelamatkan manusia.

Mazmur
(40-7) Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.
(40-8) Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

Pada saat YESHUA datang itulah YAHWEH membayar janjiNYA kepada bangsa Israel. Orang-orang Israel yang sudah mati diberitakan Injil oleh YESHUA sendiri, lalu mereka dibangkitkan;

YESHUA menyatakannya kepada perempuan Samaria;

Yohanes
Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Peristiwa yang terjadi ketika YESHUA bangkit;

Matius
dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.
Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

Tanpa YESHUA, apapun perbuatan kita tak bisa menyelamatkan;

Yohanes

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Tidak ada komentar: