Sabtu, 23 April 2016

WORSHIP ALIAS PENYEMBAHAN

Gereja akhir zaman memang harus memiliki ciri keanehan dan kesesatan. Kalau nggak ganjil dan nggak sesat bukan gereja akhir zaman namanya. Keganjilan dan kesesatan itulah yang dibangun oleh gereja-gereja Minggu beraliran Pantekosta atau Kharismatik. Penekanan mereka bukan pada kebenaran Alkitabnya yang penting, tapi pada seperti apa perasaan mereka. Jadi, kebenaran mereka adalah kebenaran perasaan yang menurut perasaan mereka sendiri, sedangkan Alkitab sudah bukan apa-apa lagi.

Kata mereka semua itu digerakkan oleh ROH KUDUS. ROH KUDUS-lah yang memimpin mereka meninggalkan Alkitab. Hah?! ROH KUDUS macam apa yang meninggalkan Alkitab? ROH KUDUS apa yang pekerjaannya tidak sesuai dengan Alkitab? Apa kata Alkitab tentang ROH KUDUS?

Yoh. 14:26tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

"DIA akan mengingatkan kamu akan semua yang telah KUkatakan kepadamu." Dari mana kita mendapati perkataan YESHUA jika bukan dari Alkitab? Apakah semua ajaran atau acara ibadah mereka ada pernah YESHUA katakan?

Mereka begitu merasa bangga dan hebat dengan acara penyembahan yang mereka sebut worship, yaitu menyembah YESHUA dengan lagu dan musik yang mereka lakukan dengan segenap perasaan atau emosi mereka. Itulah yang mereka sebut menyembah YESHUA, yaitu tak lebih dari sekedar nyanyian belaka.

Alkitab bagi orang Kristen harusnya merupakan pedoman, merupakan ukuran kebenaran. Di Alkitab sudah cukup memuat kegiatan-kegiatan orang benar yang menyembah YAHWEH dan YESHUA. Tapi adakah orang benar Alkitab yang mengajarkan menyembah YAHWEH dengan nyanyian-nyanyian belaka atau dengan sikap sembah sujud belaka?

Sikap menyembah memang sujud mencium tanah;

Kej. 19:1Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,

Kej. 24:26Lalu berlututlah orang itu dan sujud menyembah TUHAN,

Tapi ada sesuatu yang berujud yang mereka sembah, yakni sosok Orang atau mungkin suara dari sorga, barulah orang bersujud mencium tanah. Jika tak ada sosoknya, maka orang akan menengadahkan kepalanya ke langit ketika berdoa kepada YAHWEH. Kita bukan Muslim yang bersujud mencium lantai mesjid menghadap tembok. Kita penyembah YAHWEH, bukan penyembah tembok!

YESHUA adalah TUHAN dan Pemberi Teladan peribadatan kita kepada YAHWEH. Tapi tak pernah diceritakan YESHUA yang bersujud mencium tanah ketika berdoa kepada BAPANYA, melainkan selalu menengadahkan kepalaNYA ke langit;

Mat. 14:19Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.

Mrk. 7:34Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: "Efata!"*, artinya: /Terbukalah!

Yoh. 11:41Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.

Para rasul juga tak ada yang melakukan penyembahan dengan nyanyian dan musik, lalu tangan di angkat ke atas, dan perasaan diliputi keharuan. Tak ada orang-orang kudus yang menyembah YAHWEH dengan tari-tarian, nyanyian dan musik hingar-bingar. Juga tak ada orang-orang kudus yang hanya memuliakan nama YESHUA saja, tapi nama YAHWEH-lah yang pertama yang menjadi tujuan penyembahan, baru nama YESHUA disebutkan sebagai atas namaNYA.

Yohanes
14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Orang Kristen adalah pengikut YESHUA untuk menyembah YAHWEH, bukan menjadikan YESHUA sebagai tujuannya. Tak ada orang Kristen yang meniadakan YAHWEH!

Dan penyembahan kepada YAHWEH yang benar adalah bukan dengan kata-kata dan gerakan tubuh belaka, tapi dengan menuruti segala perintahNYA.

Matius
15:8Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
15:9Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Yoh. 14:15"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Turuti perintah! Lakukan yang diperintahkan dan jangan melakukan sesuatu yang tidak diperintahkanNYA sekalipun itu baik dan menarik hatimu.

Yer. 14:14Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

Apakah ada perintahnya di Alkitab? Jangan dengarkan firman jalanan!

Gal. 1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.





Tidak ada komentar: