Sabtu, 09 April 2016

YESHUA DI SORGA DAN YESHUA DI DUNIA

Orang Lamongan kalau mau membuka warung soto di kota Jakarta, dia tak perlu membawa rumah atau warungnya ke Jakarta, juga tak perlu membawa ayam atau bumbu-bumbu dari Lamongan. Dia ke Jakarta hanya membawa uang, sedangkan tentang warung, semua ada di dalam benaknya. Sesampai di Jakarta barulah dia membuat rombong sotonya, lalu belanja ayam dan bumbu-bumbunya di Jakarta, maka jadilah warung soto ayam Lamongan. Padahal dari Lamongan dia tak membawa apapun.

Demikian halnya dengan YAHWEH. DIA yang sanggup menciptakan alam semesta itu, DIA tak perlu mewujudkan alam semesta, sebab semua sudah ada di dalam benakNYA. Planet-planet, gunung-gunung, laut-laut, manusia-manusia, malaikat-malaikat, binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan, semua ada di dalam benak YAHWEH. Karena segala sesuatu sudah tersedia di dalam Diri YAHWEH, maka YAHWEH tak membutuhkan semuanya itu. Jika perut sudah kenyang kita tak lagi membutuhkan makanan. Seperti itulah keadaan YAHWEH.

Suatu kali YAHWEH menciptakan YESHUA ha MASHIA;

Why. 3:14"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Untuk YESHUA-lah semua yang ada di benak YAHWEH diberikan. Segala kepintaran YAHWEH diberikan kepada YESHUA, seperti seorang ayah mewariskan semua ilmunya kepada anaknya. Kenapa ayah mewariskan semua ilmunya kepada anaknya? Sebab dia sudah tak memerlukannya. Dia sudah tua tak memerlukan apa-apa lagi karena itu dicurahkan kepada anaknya. Demikianlah YAHWEH memberi kuasa kepada YESHUA untuk menciptakan alam semesta dengan segala isinya; baik matahari, bulan, bintang-bintang, malaikat-malaikat, Adam dan Hawa, binatang-binatang dan lain-lainnya, diciptakan oleh YESHUA untuk diatur olehNYA;

Yohanes
1:3Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

YAHWEH mengaruniakan posisi "ALLAH semesta alam" kepada YESHUA, sama seperti nabi Musa yang diberi kuasa sebagai "Allah" bagi Firaun;

Yesaya
9:6(9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7(9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

Kel. 7:1Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.

Pertanyaan: Apakah YESHUA itu ALLAH? Benar! Apakah YESHUA itu YAHWEH? Bukan! Apakah YESHUA itu "Makhluk" sejenis YAHWEH? Bukan! Alkitab menerangkan bahwa YESHUA itu seperti manusia;

Kej. 3:22Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita

Adam itu seperti YESHUA. Itulah sebabnya manusia disebut sebagai saudara-saudara YESHUA;

Ibrani
2:11Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Karena segala sesuatu adalah milik YESHUA, maka ketika manusia terjatuh ke dalam dosa, YESHUA-lah yang berkepentingan dan bertanggungjawab untuk menyelamatkan;

Yohanes
10:11Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

YESHUA rela kehilangan apa saja demi keselamatan kita, sama seperti seorang ayah yang saya kenal sebagai pimpinan sebuah bank, yang rela kehilangan segala harta maupun kedudukannya demi anaknya yang sakit ginjal yang harus cuci darah setiap minggu. Dulu belum ada BPJS kesehatan, sehingga biaya cuci darah bisa membuat orang jatuh miskin. Dari kedudukan pimpinan sebuah bank, akhirnya orang itu menjadi pengangguran dan harus menjual rumah serta mobilnya.

Demikianlah YESHUA menanggalkan kedudukan dan kemuliaanNYA sebagai ANAK YAHWEH di sorga, turun ke dunia menjadi manusia yang paling hina, orang miskin dan anak tukang kayu saja, supaya orang-orang miskin tidak merasa malu untuk datang kepadaNYA. YESHUA menjadi Manusia biasa seperti kita untuk menikmati pencobaan-pencobaan hidup, menghadapi tipu muslihat iblis hingga masuk ke alam maut. Semua kepahitan yang kita nikmati dalam hidup ini, ditimpakan ke atas bahuNYA, supaya DIA yang memikulnya untuk dikuburkan di alam maut, seperti sampah yang diangkut truk untuk dibuang ke TPA - Tempat Pembuangan Akhir. Di alam maut itulah semua beban kita dilepaskan YESHUA.

Ketika YESHUA bangkit, bereslah semuanya! YESHUA telah melumpuhkan iblis, YESHUA telah membuang sengat kalajengking, YESHUA telah mencabuti gigi macan. YESHUA telah menang! Tentu saja kemenangan simbolis karena dunia masih belum diakhiri. Lambang dulu baru wujud aslinya.

Filipi
2:6yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Yesaya
53:3Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
53:4Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Why. 1:18dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

DIA yang bangkit, DIA-lah yang akan membangkitkan kita. Sebab segala kuasa sudah ada di genggaman tanganNYA;

Matius
28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Setelah YESHUA menyelesaikan pekerjaan penyelamatanNYA, DIA kembali kepada BAPA YAHWEH, duduk di sebelah kananNYA. Arti "duduk di sebelah kanan YAHWEH" adalah menjadi Orang yang paling dipercayai YAHWEH.

Ibrani
1:3Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

Kalau kita melihat YESHUA seperti ini, naik ke sorga sendirian, bukankah Maria, ibuNYA itu bukan apa-apa? Bukankah Maria itu hanya angin lalu saja yang dipakai YAHWEH sebagai alat? Dipakai, setelah selesai digeletakkan. Dan kalaupun Maria diselamatkan, dia diselamatkan sama seperti kita, yakni karena kebenarannya, bukan karena dia melahirkan YESHUA. YAHWEH tak merasa perlu memberikan tanda penghargaan untuk melahirkan YESHUA, sebab Maria hanyalah debu sebagaimana pernyataan Maria sendiri;

Luk. 1:38Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Kata Maria: "Aku ini hanya hamba TUHAN, perbuatlah apa saja sesuka hati TUHAN."

Maria memang sosok yang mengagumkan yang patut kita teladani. Tapi kita jangan sampai mengkultuskannya, sebab di Alkitab ada Ayub, ada Musa, ada Elia, dan lain-lainnya. Masing-masing ada kelebihannya sendiri-sendiri.


Tidak ada komentar: