Rabu, 11 Mei 2016

7 Teknologi Israel Yang Telah Menguasai Kehidupan Manusia

Israel sempat disorot beberapa waktu lalu lantaran kelakuan kejam mereka terhadap penduduk tepi barat Gaza dengan membombardir wilayah tersebut. Alasannya untuk melumat Hamas walaupun korbannya sendiri adalah orang-orang sipil tak berdosa. Beberapa negara simpatisan Palestina pun menyatakan ini adalah kejahatan besar.
Namun tak ada aksi lanjut untuk memberi sanksi atau apa pun. Bahkan sampai sekarang orang-orang Israel masih terus saja menganggu di wilayah Palestina. Tanpa satu berita pun muncul untuk kita ketahui.
Orang-orang Indonesia yang mayoritas Muslim ini pun juga begitu geram dengan Israel. Bahkan pernah muncul wacana untuk memboikot produk-produk mereka. Namun ajakan ini lenyap begitu saja. Tapi, sejujurnya jika boikot ini benar-benar dilakukan apakah bisa berhasil seperti yang diinginkan? Sayangnya tidak atau lebih tepatnya mustahil untuk dilakukan. Pasalnya, produk-produk mereka begitu menguasai hal-hal fundamental dan memang sangat dibutuhkan. Menghilangkan penggunaannya justru akan merugikan kita sendiri.
Ya, bisa dibilang merekalah yang menguasai dunia dan manusia saat ini lewat produk-produk buatannya. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin kamu tidak pernah tahu jika dibuat oleh Israel, dan harus diakui keberadaan produk ini sangat penting. Berikut ulasan dari 7 Teknologi Israel Yang Telah Menguasai Kehidupan Manusia.
Waze
Penggunaan digital map real time jadi solusi yang paling diandalkan ketika berpergian. Salah satu produk yang paling banyak digunakan dalam hal ini selain Google Map adalah Waze. Aplikasi ini begitu membantu para traveler untuk sampai ke tempat tujuan. Tak hanya menginformasikan tentang traffic, tapi ada pula penunjuk jalan yang diintegrasikan dengan GPS. Mustahil kamu bisa tersesat jalan dengan memakai aplikasi ini.
Terlepas dari aplikasinya yang begitu keren, mungkin sempat muncul pertanyaan di benak kita. Siapa pencipta produk yang begitu sempurna dan bermanfaat ini. Waze adalah aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah sofware house yang ada di Israel. Jadi, bisa disimpulkan jika Waze adalah produk Yahudi. Waze sendiri memang hampir digunakan oleh setiap orang di negara-negara maju dan mereka pun sangat apresiatif dengan aplikasi ini.
Electro Optic Sensor
Hampir di semua smartwatch atau smartphone kekinian memiliki teknologi bernama Electro Optic Sensor. Alat ini mampu membaca detak jantung pengguna lewat interaksi dengan kulit. Lalu kemudian mengirimkan informasinya yang ditampilkan lewat layar. Alat ini berguna untuk membuat kita bisa melakukan antisipasi. Misalnya dengan santai sedikit agar jantung bisa tetap sehat.
Pengembangan sensor ini juga sangat beragam. Kita bisa menemuinya dalam banyak aplikasi smartphone misalnya software fitness dan sebagainya. Pada akhirnya, Electro Optic Sensor adalah alat yang membantu kita untuk tetap bisa memonitor kesehatan. Artinya, ia membuat kita bisa tetap hidup. Ya, alat canggih ini juga dikembangkan di Israel.
Intel
AMD dan Intel jadi duo produsen prosesor paling ngetren se-dunia. Namun jika dilihat dari statistik penjualan perangkat komputer dan jumlah pengguna, maka Intel bisa dikatakan jauh mengungguli AMD. Intel terkenal dengan kecepatannya yang stabil serta tahan dari panas. Hal ini membuat ia durable dan bisa awet sampai tahunan.
Perkembangan Intel sendiri juga termasuk cepat. Dalam 5 tahun berbagai upgrade prosesor sudah tersedia. Tak hanya melulu menciptakan otak komputer, Intel juga mengembangkan banyak sekali teknologi canggih. Misalnya saja yang mungkin sudah akan dirilis adalah teknologi face recognition.
style="text-align: justify;"> Teknologi ini memungkinkan komputer mengenali wajah kita dan ini bisa diimplementasikan dalam banyak hal. Terutama untuk bidang security alias keamanan. Pertanyaan pentingnya, dimana kah Intel dikembangkan? Tentu saja Israel.
Komponen Jaringan
Internet ibarat sebuah pulau indah yang di dalamnya kita bisa menemukan apa pun. Termasuk pekerjaan dan mungkin juga jodoh. Namun untuk menuju pulau indah ini, kita membutuhkan sebuah perahu namanya komponen jaringan. Tanpanya kita tidak akan mungkin bisa terhubung ke dunia maya.
Tidak hanya sebagai perangkat penting untuk terkoneksi dengan internet. Komponen jaringan juga memudahkan kita dalam berbagai pekerjaan, terutama yang mengandalkan konektivitas misalnya sharing dan sebagainya. Ya, pada intinya alat ini begitu penting. Sampai-sampai, internet sendiri tidak berguna jika tidak ada perangkat komponen jaringan yang melengkapinya. Seperti deretan alat sebelumnya, teknologi semacam ini juga diciptakan di Israel.
Memory Stick
Pengembangan memory stick saat ini sudah makin canggih. Dulu kita mendapati mereka berbentuk bulky dengan kapasitas yang masih kecil. Seiring berjalannya waktu, memory stick makin kecil dan tipis namun menyimpan kapasitas yang luar biasa besar.
Penggunaan sehari-hari memory stick juga sangat membantu pekerjaan. Utamanya sebagai media penyimpanan mobile. Tanpanya mungkin kita masih akan menggunakan disket atau disc yang dari sisi ergonomis sangat kurang. Belum lagi dengan bentuk besar seperti itu, kapasitas yang diusungnya sangat kecil, dan juga rawan rusak. Sebelum banyak sekali brand memory stick yang beredar saat ini, Israel yang terlebih dahulu menemukan teknologinya.
Kamera Smartphone
Tidak semua orang suka berfoto dengan kamera smartphone mereka. Tapi tanpa tersemat kamera di sana, mungkin sebuah gadget tidak akan pernah terbeli banyak orang. Adanya kamera di smartphone memang merupakan inovasi yang cerdas. Selain tentu saja bisa menghemat budget karena tidak perlu membeli kamera tersendiri.
Penggunaan kamera di smartphone juga sangat beragam. Tak hanya foto, selfie, dan merekam video saja, tapi juga bisa sebagai media komunikasi alternatif yang keren selain pesan dan suara. Ya, lewat kamera depan kita bisa saling bertatap muka. Silahkan berterima kasih kepada Israel jika kamu menganggap kamera di smartphone ini memang berguna.
Satelit Untuk Konektivitas Internet
Israel sudah menciptakan komponen jaringan yang bisa membuat kita terhubung dengan internet. Rencananya dalam beberapa tahun ke depan mereka akan membuat pengembangan dari alat ini dengan kemasan yang jauh lebih greget. Pemerintah Israel akan bekerja sama dengan Facebook untuk meluncurkan sebuah satelit yang bisa sebagai media koneksi internet wireless.
Jadi, nantinya kita tidak butuh kabel atau apa pun untuk bisa terhubung dengan internet. Cukup menggunakan layanan dari satelit ini saja. Suatu saat semua orang di mana pun akan bisa terkoneksi internet. Semua berkat teknologi baru ini. Era digital yang lebih canggih pun akan terlahir tak lama setelahnya.
Tak usah menolak untuk mengakui jika sederet teknologi di atas memang sangat menunjang kehidupan sehari-hari. Umpamanya kesemua alat ini tercipta 50 tahun lagi, sudah pasti kita tidak akan bisa seperti sekarang. Fakta ini memang dilematis, di satu sisi kita begitu tidak menyukai Israel, tapi di sisi yang lain prestasi-prestasi yang kita ciptakan juga ada andil produk-produk Israel di sana. Pada akhirnya kita benci untuk mengatakan jika Israel adalah bangsa yang membuat dunia ini lebih maju dan lebih baik.

Tidak ada komentar: