Jumat, 20 Mei 2016

ARTI TUHAN



TUHAN itu dari kata: “TUAN” yang artinya pemimpin atau majikan atau boss, yaitu orang yang kita taati perkataannya. Karena itu ALLAH sudah pasti TUHAN, tapi TUHAN belum tentu ALLAH. Al Qur’an juga mengartikan ALLAH dengan TUHAN itu berbeda. Ada kalanya TUHAN disamakan dengan ALLAH, ada kalanya TUHAN dibedakan dari ALLAH. Mari kita lihat ayatnya;

QS. 70:40   Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

“AKU” menunjuk pada ALLAH, yaitu YAHWEH – BAPANYA YESHUA, sedangkan TUHAN menunjuk pada YESHUA.

Dalam Alkitab, YESHUA menyatakan DiriNYA sebagai TUHAN, tak pernah menyatakan diri sebagai ALLAH;

Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Dan para rasul mengartikan TUHAN itu sebagai PEMIMPIN;

Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Demikian pula TUHAN dalam bahasa Inggris, dibedakan dari huruf kecil dan huruf besar;

>> Huruf kecil: “lord” = tuan

>> Huruf besar: “LORD” = TUHAN.


NKJV
She said to Him, "Yes, Lord, I believe that You are the Christ, the Son of God, who is to come into the world." – Yohanes 11:27.

NKJV = New King James Version.
Lord adalah gelar untuk seseorang atau zat supernatural yang memiliki wewenang, kendali, atau kuasa atas hal lain; seorang tuan, kepala, atau penguasa.[1][2] Dalam beberapa kasus, "lord" adalah gelar substantif itu sendiri, pada umumnya seperti Lord of the Manor, dan gelar vestigial tertentu dari zaman feodalisme seperti Lord of Mann. Dalam kasus lain, Lord adalah istilah umum yang diterapkan, misalnya, untuk orang-orang yang memegang gelar-gelar bangsawan atau orang-orang yang dihormati. – Wikipedia.

Tidak ada komentar: