Selasa, 17 Mei 2016

HIDUPMU ADA DI SALIB

Saya mau mengajak anda, segala makhluk, untuk melihat pada makna salib yang sungguh-sungguh luar biasa mentakjubkan, sehingga salib mustahil hasil imajinasi manusia dan mustahil pula suatu kebetulan.

Hasil gambar untuk gambar salib


Sebenarnya YESHUA turun ke dunia menjadi Penebus dosa itu urusannya dengan pengorbananNYA untuk mati dan mencurahkan darahNYA, bukan untuk disalibkan. Matinya atau darahnya yang penting, bukan cara kematiannya. Bahwa YESHUA sebagai kebenaran pasti akan mati di tangan orang-orang berdosa atau kesalahan. Sebab antara dua hal yang saling bertentangan, yakni kesalahan dengan kebenaran pasti akan menimbulkan pertentangan, tidak mungkin menjadi persatuan. Jika antara kesalahan dengan kebenaran atau antara orang jahat dengan orang baik terjadi persahabatan, seperti kehidupan anda saat ini yang aman, nyaman dan tenteram, jelas ada yang salah dengan kebenaran atau orang benarnya. Jelas kebenaran atau orang benar itu abu-abu atau semu atau palsu, bukan kebenaran yang sejati. Sebab orang benar pasti akan melawan orang jahat. Bukankah begitu ajaran YESHUA ha MASHIA atau ajaran Kristen itu?

Karena bukan salib yang menjadi inti Penebusan YESHUA, maka Alkitab tak pernah memberikan tekanan pada masalah salibnya, melainkan pada kematianNYA. Sebab oleh kematianNYAlah kita diselamatkan, bukan oleh salibnya.

Jika YESHUA harus mati, bukankah ada banyak model hukuman mati di Israel, seperti dilempari batu sampai mati, digantung lehernya atau dipenggal kepalanya. Tapi kenapa YESHUA dimatikan secara salib?

Adapun yang disebut salib itu ternyata ada bermacam-macam bentuknya;

a. Bentuk "!": hanya kayu vertikal saja.

crux simplex, seperti bentuk huruf Latin I, yaitu hanya terdiri dari satu tonggak, bentuk seperti inilah yang diyakini oleh kalangan 'Saksi Yehuwa' dengan merujuk kepada Galatia 3:13, "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Kayu salib dimaksud diterjemahkan dari kata Yunani ξυλον - XULON, harfiah pohon. Kata salib sendiri diterjemahkan dari kata Yunani σταυρος - STAUROS.
    Image


b. Bentuk: "X"

crux decussata, seperti bentuk huruf Latin X, dikenal juga sebagai salib Santo Andreas karena ia disalib seperti itu.
    St. Andrew's Cross:
    Image


c. Bentuk "T" - huruf besar

crux commissa, disebut juga "Tau-Cross" seperti bentuk huruf Latin T, dikenal juga sebagai salib Santo Antonius.

    Tau (St. Anthony's) Cross:
    Image


d. Bentuk "t" - huruf kecil

crux immissa, seperti bentuk huruf Latin t kecil, yaitu bentuk salib Yesus Kristus, di atas kepala-Nya, diletakkanlah tulisan yang dikenal dengan istilah INRI. Di samping terdiri dari satu tonggak yang berdiri, salib itu memiliki tiang lintasan yang lebih pendek, dan bentuk salib Kristus ini merujuk kepada kesaksian dari sejarawan purba seperti Socrates, Sozomen, Rufinus, Theodoret, dan Eusebius.

    Image

Pertanyaannya: kenapa YESHUA disalib dalam bentuk "t" huruf kecil yang terdiri dari garis vertikal[atas-bawah] dan garis horisontal[kiri-kanan]?

Dulu, ketika pulang sekolah ibu tak ada di rumah, perut lapar tapi tak ada makanan apapun di meja makan. Biasanya, jika ibu tidak ada keperluan ke rumahsakit, di meja makan pasti selalu ada makanan. Tapi kali ini tak ada makanan. Terpaksa saya bongkar-bongkar lemari makanan, mencari apa saja yang bisa dimakan saya makan untuk mengganjal perut. Demikianlah kita harus berusaha menggali apa sajakah arti salib "t" tersebut, supaya jiwa kita dikenyangkan oleh temuan-temuan yang luar biasa. Sebab hanya orang yang mencari yang menemukan, sedangkan orang yang tak mau mencari takkan menemukan apapun;

Mat. 7:8Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

1. Salib mengartikan seluruh dunia atau semesta alam;

Salib membentuk mata angin: utara, selatan, timur dan barat, yang mengartikan seluruh penjuru. Bahwa YESHUA ha MASHIA adalah SANG PENGUASA semesta alam.

"Hidupmu ada di salib":

1Ptr. 2:4Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.

2. Salib mengartikan hubungan kita dengan ELOHIM dan dengan sesama manusia[kasih].

Vertikal, hubungan kita dengan ELOHIM, horisontal, hubungan kita dengan sesama. Kita harus mengasihi ELOHIM dan mengasihi sesama.

"Hidupmu ada di salib" yaitu kamu harus memiliki kasih.

3. Salib mengartikan pendamaian kita dengan YAHWEH;

YESHUA adalah Pengantara kita kepada YAHWEH.

"Hidupmu ada di salib" yaitu kamu harus menyelesaikan segala dosamu di hadapan YAHWEH oleh salib YESHUA.

4. Salib mengartikan pendamaian kita dengan sesama.

Kita harus membersihkan jiwa kita dari rasa permusuhan terhadap sesama.

"Hidupmu ada di salib" yaitu kamu harus mengampuni kesalahan orang.

5. Salib mengartikan Alfa dan Omega[segala zaman].

Adam > YESHUA < Kita

Yang awal dan yang akhir berpusat pada YESHUA. Bahwa orang-orang di zaman sebelum YESHUA, disebut sebagai masa "Sebelum Masehi" adalah orang-orang yang mengimani YESHUA sebelum DIA datang. Mereka melihat ke depan, melalui penyembelihan hewan korban. Adapun kita adalah orang-orang "Sesudah Masehi" yang mengimani YESHUA sesudah DIA datang. Kita melihat ke belakang melalui pekerjaan ROH KUDUS.

"Hidupmu ada di salib" entah di zaman mana saja kamu hidup, kamu harus memandang pada YESHUA.

6. Salib mengartikan yang dari atas turun ke bawah; - garis vertikal

Yohanes
3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

"Hidupmu ada di salib" kasih YAHWEH. Merupakan kasih karunia YAHWEH.

7. Salib mengartikan kematian, kebangkitan dan kenaikan YESHUA ke sorga;

Garis horisontal menggambarkan penguburan YESHUA, garis vertikal menggambarkan kebangkitan dan kenaikanNYA ke sorga.

"Hidupmu ada di salib" meliputi kematian, kebangkitan dan kenaikan YESHUA ke sorga.

>> Kematian - YESHUA menebus dosa.

>> Kebangkitan - YESHUA mengalahkan maut.

>> Kenaikan ke sorga - YESHUA diperkenan YAHWEH. 

Tidak ada komentar: