Senin, 30 Mei 2016

MANA YANG ARTINYA JURUSELAMAT?

Manakah yang memiliki arti JURUSELAMAT; YESHUA atau MASHIA? Secara umum keduanya memiliki arti yang sama. Tapi jika hendak diharafiahkan;

>> YESHUA = YAHWEH yang menyelamatkan.

>> MASHIA = MESIAS = JURUSELAMAT.

Nama nabi-nabi yang searti dengan YESHUA: Yosua, Yesaya, dan Hosea. Itu searti semua, yaitu TUHAN yang menyelamatkan.

YESHUA adalah nama, sedangkan MASHIA adalah gelar;

Mat. 1:21Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Malaikat hanya memberikan nama satu kata saja, yakni: YESHUA, tanpa embel-embel MASHIA atau KRISTUS. Pontius Pilatus menyamakan antara YESHUA dengan MASHIA;

Mat. 27:17Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: "Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?"

YESUS yang disebut KRISTUS, YESHUA yang disebut MASHIA, sehingga YESHUA = MASHIA. Itulah sebabnya untuk menyebutkan YESUS KRISTUS, kita tambahkan: "ha" - YESHUA "ha" MASHIA. "Ha" artinya seorang, sehingga MASHIA bukanlah nama melainkan gelar. Jadi, YESUS KRISTUS yang benar adalah: YESUS yang bergelar KRISTUS atau YESHUA ha MASHIA.

YESHUA bertanya kepada murid-muridNYA;

Matius
16:15Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"

Apa jawab Petrus?

Matius 16:16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Petrus tidak menjawab: "ENGKAU adalah YESUS/YESHUA" tapi "ENGKAU ADALAH KRISTUS/MESIAS." Sama dengan yang ditunggu bangsa Yahudi adalah MESIAS, peranannya sebagai PENYELAMAT, bukan menunggu "YESUS" selaku Pribadi.

Pak Joko adalah guru. Siapakah yang ditunggu murid-murid? Pak Joko atau pak guru? Jelas pak guru yang ditunggu para murid. Jabatan gurunya yang mereka perlukan bukan orangnya, sehingga jika pak Joko berhalangan diganti dengan pak Didik, bukanlah masalah karena jabatannya yang dipentingkan. 

Lukas
22:66Dan setelah hari siang berkumpullah sidang para tua-tua bangsa Yahudi dan imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu mereka menghadapkan Dia ke Mahkamah Agama mereka,
22:67katanya: "Jikalau Engkau adalah Mesias, katakanlah kepada kami." Jawab Yesus: "Sekalipun Aku mengatakannya kepada kamu, namun kamu tidak akan percaya;

Luk. 23:35Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah."

Dalam kerinduannya bangsa Yahudi menantikan MESIAS, merekapun mengira dan mengharapkan Yohanes Pembaptis itulah MESIAS;

Yohanes
1:19Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"
1:20Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: "Aku bukan Mesias." 

Apa yang mereka harapkan dari MESIAS? Mereka mengharapkan dipimpin untuk memerdekakan Israel dari penjajahan Romawi;

Luk. 24:21Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.

Dan karena YESHUA dengan MASHIA itu terpisah bukan merupakan nama sambungan, maka para rasulpun suka membalik-balikkan menjadi KRISTUS YESUS;

Rm. 2:16Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

Tidak harus YESUS KRISTUS, seolah-olah nama depan dengan nama belakang: Joko Widodo. Jadi, YESHUA adalah nama sedangkan MASHIA adalah gelarnya.

Kis. 2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

YAHWEH membuat/menetapkan YESUS itulah MESIAS.

Nama bisa diganti dengan nama siapa saja, sedangkan gelar itu tetap. Presiden itu tetap, tapi yang menjadi presiden berganti-ganti; Soekarno, Soeharto, dan seterusnya. YAHWEH bisa saja memilih Bambang itulah MESIAS atau Anton itu MESIAS. Tapi yang YAHWEH tetapkan sebagai MESIAS untuk selama-lamanya adalah YESHUA, bukan Anton juga bukan Bambang!

Tidak ada komentar: