Selasa, 31 Mei 2016

PERZINAHAN HOSEA?

Permulaan kenabian Hosea adalah ini:

Hosea

1:2Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN."

Hosea diperintahkan untuk mengawini seorang pelacur dan melahirkan anak-anak dari perempuan itu. Tapi alasan ALLAH adalah karena bangsa Israel telah membelakangi TUHAN. Membelakangi TUHAN itulah yang TUHAN maksud sebagai persundalan bangsa Israel.

Nabi Hosea disuruh ALLAH memainkan pertunjukan "life" tentang kemurtadan bangsa Israel melalui perjalanan hidupnya.

1:4Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Yizreel kepada anak itu, sebab sedikit waktu lagi maka Aku akan menghukum keluarga Yehu karena hutang darah Yizreel dan Aku akan mengakhiri pemerintahan kaum Israel.
1:5Maka pada waktu itu Aku akan mematahkan busur panah Israel di lembah Yizreel."

Anak pertama Hosea dari pelacur itu diberi nama: Yizreel. Apa artinya? ALLAH akan menghukum Yehu. Jadi, anak itu merupakan peringatan bagi Yehu bahwa ALLAH akan membalas dosa-dosanya.

ALLAH memerintahkan Yehu untuk membinasakan keluarga Ahab, raja Israel Utara, tapi Yehu juga membunuh Yoram dan Ahazia, raja Yehuda. Jadi, Yehu melakukan perintah ALLAH secara berlebihan. Terlebih raja-raja Yehuda adalah keturunan Daud, kesayangan ALLAH. Dan sesuai dengan ayat 5, Israel Utara ditaklukkan oleh Asyur.

1:6Lalu perempuan itu mengandung lagi dan melahirkan seorang anak perempuan. Berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Lo-Ruhama kepada anak itu, sebab Aku tidak akan menyayangi lagi kaum Israel, dan sama sekali tidak akan mengampuni mereka.
1:7Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi TUHAN, Allah mereka. Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda."

Anak kedua diberi nama: Lo Ruhama, sebagai pernyataan bahwa ALLAH lebih menyayangi kaum Yehuda[keturunan Daud] dari pada Israel Utara yang selalu murtad ke dewa-dewa Asyur.

Kata ALLAH: "Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang" maksudnya adalah keselamatan spiritual sebagaimana yang dilakukan oleh YESUS. Bahwa YESUS akan dilahirkan melalui suku Yehuda, sesuai nubuatan Yakub, 2.000 tahun sebelum YESUS dilahirkan;

Kej. 49:10Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

ALLAH akan membiarkan keruntuhan kerajaan Yehuda di tangan raja Babel, sehingga Israel tak lagi memiliki kerajaan sampai kelahiran YESUS, sebagai RAJA YAHUDI secara rohani - bukan dengan pedang.

1:8Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki.
1:9Lalu berfirmanlah Ia: "Berilah nama Lo-Ami kepada anak itu, sebab kamu ini bukanlah umat-Ku dan Aku ini bukanlah Allahmu."
1:10Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

Anak Hosea yang ketiga diberi nama: Lo Ami, artinya Yehuda yang pada akhirnya akan murtad seperti Israel Utara, akan dibuang ke Babel, dan ALLAH akan menolak baik Israel Utara maupun Yehuda. Lo Ami menggambarkan Kekristenan yang tidak lagi berbicara tentang darah Yahudi. Keyahudian akan berakhir setelah kedatangan YESUS.

1:11Orang Yehuda dan orang Israel akan berkumpul bersama-sama dan akan mengangkat bagi mereka satu pemimpin, lalu mereka akan menduduki negeri ini, sebab besar hari Yizreel itu.

Di Kekristenan itulah nantinya semua orang, baik Yahudi maupun non Yahudi akan dikumpulkan;

Why. 7:9Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.

>> Anak pertama: Yizreel, artinya: jangan main-main dengan anak-anak Daud.

>> Anak kedua: Lo Ruhuma, artinya: ALLAH akan menurunkan JURUSELAMAT melalui suku Yehuda.

>> Anak ketiga: Lo Ami, artinya: janji ALLAH kepada Abraham bahwa oleh keturunannya semua bangsa mendapatkan berkat akan digenapi melalui Kekristenan.


Itulah Hosea pasal 1.

Tidak ada komentar: