Rabu, 25 Mei 2016

SI PENDUSTA DARI TARSUS

Entah, apa sebab kaum Muslim begitu membenci rasul Paulus dan berusaha mengeluarkannya dari Kekristenan. Padahal Muhammad dan Al Qur'an tak mengenal para rasul, selain mengenalnya sebagai 12 rasul saja. Tapi kaum Muslim dengan lantang menyebut nama rasul Paulus sebagai penyesat Kekristenan, mengesankan bahwa antara kaum Muslim dengan Al Qur'an itu sesuatu yang lain. Kaum Muslim telah berlagak melebihi nabinya yang memang buta huruf. Mereka yang merasa pintar sudah berjalan keluar rel, tidak mau lagi dikurung oleh Al Qur'an.

Menjadi pertanyaan: apakah mereka mau masuk Kristen, menyembah YESHUA jika rasul Paulus sudah dipecat dari Kristen? Kuatirnya mereka hanya lempar batu sembunyi tangan saja. Setelah melihat gereja Kristen terbakar, berkatalah mereka dengan senyam-senyum: "Islam adalah agama damai."

Roma 3:7Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?

Ayat itu mereka gunakan seakan-akan rasul Paulus mengakui pekabaran Injilnya adalah dustanya. Padahal di situ ada kata-kata: "jika" yang artinya kalau atau seandainya. Bahwa seandainya rasul Paulus berdusta tentang penginjilannya, mengapa dia masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa sehingga dia harus didera dan dimasukkan ke penjara? Harusnya jika mereka tahu rasul Paulus itu pendusta, ya tidak usah didengarkan perkataannya, selesai.

Kis. 16:37Tetapi Paulus berkata kepada orang-orang itu: "Tanpa diadili mereka telah mendera kami, warganegara-warganegara Roma, di muka umum, lalu melemparkan kami ke dalam penjara. Sekarang mereka mau mengeluarkan kami dengan diam-diam? Tidak mungkin demikian! Biarlah mereka datang sendiri dan membawa kami ke luar."

Jadi, Roma 3:7 itu bukan rasul Paulus mengakui dirinya berdusta, tapi rasul Paulus mengambil permisalan jika dia berdusta.

Kaum Muslim dibingungkan juga oleh identitas rasul Paulus yang mengaku Yahudi dari suku Benyamin tapi berkewarganegaraan Roma, lahir di Tarsus dan berhaluan Farisi.

Rm. 11:1Maka aku bertanya: Adakah Allah mungkin telah menolak umat-Nya? Sekali-kali tidak! Karena aku sendiripun orang Israel, dari keturunan Abraham, dari suku Benyamin.

Kis. 21:39Paulus menjawab: "Aku adalah orang Yahudi, dari Tarsus, warga dari kota yang terkenal di Kilikia; aku minta, supaya aku diperbolehkan berbicara kepada orang banyak itu."

Flp. 3:5disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi,

Kis. 23:27Orang ini ditangkap oleh orang-orang Yahudi dan ketika mereka hendak membunuhnya, aku datang dengan pasukan mencegahnya dan melepaskannya, karena aku dengar, bahwa ia adalah warganegara Roma.

>> Suku Benyamin adalah salah satu dari 12 suku Israel.

>> Kewarganegaraan Roma rasul Paulus kemungkinan didapatkan dari ayahnya yang pejabat Romawi.

Kis. 22:28Lalu kata kepala pasukan itu: "Kewarganegaraan itu kubeli dengan harga yang mahal." Jawab Paulus: "Tetapi aku mempunyai hak itu karena kelahiranku."

>> Rasul Paulus lahir di Tarsus, sekarang adalah Turki. Mungkin ayahnya ditugaskan di Tarsus.  

>> Farisi itu adalah salah satu paham Keyahudian yang terdiri dari 3 golongan: Farisi, Saduki dan ahli Taurat. Kalau di Indonesia seperti NU dengan Muhammadiyah.

Jadi, mananya yang tidak jelas?

Siapakah rasul Paulus? Nama Ibraninya: Saulus, sedangkan nama Romawinya: Paulus, karena ia warganegara Romawi. Jadi, Paulus mempunyai 2 nama;

Kisah 13:9Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia,

Sebelum bertobat menjadi Kristen, dia adalah golongan Farisi, murid Gamaliel yang amat membenci orang-orang Kristen.

Kis. 5:34Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar.
Kis. 22:3"Aku adalah orang Yahudi, lahir di Tarsus di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan di kota ini; dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini.

Ketika rasul Stefanus dirajam batu, Paulus menyaksikan dan menyetujuinya;

Kis. 8:1Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Bahkan kemudian Paulus meminta surat kuasa untuk menganiaya orang-orang Kristen;

Kisah
9:1Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar,
9:2dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti Jalan Tuhan, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.

Dalam perjalanan ke Damsyik, sekarang Damaskus, Suriah, TUHAN YESHUA menghadangnya dalam suatu sinar terang dan dalam suatu suara dari sorga;

Kisah
9:3Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
9:4Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
9:5Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
9:6Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."

Rasul Paulus buta dan berpuasa 3 hari;

Kisah
9:8Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
9:9Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.

Rasul Paulus dibaptis oleh Ananias;

Kisah 9:18Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

Sekarang menjawab tudingan kaum Muslim bahwa rasul Paulus itulah yang mengajarkan YESHUA itu ALLAH. Benarkah?

Kisah 9:20Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Ternyata tudingan kaum Muslim itu tidak benar. Rasul Paulus mengajarkan bahwa YESHUA itu ANAK YAHWEH. Jika menurut paham Farisi, Saduki dan ahli Taurat, sama seperti paham kaum Muslim sekarang ini, pernyataan YESHUA sebagai ANAK YAHWEH itu termasuk menghujat YAHWEH;

Yoh. 10:36masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Tapi kini terjadi perubahan dari Paulus. Paulus kini meyakini YESHUA memang benar-benar ANAK YAHWEH. Suatu perubahan 180 derajat!

Rasul Paulus menyejajarkan dirinya dengan ke-12 rasul;

2Kor. 11:5Tetapi menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu.

Gal. 2:9Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;

Rasul Paulus berani menegur rasul Petrus yang merupakan kepala para rasul;

Gal. 2:11Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.

Rasul Paulus ditugaskan untuk memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa lain;

Kis. 9:15Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

Rasul Paulus disertai dengan tanda-tanda mukjizat;

>> Membangkitkan orang mati;

Kisah
20:9Seorang muda bernama Eutikhus duduk di jendela. Karena Paulus amat lama berbicara, orang muda itu tidak dapat menahan kantuknya. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat ketiga ke bawah. Ketika ia diangkat orang, ia sudah mati.
20:10Tetapi Paulus turun ke bawah. Ia merebahkan diri ke atas orang muda itu, mendekapnya, dan berkata: "Jangan ribut, sebab ia masih hidup."

>> Digigit ular berbisa;

Kisah
28:5Tetapi Paulus mengibaskan ular itu ke dalam api, dan ia sama sekali tidak menderita sesuatu.
28:6Namun mereka menyangka, bahwa ia akan bengkak atau akan mati rebah seketika itu juga. Tetapi sesudah lama menanti-nanti, mereka melihat, bahwa tidak ada apa-apa yang terjadi padanya, maka sebaliknya mereka berpendapat, bahwa ia seorang dewa.

2Kor. 12:12Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.


Tulisan rasul Paulus: dari 27 kitab Perjanjian Baru, yang 14 kitab adalah tulisan rasul Paulus; Roma, 1Korintus, 2Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1Tesalonika, 2Tesalonika, 1Timotius, 2Timotius, Titus, Filemon dan Ibrani.

Rasul Paulus memberitakan Injil ke Arab. Di tahun 100, Injil sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Gal. 1:17juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.

Bagaimana rasul Paulus menubuatkan tentang kelahiran Islam yang mirip Keyahudian?

Galatia
4:22Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?
4:23Tetapi anak dari perempuan yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging dan anak dari perempuan yang merdeka itu oleh karena janji.
4:24Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar--
4:25Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab--dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.
4:26Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.


Hagar melahirkan Ismael, sedangkan Sara melahirkan Ishak. Itu adalah suatu kiasan tentang Islam dengan Kristen sekarang ini. Ismael melahirkan agama "hamba" di tanah Arab, sedangkan Ishak melahirkan agama "merdeka" di Yerusalem. Ayat 24 menyebutkan bahwa kehadiran agama Islam itu merupakan ketentuan YAHWEH. Silahkan baca di sini:





Penderitaan rasul Paulus;

Kis. 9:16Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."

2Kor. 11:27Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,

Kematian rasul Paulus diperkirakan mati syahid di kota Roma, di zaman kaisar Nero, tahun 70-an, bersamaan dengan kematian rasul Petrus. Jika rasul Paulus dipenggal kepalanya, rasul Petrus disalibkan dengan posisi kepala di bawah, kaki di atas.

Apa kata rasul Petrus tentang tulisan-tulisan rasul Paulus?

2Petrus
3:15Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.
3:16Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.
3:17Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.
3:18Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Jadi, rasul Paulus adalah rasul besar Kristen yang sah. Dinyatakan oleh Firman YESHUA sendiri, oleh rasul Petrus, oleh tanda-tanda mukjizat yang dibuatnya, oleh nubuatannya dan oleh kematian syahidnya.

Tidak ada komentar: