Sabtu, 28 Mei 2016

YESHUA HANYA UNTUK ISRAEL SAJA?

Puji TUHAN, rupanya gebrakan saya mempopulerkan bahwa ISA adalah Seorang JURUSELAMAT[al MASIH] sudah bisa diterima oleh kalangan Muslim. Mereka sudah mengakui bahwa "al MASIH" artinya adalah JURUSELAMAT;

>> Ibrani: MASHIA

>> Inggris: MESSIAH

>> Indonesia: MESIAS

>> Yunani: KRISTOS

Kita melihat di sini bahwa pengucapannya yang paling asing sendiri adalah yang berbahasa Yunani: KRISTOS. Akibatnya Alkitab LAI membuat pemisahan antara "MESIAS" dengan "KRISTUS". "KRISTUS" digandengkan dengan "YESUS" - YESUS KRISTUS, sedangkan "MESIAS" disendirikan. Padahal antara "MESIAS" dengan "KRISTUS" itu sama. Bandingkan dengan bahasa Ibraninya: YESHUA ha MASHIA.

Mat. 1:1Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

Mengapa tidak: "YESUS MESIAS?"

Mat. 16:16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Atau, mengapa tidak: "ENGKAU adalah KRISTUS?" Mengapa tidak memakai salah satunya saja sehingga tidak menciptakan kebingungan umat? Karena itu berpedomanlah pada nama bahasa Ibraninya: YESHUA ha MASHIA saja, sedangkan "YESUS KRISTUS" buanglah ke tong sampah! Sebab YESHUA itu orang Ibrani dari suku Yehuda, bukan orang Yunani. Hormatilah TUHANmu sendiri dengan nama panggilan yang menyenangkan hatiNYA: YESHUA ha MASHIA.

Kembali ke kaum Muslim. Mereka memang sudah mau menerima KEJURUSELAMATAN YESHUA. Namun itu mereka belokkan bahwa JURUSELAMAT untuk bangsa Israel saja.

Dasaran Al Qur'annya:

QS. 2:148   Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

QS. 43:59    ISA tidak lain hanyalah seorang hamba yang KAMI berikan kepadanya nikmat dan KAMI jadikan dia sebagai tanda bukti untuk Bani Israel.

Dasaran Alkitabnya:

Mat. 15:24Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Matius
10:5Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
10:6melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Mat. 21:43Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Matius 21:43 mengesankan bahwa keagamaan Kristen akan dialihkan ke bangsa lain: bangsa Arab, Islam. Tapi coba kita bandingkan dengan ayat-ayat sesudah penyaliban YESHUA;

Matius
28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Lihat ini juga:

Mat. 16:18Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

YESHUA memberikan Kekristenan ke atas bahu rasul Petrus dan ditandaskan bahwa Kekristenan tidak akan musnah selama-lamanya;

Matius 28:20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

YESHUA akan menyertai Kekristenan sampai akhir zaman. Jelas, bahwa "bendera" YESHUA ha MASHIA akan terus berkibar sepanjang masa dan takkan pernah berpindah menjadi Islam atau Muhammad rasulullah.

Kalau begitu, adakah ayat-ayat itu saling kontradiksi jika semula hanya untuk Israel lalu menjadi ke seluruh dunia? Kita periksa dulu apakah ada alasannya atau tidak. Jika perubahan itu tidak disertai alasan yang jelas, maka jelas itu kontradiksi. Tapi jika ada penjelasannya yang masuk akal atau alasan kuatnya, maka belum tentu itu sebuah kontradiksi.

Dulu saya meyakini ajaran Trinitas tapi sekarang saya sangat anti Trinitas. Apakah itu sikap yang kontradiksi jika dulu saya belum mengerti tapi sekarang telah mengerti? Jadi, kontradiksi atau plin-plan itu jika tidak ada alasannya yang jelas. Tapi YESHUA menjelaskan alasannya: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi." Kalau dulu YESHUA masih belum menunaikan tugasNYA, masih belum mati disalib sehingga belum mempunyai kuasa, maka DIA berbicara sebagai Orang yang terbatas: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tapi sekarang: "Kepada-Ku telah diberikan........."

Dan perkataan YESHUA itu menggenapi perjanjian YAHWEH dengan Abraham:

Kej. 26:4Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,

"Oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat." Jika bangsa Israel harus memberkati seluruh dunia, maka bangsa Israel harus penuh berkat dan melimpah-limpah sehingga kelimpahannya itu merupakan berkat bagi bangsa-bangsa. Jadi, seluruh bangsa Israel harus mendapat bagian yang pertama, bagian kesulungan;

Kis. 2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Seluruh Israel harus tahu dengan pasti bahwa YESHUA itulah MASHIA[JURUSELAMAT] dan PEMIMPIN[TUHAN] bagi bangsa Israel. Tidak boleh ada satupun orang Israel yang tidak tahu masalah itu, kecuali ia menolak. Menerima atau menolak, itu pilihan masing-masing orang Israel, tapi mereka perlu tahu bahwa YAHWEH telah menggenapi seluruh janjiNYA kepada Abraham.

Kej. 49:10Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Tiap-tiap orang Israel memiliki hak mengetahui hal itu, sebab merekalah yang mewarisi janji-janji YAHWEH;

Kis. 3:25Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.

Yes. 9:8(9-7) Tuhan telah melontarkan firman kepada Yakub, dan firman-Nya itu menimpa Israel.

Kis. 3:26Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

Maksud "membangkitkan" di sini adalah mengutus, bukan hal bangkit dari kematian, sebagaimana janji TUHAN kepada Musa;

Ulangan 18:18seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Karena seluruh Israel berhak mengetahui hal itulah maka YAHWEH sejak semula sudah melatih mereka untuk berkumpul seluruh Israel di hari-hari raya, merupakan kewajiban yang mengikat mereka, seperti kewajiban seorang pegawai negeri untuk mengikuti upacara. Karena itulah pada hari raya Pentakosta, hari ke-50 dari kebangkitan YESHUA, seluruh bangsa Yahudi dari segala penjuru dunia berkumpul di kota Yerusalem;

Kisah 2:5Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.

>> Hari ke- 40 YESHUA naik ke sorga dari bukit Zaitun. Setelah menyaksikan kenaikan YESHUA, para murid kembali ke Yerusalem yang memakan waktu 7 hari;

Kisah 1:12Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.

Sesampai di Yerusalem mereka menunggu 3 hari untuk mencapai hari Pentakosta, artinya hari ke-50, yakni menunggu janji YESHUA untuk mencurahkan ROH KUDUSNYA. Di masa-masa itulah mereka memilih Matias sebagai pengganti Yudas Iskariot yang berkhianat. Dan ketika tiba hari Pentakosta, YAHWEH mencurahkan ROH KUDUSNYA dalam rupa lidah-lidah api sehingga mereka semua kepenuhan ROH KUDUS, yang menggerakkan mereka untuk berbicara menyampaikan pekabaran itu, bahwa YAHWEH telah membuat YESHUA menjadi TUHAN dan MASHIA;

Nah, setelah seluruh Israel menerima pengumuman itulah Injil wajib mereka beritakan ke seluruh dunia. Dan pertama-tama adalah orang-orang Samaria, sebab orang Samaria adalah saudara mereka, yakni 10 suku yang hilang.

Kis. 1:8Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Draftnya dibuat sebelum hari Pentakosta, yakni Matius 28:19 sedangkan penandatangannya di hari Pentakosta, sehingga genaplah nas Perjanjian Lama ini;

Yes. 49:6"Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."

Kis. 8:1Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Melalui penglihatan makanan haram yang dinyatakan halal kepada rasul Petrus, YAHWEH menyatakan halal kepada bangsa Israel untuk bergaul dengan bangsa-bangsa lain;

Kisah 10:28Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.

Nah, Kornelius, seorang perwira Romawi adalah orang asing pertama yang masuk Kristen melalui rasul Petrus. Kemudian YAHWEH menjamah hati Paulus sehingga dia dijadikan rasul atas bangsa-bangsa non Yahudi.

Kis. 9:15Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

Jadi, YESHUA ha MASHIA adalah JURUSELAMAT untuk semua orang yang percaya kepadaNYA tanpa memandang kebangsaannya.

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kristen tetap Kristen selamanya takkan menjadi Islam, apapun yang terjadi;

Yes. 54:10Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Kalaupun ada gunung di Israel yang pindah ke negeri Arab, YAHWEH tetap di Israel.

Yes. 49:15Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.

Kalaupun ada perempuan yang melupakan bayinya, YAHWEH takkan melupakan Israel.

Tidak ada komentar: