Jumat, 10 Juni 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 3

Matius 13:24Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.

Perihal Kerajaan Sorga atau perihal YAHWEH itu adalah perihal kebaikan. YAHWEH selalu menciptakan apa yang baik, apa yang bermutu, apa yang berguna, apa yang benar dan suci. Sama seperti perusahaan yang menjaga kwalitas produksinya selalu memperhatikan kwalitas bahan-bahannya, kwalitas pembuatannya, dan kwalitas pelayanannya, sehingga menjadi perusahaan yang terpercaya.

Logisnya, jika bisa membuat yang terbaik, mengapa membuat yang buruk? Jika demikian bagaimana bisa terjadi ada orang-orang yang jahat? YESHUA menerangkan;

Matius 13:25Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.

Musuh yang dimaksud tentulah iblis. Tapi bagaimana iblis yang semula malaikat itu bisa menjadi pemberontak melawan YAHWEH? Sebab YAHWEH menciptakan makhluk hidup bukan komputer atau robot. YAHWEH ingin disembah secara tulus berdasarkan kesadaran, bukan secara terpaksa karena peraturan hukum.

Polisi lalulintas dalam rangka menyadarkan masyarakat juga tidak selalu menjaga perempatan jalan ataupun menggelar razia setiap hari. Polisi berharap agar masyarakat tertib membawa kelengkapan surat-surat sekalipun tidak ada razia, dan tertib mentaati rambu-rambu lalulintas sekalipun tidak dijaga polisi. Jangan membawa surat-surat karena ada razia atau mentaati rambu-rambu karena dijaga polisi. Harusnya, jika kesadaran masyarakat meningkat, pekerjaan polisi menjadi semakin ringan dan jumlah polisi bisa dikurangi. Tapi meningkatnya pekerjaan polisi dan tuntutan menambah personil polisi menandakan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat. Masyarakat kita ini bandel-bandel!

Keinginan disembah secara kesadaran, bukan secara peraturan atau hukum membuat YAHWEH membuka atau membebaskan pikiran manusia itu membentang dari yang baik hingga yang jahat. Manusia atau malaikat dibentangkan pada pilihan untuk mentaati YAHWEH atau tidak. Sama seperti orangtua yang tidak merantai anak-anaknya seperti merantai anjing yang galak, tapi membebaskan anak-anaknya berteman dengan teman di kampung, teman di sekolah, dan lain-lainnya. Entah jadi apa anak itu orangtua hanya bisa sebatas mengusahakan yang baik-baik saja. Maka jadilah ada anak yang nakal dan anak yang baik, sebab orangtua tidak memperlakukannya seperti anjing.

Jangan lupa bahwa kejahatan itu dilahirkan dari kebaikan. Kalau sekarang ini saya maling, tadinya bukan maling. Kalau sekarang ini saya pemabuk, tadinya bukan pemabuk. Kalau sekarang ini saya pelacur, tadinya saya bukan pelacur. Sebelum saya kenal dengan Anton, saya ini orang baik-baik. Tapi Anton menjerumuskan saya ke narkoba. Jadi, sebelum kejahatan adalah kebaikan. Dan timbulnya kejahatan bukan dari luar melainkan dari dalam pikiran kita sendiri. Kitalah yang memutuskan segala sesuatu. Yang memutuskan untuk menjadi pemabuk, menjadi maling, menjadi pengikut Anton, menjadi pecandu narkoba. Bukan Anton yang menyebabkan kita narkoba, tapi keputusan kita sendiri. Sebab kita memiliki kebebasan untuk menolak ajakan Anton.

Yehezkiel
28:12"Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.
28:13Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.
28:14Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.
28:15   Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.

Iblis itu pada mulanya adalah sempurna sampai timbul pikiran jahatnya untuk menjadi seperti YAHWEH;

Yehezkiel 28:2"Hai anak manusia, katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta Allah di tengah-tengah lautan. Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah.

Maka dari sejak saat itulah iblis menjadi allah kejahatan atau pencipta gagasan-gagasan jahat yang ditaburkan ke seluruh dunia, sehingga dunia ini menjadi jahat.

Matius 13:26Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.

Dunia memang dipenuhi dengan orang-orang jahat. Tapi pasti masih ada orang-orang yang baik atau sesuatu yang baik sehingga YAHWEH mempertahankan dunia hingga sekarang ini. Sebab kalau dunia sudah tak mempunyai sesuatu yang baik, buat apa YAHWEH mempertahankannya hingga sekarang? Hal itu sudah pernah diperbuat YAHWEH terhadap Sodom dan Gomora. Karena di kota itu orang yang baik tak sampai 10 orang seperti usulan Abraham, maka ke-2 kota itu dimusnahkan;

Kej. 18:32Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."

Jumlah 10 orang baik sekalipun bukan termasuk perjanjian resmi antara YAHWEH dengan Abraham, setidaknya itu merupakan komitmen YAHWEH terhadap dunia ini. Dunia harus mempunyai sedikitnya 10 orang kudus pada setiap harinya, yang bersyafaat menopang dunia ini sampai seluruh nubuatan YAHWEH digenapi. Jika tidak ada 10 orang, maka kedatangan YESHUA ha MASHIA pasti akan dipercepat.

1Timotius
2:1Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,
2:2untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.
2:3Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita,
2:4yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.


Rasul Paulus menghimbau semua orang Kristen berdoa untuk dunia ini.

Matius
13:28Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?
13:29Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.

Ya, mengapa orang jahat dibiarkan? Sebab dikuatirkan akan mencabut orang yang baik pula. Sebab siapa tahu Amrozi atau Imam Samudera, para teroris itu suatu hari kelak akan bertobat? Mengapa pemerintah buru-buru menembak mati mereka?! Apapun kasus kejahatan orang jangan sampai kita membunuhnya, sebab YAHWEH menjamin bahwa dosa sebesar apapun bisa diampuniNYA;

Yes. 1:18Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

YAHWEH tak peduli. Siapapun yang membunuh adalah pembunuh. Para hakim yang membuat keputusan hukuman mati hingga para penembak matinya, semuanya adalah pembunuh! Jangan dibilang lembaga pemerintahan yang melakukannya sehingga halal. Sebab semua peraturan negara adalah buatan manusia. Manusia yang menjalankannya. Jangankan hakim, presidenpun ada namanya atau orangnya, sehingga jika YAHWEH tidak bisa memburu presiden[karena lembaga], maka YAHWEH akan memburu Jokowi-nya. Jika YAHWEH tidak bisa menghukum negara Indonesia, YAHWEH akan menghukum orang Indonesianya.

Tak ada orang yang bisa menyembunyikan dirinya dibalik jabatan atau kedudukannya, sehingga berkata: "Saya selaku presiden ........." Sebab justru oleh jabatan atau kekuasaan yang dimilikinya itu harusnya dia melakukan kebenaran.

Matius 13:30Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Waktu menuai adalah kedatangan YESHUA ha MASHIA yang keduakalinya. Di waktu itulah YESHUA datang dengan membawa upah bagi masing-masing orangnya.

Why. 22:12"Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

Tidak ada komentar: