Sabtu, 11 Juni 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 4

Matius
13:31Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya.
13:32Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya."


Dari biji yang paling kecil bisa menjadi pohon yang besar, dari sesuatu yang sangat sederhana bisa dijadikan sesuatu yang dahsyat, itulah perbuatan YAHWEH. Jika konsep manusia yang besar memakan yang kecil, konsep YAHWEH sebaliknya, yaitu yang kecil memakan yang besar.

Kalau di jalanan, betapa gampangnya orang naik pitam dan memukul orang yang bermasalah dengannya. Tapi coba seandainya lawannya itu seorang yang berbadan kekar, apakah masih berani dia menantang berkelahi? Orang waras berpikirnya: kalah kekar, kalah. Tapi Alkitab mencatat prestasi besar Daud yang berhasil mengalahkan Goliat, seorang pendekar Filistin yang tingginya hampir 3 meter. 

Di zaman orde baru kita sering mendengar keluhan masyarakat yang diperas oleh oknum pejabat. Tapi apakah kita pernah mendengar keluhan presiden Soeharto yang diperas seseorang? Siapa yang berani melawan presiden? Tapi Alkitab mempunyai cerita tentang seorang gembala kambing domba yang mengalahkan Firaun, seorang raja Mesir yang paling berkuasa atas seluruh dunia. 

Di zaman modern sekarang ini banyak orang yang takut dengan penyakit kanker yang mematikan. Tapi di zaman kuno justru para nabi sanggup membangkitkan orang mati. Jadi, sesungguhnya siapa yang kuno?

Kata orang, tak ada uang tak bisa hidup. Memang benar itu, sebab semuanya harus dibeli dan semuanya berharga mahal. Uang sedikit jangan berharap bisa makan ayam goreng. Tapi bangsa Israel di padang gurun selama 40 tahun bisa makan roti sorga dan daging burung puyuh.

Barang bagus mahal itu lumrah, kata orang. Tapi di desa Kana YESHUA membuat anggur yang terbagus hanya dari bahan air sumur. 

Sebagai laki-laki Batak, dengan uang 25 juta jangan berharap bisa kawin dengan gadis Batak yang sinamot/tebusannya 100 jutaan. Saking stressnya sampai dia menulis status di Facebooknya: "Hari-hari kesusahanku semakin dekat" yang lazimnya adalah: "Hari-hari bahagiaku semakin dekat" untuk hari perkawinannya. Tapi setelah saya doakan, seminggu sebelum hari-H-nya, masalah terpecahkan, bahkan hasil sumbangannya bisa mencapai 185 juta. Kini sebuah rumah mewah dan mobil ada padanya. 

Adik kandung saya sendiri ketika hendak saya tinggalkan memberitakan Injil, dililit utang banyak serta kontrakan rumahnya habis. Saya ajak berdoa. Lima tahun kemudian ketika saya mengunjunginya ternyata bisa mempunyai home industri, rumah besar, mobil dan beberapa motor.

Istri dan anak-anak saya sendiri ketika saya tinggalkan memberitakan Injil, rumah kontrak dan hidup pas-pasan. Tapi kini konon penghasilan istri saya bisa mencapai 30 jutaan sedangkan anak saya 10 jutaan sebulan. 

Jadi, apa lagi yang mesti saya ceritakan tentang YAHWEH, yang di Alkitab begitu banyak diceritakan tentang perbuatan-perbuatan ajaibNYA? Debu dijadikan Adam, tulang Adam dijadikan Hawa, air sperma Adam menjadi Kain dan Habel, bahkan yang mandul dan sudah mati haid bisa melahirkan anak? Tongkat dijadikan ular, 2 potong roti bisa untuk makan ribuan orang, air dijadikan minyak, tulang nabi Elisa bisa membangkitkan orang mati, bayangan rasul Petrus bisa menyembuhkan penyakit, dan lain-lainnya. 

ELOHIM yang kita sembah sekarang ini adalah ELOHIM yang diceritakan di Alkitab, ELOHIM yang sama yang tidak berubah dari dulu hingga selama-lamanya. Jika kita berkesempatan mengenal DIA dan kita dikenalNYA, ini adalah rahasia kehidupan yang terbesar dari segala yang kita anggap besar. Itulah sebabnya jemaat yang mula-mula tak ragu-ragu melepaskan semua harta kekayaannya dan meletakkan di bawah kaki rasul-rasul. Itulah sebabnya ke-12 rasul mau melepaskan pekerjaannya sebagai nelayan dan mau meninggalkan rumah, istri serta anak-anaknya untuk mengikut YESHUA. Itulah sebabnya Zakheus, pemungut cukai yang kaya raya rela melepaskan seluruh hartanya untuk fakir miskin. Itulah sebabnya para rasul rela menderita dan mati syahid. Itulah sebabnya jemaat mula-mula rela menderita aniaya. Dan itulah sebabnya YAHWEH menuntut orang yang percaya padanya untuk melepaskan segala keduniawian.

Jika YAHWEH adalah yang terbesar dan terpenting bagimu, maka peganglah hanya DIA. Jangan ya DIA ya harta benda. DIA tak mau disejajarkan dengan apapun yang ada di dunia ini, sebab dunia dengan segala isinya adalah buah ciptaanNYA. Dunia dengan segala isinya, termasuk hidup kita mulai dari bayi hingga mati nanti, bukanlah apa-apa. Tak ada yang berarti dari dunia ini, tak ada yang berarti dari diri kita ini, jika kita benar-benar telah mengenalNYA. Dan jika DIA ada di pihak kita, maka siapakah lawan kita?

Rm. 8:31Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Penyakit? Bukan apa-apa! Segunung problema? Bukan apa-apa! Kebutuhan uang? Bukan apa-apa! Kematian? Bukan apa-apa! Apa lagi yang hendak kita adukan dengan YAHWEH? Pegang YAHWEH, segala hal pasti teratasi!


Mat. 17:20Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.
 
Lukas 17:6Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Sulitkah menggerakkan YAHWEH untuk memenuhi keinginanmu? Bisa jadi memang tidak mudah membuat YAHWEH mengabulkan doa kamu. Tapi apakah sudah kamu periksa di mana letak kesalahannya? Kesalahan ada pada kamu atau ada pada YAHWEH? Kenapa motormu tidak mau menyala? Kesalahan bensin habis atau mesinnya rusak?!

Yak. 5:16Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Jadilah orang benar supaya doamu ada kuasanya. Bagaimana menjadi orang benar? Yakni jika kamu mengakui segala dosa-dosamu.

Yesaya
59:1Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;
59:2tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.



1Yoh. 5:14Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Sebagai tanda adanya hubungan anda dengan YAHWEH adalah dikabulkannya doa-doa anda. Doa yang tidak dikabulkan menyatakan adanya gangguan koneksi. Tapi perlu diperiksa kepada siapa anda berdoa dan siapa yang mengabulkan doa anda?!


>> Apakah anda berdoa pada dewi Kwan Iem?

>> Apakah anda berdoa pada Sang Buddha Gotama?

>> Apakah anda berdoa pada ALLAH-nya Jibril?

>> Apakah anda berdoa pada ALLAH Trinitas?

>> Apakah anda berdoa pada YESUS KRISTUS, si gondrong itu?

Kalau saya berdoanya pada YAHWEH, atas nama ANAKNYA, YESHUA ha MASHIA.

1Korintus 8:5Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi--dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian--
8:6namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Ef. 4:5satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,



 


Sumber: Wikipedia.
Tumbuhan "sesawi" ini secara umum dianggap adalah Brassica nigra (bahasa Inggris: black mustard, suatu pohon tahunan yang dapat tumbuh setinggi 3 meter (9 kaki),[1] tetapi tumbuh dari biji yang sangat kecil.
Sesawi hitam, black mustard, atau Brassica nigra (L.) WDJ. Koch merupakan tanaman semusim yang ditanam untuk dimanfaatkan bijinya sebagai rempah-rempah. Biji sesawi hitam diolah menjadi mustar. Mustar hitam yang dihasilkannya merupakan mustar dengan "daya sengat" yang paling kuat — namun nyaris tanpa aroma — dibandingkan dengan sumber mustar lainnya. Sebagaimana sesawi lain, efek "sengatan" ini berasal dari kandungan beberapa bahan golongan glukosinolat seperti sinalbin, sinigrin, dan sinapin.
Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari daerah Laut Tengah timur laut dan sekarang tersebar hingga India. Di India bijinya digunakan sebagai salah satu komponen bumbu kari dan sumber minyak masak, walaupun semakin terdesak oleh sesawi India. Kandungan minyaknya mencapai 30% dan sebagian besar mengandung asam lemak tak jenuh. Di Eropa Timur dan Kanada biji yang telah dilepas cangkangnya digunakan sebagai penekan batuk dan mengatasi infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) sebelum digunakannya obat-obatan modern. Caranya adalah dengan membuat semacam balur yang diletakkan di dada atau punggung hingga si sakit merasakan "sengatan".
Semenjak tahun 1950-an sesawi hitam mulai kehilangan popularitas dan digantikan oleh sesawi coklat (sesawi India) karena tersedia kultivar sesawi coklat yang lebih mudah dipanen secara mekanis.
Tumbuhan ini dapat tumbuh setinggi 50 hingga 250cm dengan mahkota bunga berwarna kuning. Daunnya ditutupi dengan rambut-rambut kecil. Di alam, sesawi hitam bersifat oportunis dan dapat tumbuh di sembarang tempat sehingga sering menjadi gulma. Bijinya kecil, dengan diameter kurang dari 1mm.

Moster atau mustar (Belanda mosterd; Inggris mustard) adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi (beberapa jenis Brassica dan Sinapis) yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain. Rempah ini memiliki rasa agak pedas dan agak menyengat di lidah dan langit-langit mulut yang agak mirip dengan wasabi. Moster telah lama menjadi penyedap dalam khazanah boga Eropa.
Jenis moster tergantung dari bahan bakunya. Sumber moster adalah biji tanaman sesawi putih (Sinapis alba), sesawi hitam (Brassica nigra), atau sesawi coklat/India (Brassica juncea). Moster putih memberikan rasa yang paling "lembut", sedangkan moster hitam memberikan rasa pedas dan menyengat yang kuat. Jenis-jenis moster ini masih berkerabat dekat dengan sawi (B. rapa), rapa (B. napus) dan kubis (B. oleracea). Biji-biji tumbuhan kerabat ini sebetulnya juga dapat diolah menjadi moster tetapi aromanya kurang tajam sehingga jarang dipakai.
Moster dari Dijon dan Meaux sangat terkenal di seluruh dunia, begitu pula moster Inggris asal Norwich dan Tewkesbury. Moster biasanya dijual dalam kemasan botol gelas, botol plastik, atau dalam tube. Merek moster yang terkenal di Amerika Serikat, misalnya: Plochman's, French's dan Gulden's. Merek moster Amora dan Maille populer di Perancis, sedangkan merek Colman's lebih populer di Inggris. Di Jerman moster juga populer sebagai teman sosis bakar. Merek yang dominan adalah Tom's.





Tidak ada komentar: