Senin, 13 Juni 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 6

Matius 13:44"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

YESHUA ha MASHIA mengumpamakan YAHWEH itu sebagai harta karun yang tersembunyi di ladang, yang jika orang menemukannya akan bersukacita, sehingga dia melepaskan segala keduniawiannya dan berpegang pada YAHWEH, sebagaimana tuntutan YAHWEH supaya kita memilih antara YAHWEH atau Mamon;

Mat. 6:24Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Di Facebook ini banyak sekali orang yang menuntut photo profile saya. Saya tahu maksudnya, yaitu supaya bisa saling mengenal sehingga jika ketemu di jalan bisa dikenali. Tapi sayang, saya ini fakir miskin dan rakyat terlantar sehingga saya ini tak mempunyai handphone. Ya, kalau mau niat beli sebenarnya saya juga mampu. Tapi saya tak mau direpotkan dengan hal-hal yang saya tak benar-benar memerlukannya. YESHUA ha MASHIA mengajari saya hidup sederhana, asal ada makanan dan pakaian, cukuplah itu. Jikapun saya berinternet melalui warnet, sebab ada yang menyangka saya ini punya laptop, ini bukanlah untuk keperluan saya, melainkan dalam rangka untuk memberitakan Injil saja.

Tapi untuk ilustrasi bagi cerita ini anggaplah saya mempunyai photo profile, dan photo itu menggambarkan tentang seorang laki-laki berkepala botak yang wajahnya pas-pasan. Nah, anda sudah tahu wajah saya sehingga jika ketemu di jalan anda pasti bisa mengenali saya. Nama: Rudyanto, umur 54 tahun, asal Surabaya, masih belum beragama.

Suatu kali anda ketemu seseorang yang berambut panjang, gondrong, mengaku bernama YESUS KRISTUS, umur 35 tahun, asal Vatikan dan beragama Katolik. Apakah itu saya? Jelas, bukan, sebab ciri-cirinya berbeda.

Demikian halnya dengan Kekristenan. Alkitab mempunyai data-data spesifikasi tentang orang-orang yang disebut orang Kristen. Dan salah satu ciri orang Kristen yang berkenaan dengan perumpamaan YESHUA di atas adalah ketika mereka mengenal YAHWEH dan YESHUA ha MASHIA, mereka langsung memberi diri dibaptis, lalu menjual seluruh harta bendanya dan diserahkan kepada para rasul untuk dipakai hidup bersama;

Kisah
2:41Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
2:42Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
2:43Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.
2:44Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
2:45dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
2:46Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Itu kesaksian pertama dan ini kesaksian yang keduanya;

Kisah
4:32Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.
4:33Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.
4:34Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa
4:35dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

Berdasarkan kesaksian 2 pasal, maka kesaksian itu sah atau kuat;

Yoh. 8:17Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;

Dari antara orang percaya itu ada pasangan suami-istri yang bernama Ananias dan Safira. Ketika hendak menjual hartanya ada niat untuk menyerahkan seluruhnya ke tangan para rasul. Namun ketika uang sudah di tangan timbullah perubahan pikiran untuk menyembunyikan sebagiannya dan menyerahkan sebagiannya ke rasul-rasul. Dengan demikian mereka telah mendustai YAHWEH, karena YAHWEH-lah yang memonitor pikiran mereka dari mulanya. Nah, apa yang terjadi? YAHWEH marah dan mencabut nyawa mereka dalam waktu yang bersamaan.

Saya tidak membahas tentang dosa mereka yang telah mendustai YAHWEH, tapi hendak membahas tentang suatu tradisi baru semenjak YAHWEH mencurahkan ROH KUDUS di hari Pentakosta. Bahwa orang-orang yang dibaptis ROH KUDUS itu hatinya digerakkan untuk menjual seluruh hartanya, tidak lagi berselera untuk melakukan pekerjaan duniawinya, tidak lagi membuka toko, tidak lagi bekerja di kantor, melainkan lebih suka hidup dalam kumpulannya untuk memecah roti, berdoa dan memberitakan Injil.

Jadi, bagaimana perputaran keuangannya? Dari orang-orang yang dibaptiskan yang menjual hartanya. Dari memecah roti mereka mengikat persaudaraan, dari doa mereka memberi kuasa pada pemberitaan Injil, dari pemberitaan Injil dihasilkan jiwa-jiwa baru yang menyumbangkan seluruh hartanya. Dan Alkitab mencatat tak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka, pemberitaan Injilnya menghasilkan jiwa-jiwa yang banyak, dan mereka disukai semua orang, kecuali oleh tokoh-tokoh agama yang dari semula membenci YESHUA.

Apa yang jemaat mula-mula itu lakukan menggenapi Firman YESHUA, bahwa seorang yang dipanggil menjadi Kristen itu harus melepaskan segala keduniawiannya;

Mat. 19:29Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Yoh. 6:27Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."

Kol. 3:2Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Mengenal YAHWEH dan YESHUA ha MASHIA mereka anggap sebagai perkara yang sangat besar, sehingga segala apa yang ada di dunia yang mereka miliki tak berarti apa-apa. Sebab fakta membuktikan kehidupan di dunia ini selalu dihantui oleh kekurangan, sedangkan Alkitab menyatakan kehidupan bersama YAHWEH tak ada yang kekurangan. Di dunia, penghasilan sejuta rupiah tak cukup untuk sebulan. Itu bagi si miskin. Bagi si kaya, penghasilan 100 jutapun dianggapnya terlalu sedikit, masih kurang. Dan bagi yang milyuner, penghasilan 10 milyarpun bukanlah apa-apa. Dia masih harus memburu yang lebih banyak lagi. Atau, jikapun bukan lagi uang yang diburunya karena sudah berlebih-lebihan, kedudukan dan kekuasaanlah yang mereka buru. Contoh saja: konglomerat Abu Rizal Bakri yang tergila-gila dengan kedudukan ketua umum Golkar, Yusuf Kalla, Dahlan Iskan, Prabowo Subianto, dan lain-lainnya. Tak pernah puas!

Bagaimana dengan anda yang mengaku Kristen, apakah anda memiliki ciri-ciri seperti yang Alkitab katakan? Atau anda mempunyai suatu alasan seperti orang-orang di bawah ini?

Lukas 9:59Lalu Ia berkata kepada seorang lain: "Ikutlah Aku!" Tetapi orang itu berkata: "Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku."

Orang itu mau mengikut YESHUA tapi masih memiliki tanggungan bapaknya. Karena itu dia meminta ijin menunda mengikut YESHUA sampai bapaknya telah meninggal. Tapi apa jawab YESHUA?

Lukas 9:60Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana."

Biarlah orang-orang duniawi diurus oleh orang-orang duniawi, sebab YESHUA memanggil dan memilih orang itu bukan memilih bapaknya. YESHUA bukannya mengajari orang itu tidak hormat pada bapaknya, tapi mengajari tentang mana yang lebih besar antara YESHUA atau bapaknya?

Lukas 9:61Dan seorang lain lagi berkata: "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku."

Arti pamit di sini bukanlah berpamitan tapi pada masalah rundingan. Orang itu akan rundingan, akan tukar pikiran dengan keluarganya dulu. Boleh atau tidak dia ikut YESHUA? Apa jawab YESHUA?

Lukas 9:62Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."

Kalau niat ikut TUHAN jangan pakai banyak pertimbangan, jangan pakai pertimbangan orang lain tapi pertimbangan pikiranmu sendiri itu seperti apa? Itulah yang TUHAN YESHUA kehendaki dari setiap orang yang hendak mengikutNYA.

Yang lainnya lagi adalah seorang muda kayaraya yang mendatangi YESHUA meminta petunjuk bagaimana supaya dia diselamatkan. YESHUA memberi petunjuk supaya dia menuruti 10 perintah YAHWEH, termasuk kewajiban memelihara hari Sabat sebagai hukum yang ke-4. Apakah anda sudah menuruti hukum YAHWEH yang ke-4? Orang muda itu menjawab bahwa ke-10 hukum YAHWEH sudah dia taati. Lalu dia bertanya apakah masih ada yang kurang? YESHUA menyuruh orang muda itu menjual seluruh hartanya untuk dibagi-bagikan ke fakir miskin, baru setelah itu diterima sebagai murid YESHUA. Perlakuan itu sama dengan YESHUA memperlakukan ke-12 muridNYA, bahwa mereka harus melepaskan segala sesuatu sebagai syarat mengikutNYA;

Mat. 19:27Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?"

Setelah meninggalkan segala sesuatu baru keselamatan itu diberikan;

Mat. 19:29Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Nah, apakah anda Kristen?


Tidak ada komentar: