Selasa, 26 Juli 2016

CATATAN SEJARAH BAPA-BAPA GEREJA

Kalau saya berkata: "Saya adalah penginjil", lalu anda cari di Alkitab, kedudukan penginjil ada. Rupanya istilah "penginjil" bisa bertahan selama 2.000 tahun, dari zaman Perjanjian Baru hingga zaman modern sekarang ini. Tapi kalau saya berkata: "Saya adalah pendeta", lalu anda cari di Alkitab, maka anda takkan menemukannya. Sebab "pendeta" adalah guru agama Hindu atau Buddha yang menjalani hidup pertapaan. Sedangkan guru JALAN TUHAN adalah "gembala", sebutan yang diberikan oleh ELOHIM YESHUA ha MASHIA.

Pendeta kalau di Katolik biasa disebut: pastur. Para pastur yang masih belum dipekerjakan ke sebuah gereja Katolik, tinggalnya di biara-biara Katolik dengan kegiatan sehari-harinya adalah bermeditasi atau semacam bertapa, seperti di Hindu atau Buddha. Berikut ini cuplikannya;

"Pater John Main OSB, adalah salah satu pembimbing rohani yang paling berpengaruh di zaman ini. Ia adalah seorang rahib Benediktin asal Irlandia. Dia lahir di Inggris pada tahun 1926 dan meninggal di Kanada dalam usia 56 tahun. Segera setelah Pastor John Main meninggal, Pastor Bede Griffiths menulis bahwa Pastor John Main adalah seorang pembimbing rohani yang sangat penting dalam Gerja dewasa ini.
Sebagai seorang diplomat Katolik yang ditempatkan di AsiaTenggara (Malaysia), John Main mengenal meditasi melalui seorang Pandita Hindu bernama Swami Satyananda"

Jadi, kalau "pendeta-pendeta" Kristen itu saya sebut berbau Hindu-Buddha adalah sebuah fakta, bukan mengada-ada. Berikut ini persamaan Yesus Kristus dengan dewa Khrisna Hindu;

>> Sama-sama Trinitasnya;

>> Sama-sama berambut panjangnya.

>> Sama-sama berulangtahun tanggal 25 Desembernya.

Para dewa yang lahirnya tanggal 25 Desember:

>> Horus, Mesir; 25 Desember 3000 SM.
Horus, Mesir

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/irzasyaddad/tokoh-mitologi-25-desember-yang-lahir-dari-perawan_55176d8d813311ac689de1e4

>> Attis, Yunani:  25 Desember 1200 SM.



>> Krishna, India:  25 Desember 900 SM.


>> Dionysus, Yunani:  25 Desember


>> Mithra, Persia:  25 Desember 1200 SM


Jadi, konco-konconya Yesus Kristus lumayan banyak, ya?! Hmm!


Apa beda antara pendeta dengan gembala? Jika gembala lahir dari jemaat, pendeta lahir dari sekolahan teologia. Jika di dunia ada 666 sinode gereja Kristen, maka sebanyak itu juga macamnya sekolahan teologia, sehingga sebanyak itu pula macamnya pendeta atau pengajaran Kristen. Satu ajaran dipereteli menjadi 666 ajaran, kayak piring pecah jadinya.

Lalu, bagaimana asal-usulnya kependetaan? Berikut ini cuplikannya;

"Ignasius mengangkat beberapa penatua melebihi penatua lainnya. Sekarang para penatua yang diangkat itu disebut uskup (penilik)”. Semua tanggung jawab para penatua ini diputuskan di tangan seorang uskup.[24] Pada 107 M, dalam perjalanannya sebelum ia menjadi martir di Roma Ignasius menulis rangkaian surat-suratnya. Enam dari tujuh suratnya menyampaikan hal yang sama. Surat-surat itu penuh dengan pengagungan yang berlebihan atas wewenang dan pentingnya “keuskupan” [25]

Menurut Ignasius, seorang penilik memiliki kuasa paling tinggi dan harus dipatuhi secara mutlak. Perhatikan kutipan-kutipan berikut dari surat-suratnya: “Kalian semua ikutilah uskup sebagaimana Yesus mengikuti Bapa . . . Jangan seorangpun melakukan urusan gereja tanpa seorang uskup. . . Dimanapun uskup ada, biarlah umatnya juga ada disana . . . Jangan sekalipun bertindak sendiri tanpa uskup dan gembala. Kalian harus memandang uskup sebagai Bapa . . . Apapun yang dia setujui, berkenan dihadapan Tuhan . . . “ [26]



>> Sekarang tentang "Natal 25 Desember." Kapan perayaan Natal ini masuk ke dalam agenda gereja? Dimulai dari tahun 336 Tarikh Masehi, kemudian dibesarkan di daratan Eropa tahun 1100. Tahun 1800-an Amerika melahirkan tokoh Natal: Santa Claus[Sinterklas]. Dan luar biasanya ketenaran Sinterklas ini telah mengalahkan ketenaran para rasul. Sebab orang umum lebih mengenal Sinterklas daripada para rasul ELOHIM YESHUA.

>> Tahun 1307 gereja mulai memperkenalkan telor paskah. Berikut cuplikannya:

"Terdapat catatan bahwa Raja Edward I dari Inggris (1307) memerintahkan agar 450 butir telur direbus menjelang Paskah, diberi warna atau dibungkus dengan daun keemasan, yang kemudian akan dibagi-bagikannya kepada seluruh anggota keluarga kerajaan pada Hari Raya Paskah."

Bandingkan dengan apa yang dilakukan oleh ELOHIM YESHUA di malam Paskah;

Matius
26:1Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:
26:2"Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

26:17Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"
26:18Jawab Yesus: "Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: Pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku."
26:19Lalu murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah.

Lukas
22:19Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
22:20Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Rupanya gereja telah menggantikan roti dan anggur menjadi telor paskah, ya?!

>> Doktrin Trinitas, berikut cuplikannya: "Sekitar satu abad kemudian, pada tahun 325, Konsili Nicea menetapkan doktrin Trinitas sebagai ortodoksi dan mengadopsi Pengakuan Iman Nicea, yang menggambarkan Kristus sebagai "Allah dari allah, Terang dari terang, maha Allah dari maha Allah, diperanakkan, bukan dibuat, satu substansi (homoousios) dengan Bapa".

>> Baptis percik, berikut cuplikannya: Kitab Didache (diperkirakan ditulis sekitar tahun 100-120) yg ditemukan pada tahun 1873 oleh Philotheos Bryennios, Direktur Sekolah Tinggi Teologi Yunani di Konstantinopel dan dipublikasikan pada 1883, memuat cara baptis secara percik sebagai pengganti cara baptis selam, jika jumlah air yang dibutuhkan tidak memadai.

Mengenai Pembabtisan. Dan mengenai pembabtisan, babtislah dengan cara ini: Pertama tama, babtislah dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus, dengan air kehidupan. Tapi jika tidak ada padamu air kehidupan, baptislah kedalam air yang lain, dan kalau kamu tidak dapat melakukannya dalam air dingin, lakukanlah dengan yang hangat. Tapi kalau kamu tidak juga punya semua itu, curahkanlah air tiga kali diatas kepala dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Namun sebelum pembabtisan hendaknya pembabtis berpuasa, dan yang dibabtis, dan siapapun yang dapat melakukannya, tapi kamu harus meminta orang yang akan dibabtis untuk berpuasa sehari atau dua hari sebelumnya.

>> Bahasa roh, berikut riwayatnya:

  • 150M - Justin Martyr menyinggung mengenai bahasa lidah dalam sebuah dialog dengan Trypho, "Jika Anda mau membuktikan mengenai Roh Allah yang bersama dengan jemaat Anda dan membiarkan Anda untuk datang kepada kami, datanglah ke dalam jemaat-jemaat kami, dan Anda akan menemukan Dia mengusir setan-setan, menyembuhkan yang sakit, dan mendengar Dia berbicara dalam bahasa lidah dan bernubuat."
  • Sebelum 200M - Irenaeus dalam risalatnya "Against Heresies" ("Melawan Bidah/Ajaran Sesat") menuliskan mengenai mereka "yang melalui Roh berbicara dalam segala macam bahasa."[7]
  • Sekitar 200M - Tertulianus menyinggung tentang "interpretasi bahasa roh" sebagai "tanda".[8]
  • Sekitar 350M - Ambrosius dalam karyanya "Of the Holy Spirit" ("Dari Roh Kudus"), menyebutkan "karunia bahasa roh" sedang dicurahkan pada masanya oleh "Sang Bapa".[9]
  • Sekitar 390M - Agustinus dari Hippo dalam sebuah pengajaran mengenai Mazmur 32, mendiskusikan fenomena biasa di zamannya mengenai mereka yang "bernyanyi dalam sorak-sorai", menyanyikan pujian bagi Allah bukan dalam bahasa mereka sendiri, tetapi dalam gaya yang "tidak dapat dibatasi oleh keterbatasan bahasa".[10].
  • Tahun 1100an - Hildegard dari Bingen berbicara dan bernyanyi dalam bahasa roh. Lagu rohani yang dinyanyikannya sering disebut-sebut pada masanya sebagai "konser dalam Roh".
  • Tahun 1300an - Kelompok Moravian disebut-sebut berbahasa roh oleh para pengkritiknya.[11].
  • Tahun 1500an - Nabi-nabi Perancis: Para Camisard juga kadang-kadang berbicara dalam bahasa-bahasa yang tidak dikenal: "Sekelompok orang dari jenis kelamin berbeda," James Du Bois dari Montpellier teringat, "Saya mendengar dalam kegembiraan mereka mengucapkan kata-kata tertentu, yang tampaknya adalah Bahasa Asing." Kalimat-kalimat ini kadang-kadang diikuti dengan interpretasi atas karunia tersebut, dan menurut pengalaman Du Bois, dilakukan oleh orang yang telah memiliki bahasa roh.[12]
  • Tahun 1600an - Perkumpulan Quaker, seperti Edward Burrough, menyatakan bahwa bahasa roh dipergunakan dalam kebaktian-kebaktian mereka: "Kami berbicara dalam lidah asing, sebagaimana diberikan Tuhan untuk kami katakan, dan Roh-Nya memimpin kami"[13].
  • Tahun 1800an - Edward Irving dan Gereja Apostolik Katolik. Edward Irving, seorang gembala dari Gereja Skotlandia, menulis mengenai seorang wanita yang "berkata-kata sangat panjang, dan bukan dengan kekuatan manusia biasa, dalam bahasa yang tidak dikenal, mengherankan semua yang mendengarnya, dan bagi dia sendiri ada kemajuan dan kebahagiaan dalam Tuhan"[14]. Irfing melanjutkan bahwa "bahasa roh adalah sebuah instrumen hebat untuk pembaaruan diri, sekalipun hal itu mungkin tampak misterius bagi kita."
  • Pentakostalisme awal - Para kaum Pentakosta awal percaya bahwa bahasa lidah yang mereka nyatakan merupakan xenoglossia[15]

Apa yang terjadi di jemaat Galatia[56 Tarikh Masehi], di zaman rasul Paulus? Rupanya di zaman itu sudah mulai ada penyelewengan Injil;

Galatia
1:6Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Apa feeling rasul Paulus sepeninggalnya?

Kis. 20:29Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.

Bagaimana saya merumuskan tentang Kekristenan ini? Kristen adalah Katolik dikurangi 95 dalilnya Martin Luther. Sebab Martin Luther hanya mengkritisi 95 dalil Roma Katolik saja, sedangkan dalam banyak hal lainnya masih tetap dipertahankan, seperti: Ibadah Minggu, Natal, Paskah dengan telor ayam, dan lain-lainnya.

Katolik - 95 dalil Martin Luther = KRISTEN. Tepat seperti disebutkan Alkitab bahwa Kristen adalah anak-anaknya Roma Katolik;

Why. 17:5Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."

Katolik dan Kristen adalah kekejian dunia terhadap ELOHIM YAHWEH. Katolik dan Kristen adalah najis!


Tidak ada komentar: